Benarkah Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Maag?

Puasa merupakan sebuah kewajiban yang dijalankan oleh para muslim seluruh dunia. Terutama puasa ramadhan. Puasa Ramadan sendiri adalah puasa yang dijalankan selama sebulan penuh sebagai sebuah perintah syariat islam.


Banyak yang mengatakan bahwa puasa ramadhan dapat menyembuhkan penyakit maag yang banyak diderita orang. Fakta bahwa puasa dapat menyembuhkan penyakit maag sebagaimana dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar kesehatan.

Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa pada minggu pertama puasa orang normal akan mengalami peningkatan asam lambung.

Namun kondisi tersebut berangsur stabil setelah minggu kedua dan naik turun asam lambung akan kembali normal satu minggu paska puasa ramadhan.

Adanya peningkatan asam lambung ini tidak akan merusak dinding lambung bagi orang yang berpuasa.

Bagi penderita sakit maag diajurkan untuk berpuasa karena akan menyembuhkan sakit maagnya. Penyakit maag terjadi akibat gangguan pada lambung akibat tingginya kadar asam dalam lambung yang mengakibatkan luka.

Tingginya asam lambung diakibatkan oleh peningkatan asam lambung yang berlebihan akibatnya lambung akan terinfeksi bakteri.

Gejala asam lambung yang berlebihan antara lain seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, lemas perut kembung dan perut terasa penuh.

Gangguan dan produksi asam lambung yang berlebih inilah yang biasanya akan menimbulkan reaksi kedalam tubuh kita.

Ada baiknya jika anda ingin segera sembuh terhadap penyakit asam lambung ini maka anda harus berpuasa secara rutin, baik puasa setiap minggu seperti senin kamis maupun puasa secara penuh pada bulan ramadhan. (Gunarto)

Back To Top