Mendidik Supaya Bangkit Kembal (Cerita Opini)

Contohcerita.com - Pendidikan kaum muda menjadi isu sentral permasalahan perkembangan suatu Negara. Sektor yang sangat sensitif dalam kemajuan sebuah bangsa.

Ilustrasi: Mendidik Supaya Bangkit Kembal (Cerita Opini)

Globalisasi yang begitu cepat memaksa kaum muda untuk menghirup virus virus globalisasi yang sangat beracun dalam tataran perkembangan psikologi.

Banyak kaum muda yang terjebak pada abu globalisasi, semisal narkoba, seks bebas dan narkoba yang tentunya akan membuat kondisi mereka melemah.

Pemerintah tak mampu menanggulangi dan hanya mengusahakan cara - cara preventif dalam mencegah virus virus itu masuk kedalam negeri.

Media sosial seolah tak mampu menampung lagi aspirasi generasi muda yang sangat consern mengungkapkan pendapat dan aspirasi mereka.

Hal yang perlu dilakukan adalah merekonstruksi sistem pendidikan negeri kita yang sudah carut marut.

Dalam hal pendidikan Negara kita tidak ada konsistensi satu sistem yang dapat membangkitkan potensi generasi muda seluruhnya.

Di lain sisi bonus demografi kita menuntut secara cepat agar pemerintah menyediakan berbagai sarana yang mendukung keberlangsungan.

Tidak ada jalan lain selain memperbaiki dan terus memperbaiki secara konsisten sistem pendidikan nasional.

Agar kedepan nasib generasi muda tidak kembali pada jurang imperialisme yang sangat menyengsarakan di era globalisasi.

Jika pemerintah gagal maka yang akan terjadi adalah merosotnya moral generasi muda dan kemajuan Negara yang tidak akan tercapai.

Konsepsi pendidikan kita sebenarnya sudah dipikirkan dan dimatangkan oleh para founding father kita, namun tak dimanfaatkan secara maksimal.

Malahan konsep konsep itu diadopsi oleh Negara lain, yang akhirnya Negara lain yang maju, kita masih berkutat pada pencarian sistem yang baik untuk mendidik supaya bangkit kembali. (Gunarto)

Tag : Opini, Pendidikan
Back To Top