Cerpen Pelajar, Saat Pertama Masuk SMP

Ini contoh cerpen pelajar, saat pertama masuk SMP. Hari ini kita akan menikmati sebuah kisah di masa sekolah khususnya yaitu saat smp. Pada cerita pendek berikut kita akan membaca kisah pengalaman saat masuk smp, seperti yang pernah kita alami dulu mungkin? 


Mudah-mudahan koleksi cerpen singkat terbaru ini bisa menambah lengkap kumpulan cerpen yang sudah ada di situs ini. Lumayan kan, bukan saja bisa untuk hiburan melainkan bisa juga untuk belajar kita semua. 

Sebenarnya kisah yang akan kita baca ini terinspirasi dari permintaan seorang rekan, kemari ada yang kesulitan mencari cerita dengan tema aku dan sekolahku saat pertama masuk smp, maka dari itu kita hadirkan langsung kisahnya sekarang ini. 

Karena merupakan cerpen pelajar maka alur ceritanya sederhana, bahasanya pun menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah kita pahami. Tapi sebelum kita membaca cerpen tersebut sebaiknya kita lihat juga beberapa kisah berikut:

1) Contoh cerpen tentang sekolah baru
2) Cerpen pendidikan dan cinta remaja
3) Cerpen remaja no pacaran
4) Cerpen cinta romantis horor saat mos
5) Kumpulan cerpen cinta sma "penerimaan siswa baru"

Kembali ke kisah yang akan kita baca, cerpen terbaru tersebut merupakan cerita pendek yang cukup singkat. Jadi bisa selesai sekali baca, tidak apa-apa bukan? Yang terpenting ceritanya bagus dan sangat menghibur. Tidak percaya, mari kita baca langsung cerpen berjudul "saat pertama masuk SMP" di bawah ini.

Saat Pertama Masuk SMP
Oleh Irmajajil 

Tahun ini aku sudah lulus sekolah SD, dan itu berarti aku sebentar lagi akan menjadi siswa SMP, keren bukan? Meski hasil belajar di ujian kemarin tidak begitu bagus tapi aku masih masuk peringkat sepuluh besar. Kata ayah dan ibu aku harus masuk ke smp favorit, tidak boleh sampai gagal....

"Besok kamu daftar smp, sendiri berani kan?" tanya bunda
"Aku daftar di mana bunda...?" tanyaku ragu
"Ya di smp sini, kan sudah favorit, yang dari jauh saja daftar disini..." jawab bunda
"Ya beranilah kalau di sana, kan banyak kakak-kakak kelas yang dulu..." jawabku dengan percaya diri
"Bagus, jadi anak laki emang harus berani..., ya sudah kamu siap-siap"

Karena sudah mendapatkan mandat maka aku menyiapkan semua yang dibutuhkan. Karena tidak tahu apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar sekolah maka aku mencari tahu dengan temanku yang mau daftar di sana juga...

Proses pendaftaran sudah selesai, seperti yang diharapkan akhirnya aku dapat diterima di sekolah itu. Sudah ada pengumuman, sebentar lagi sudah mulai masuk belajar. Aku mempersiapkan semua yang akan digunakan. 

Ya, mulai dari baju seragam, buku dan lain sebagainya. Saat itu terjadi sesuatu yang sangat membuat aku malu. Mungkin karena aku terlalu semangat jadi sampai lupa...

"Bunda....mana baju sekolahku....??"
"Memang mau diapain? ya dilemarilah..."

Karena kesiangan aku benar-benar buru-buru, langsung ku pakai seragamku, ku ambil buku seadanya, "mungkin hari ini belum pelajaran" fikirku. Selesai bersiap-siap jam tanganku sudah menunjukkan pukul 07:00 jadi aku langsung berlari menghambur ke meja makan....

