Mengatasi Kenakalan Remaja dengan Kekerasan, Bagaimana Anak Muda Menyikapinya?

Dunia muda merupakan dunia yang penuh dengan gejolak dan tantangan yang sangat beragam dan riskan terhadap kekerasan. Maraknya penggunaan narkoba, seks bebas dan hilangnya sopan santun merupakan salah satu dari berbagai permasalahan remaja saat ini.


Para orang tua dan guru banyak dipusingkan dengan ulah anak anak muda. Apalagi sekarang marak dengan perilaku yang sangat menyimpang.

Namun ditengah hirup pikup kondisi itu, terkadang aparat penegak hokum dan guru banyak menggunakan cara cara kekerasan dan kurang mendidik secara persuasive.

Sering kita lihat bersama satpol pp menangkap para remaja anak sekolah yang nongkrong di warung warung atau di pinggir jalan ketika jam sekolah.

Mereka membolos sekolah demi berkumpul dan bersenang senang bersama teman temannya. Nah bagaimana sih kita sebagai generasi muda menyikapinya.?

Banyak sekali tantangan dihadapi oleh para anak muda yang masih labil sikap dan perilakunya hinggga terkadang orang tua harus ekstra mengawasi.

Ada baiknya kita sebagai kaula muda memilih pergaulan yang baik, karna pada dasarnya pergaulan dan lingkunganya itu sangat mempengaruhi kondisi psikis para kaula muda.

Pilih teman yang sesuai dengan keinginan berbuat baik yang timbul dari hati kita masing masing. Jangan memilih teman yang mengajak pada hal hal yang tidak baik.

Yang selanjutnya, sibukan dirimu kepada hal hal yang baik yang akan mendorong prestasi kamu. Baik dilingkungan maupun di sekolah.

Jangan acuh pada kegiatan yang berguna untuk pengembangan jati diri dan keahlian kamu. Karena itu sangat berguna untuk kehidupan mendatang.

Selalu hormati orang tua dan orang orang yang lebih tua dari kamu, agar kamu terbiasa dengan kebiasaan sopan santun.

Hargai mereka, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi itu akan membuat citra baik pada dirimu sendiri. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita tidak ingin ditangkap satpol pp. (Gunarto)

Back To Top