"Mana susu aku bunda....??"
"Itu.... loh, kamu kok...???"
"Iya bunda, dah kesiangan, aku gak sarapan minum susu aja.... aku berangkat ya...."
"Eii.....tun.... "

Aku sudah tak peduli lagi bunda mau bilang apa, setengah berlari aku menuju pintu depan dan langsung menuju ke sekolah yang tak jauh dari rumahku. Sepuluh menit, tinggal beberapa meter lagi aku sampai di gerbang....

"Kenapa masih sepi gini...." pikirku dalam hati... Semakin dekat ke gerbang, ku dapati sekolah masih sangat sepi dan aku pun semakin gusar, "apa mungkin sudah masuk?" tanyaku gugup. Sesampainya di gerbang...

"Loh, pak.... kenapa sepi banget ya... sudah masuk ya pak?" tanyaku pada seseorang yang sedang menyapu

"Ya iyalah sepi...." jawab bapak itu singkat
"La anak yang sekolah pada kemana pak?" tanyaku lagi
"Sekolah, bukanya hari ini hari minggu ya...? bapak itu kembali bertanya padaku....

"Ass...." Rupanya aku salah hari, ku pikir ini hari senin dan ternyata..... Aku langsung menengok ke jam dan langsung mencari handphone di tas, "Ais, ternyata ini hari minggu". Tanpa pikir panjang aku langsung putar balik dan berlari ke rumah sebelum ada yang melihat aku. 

Beruntung, tidak ada anak lain yang lewat... Aku langsung berlari membuka pintu rumah tanpa mengucap salam lagi... "Brugh...... bundaa.......!!" teriakku, "kenapa bunda tidak bilang kalau ini hari minggu???" 

Ayah dan bunda yang sedang duduk di ruang tengah sontak langsung tertawa terbahak-bahak.... "He e e e.... tadi bunda mau bilangin kamu tapi kamu sudah keburu kabur gitu...", jawab bunda sambil menahan geli.

Aku terus saja masuk kamar dan langsung melepas semua pakaianku... "Malunya, untung tak ada anak lain yang melihat, coba kalau ada yang lihat, bagaimana sih, bisa sampai lupa gini...." ucapku menggerutu dalam hati. 

Selesai ganti baju tiba-tiba perutku berteriak-teriak, aku baru ingat bahwa tadi aku belum sarapan...
"Bunda masak apa...." tanyaku
"Kesukaanmu tuh, sayur asem, sambal, tempe goreng dan lalapan lengkap..." jawab bunda

Aku langsung mengambil makanan di mejaku...
"Gimana tadi hari pertama masuk SMP?" tanya ayah meledek
"Ah.... ayah...." balas ku sedikit kesal.

Ke esokan harinya aku berangkat ke sekolah, memakai baju rapi dengan semua peralatan yang sudah siap di tempat. Aku berjalan dengan gagah dan penuh percaya diri. Meski ini merupakan awal sekolah namun aku sama sekali tidak merasa canggung, takut atau cemas. 

Ya, maklum meski bagi semua murid lain ini adalah hari pertama namun bagiku ini adalah hari kedua jadi aku sudah tidak takut lagi... Sedikit hikmah dari kesialan dan keteledoranku kemarin.

--- Tamat ---

Ada yang pernah mengalami pengalaman seperti di atas? Ya, mungkin ada, dulu saat masih sekolah memang ada banyak kelucuan dan kekonyolan yang terjadi. Semoga cerpen saat pertama masuk smp tersebut bisa menjadi hiburan bagi kita semua. 

Jangan lupa, selain cerpen pelajar yang ada di atas masih ada banyak lagi cerita-cerita lain yang juga tak kalah lucu dan menarik serta bagus.

Supaya tidak ketinggalan berbagai kisah yang ada di situs ini maka silahkan catat alamat situs ini, atau bisa juga sering-sering berkunjung ke sini agar bisa mendapatkan cerita-cerita terbaru yang pendek. 

Disini ada banyak sekali kisah yang bagus, ada cerita lucu, ada cerita humor, ada cerpen pendek dan lain sebagainya. Itu saja, semoga berkenan.

Back To Top