Kisah Menarik Sebuah Masjid yang Dibangun dari Pelepah dan Batang Sagu

Satu lagi kisah yang akan membuat anda terpana. Kisah ini adalah sebuah kisah tentang bangunan Masjid yang cukup unik dan menarik. Bagaimana tidak, bangunan tersebut hanya terbuat dari batang dan pelepah sagu.


Kalau hanya bangunannya saja mungkin kurang menarik. Tapi jangan salah, bangunan ini kurang lebih sudah berusia 7 abad. Bisa dibayangkan bukan bagaimana istimewanya Masjid yang satu ini?

Namanya adalah Masjid Sagu Wapauwe, mungkin anda pernah dengar. Masjid tersebut sudah berumur 7 abad lebih. Bisa dikatakan Masjid ini termasuk Masjid tertua di Indonesia.

Dimana Masjid tersebut? Masjid yang unik ini terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Lokasi Masjid persisnya adalah di Desa Kaitetu Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah.

Dalam pembuatannya, Masjid ini culup unik. Ia hanya dibangun dengan pelepah dan juga batang sagu. Heran bukan, bagaimana bisa bertahan selama itu ya? Itulah uniknya Masjid ini.

Bukan hanya itu, di bangunan ini juga tidak ditemui pasak atau paku. Jadi Masjid tersebut dibangun tanpa atau pun paku sekalipun. Yang mengesankan lagi, hingga kini bangunan tersebut masih kuat.

Masjid Sagu Wapauwe tersebut masih cukup kokoh dan bisa difungsikan atau digunakan sebagaimana mestinya. Bagaimana menurut anda, keren juga bukan? Ternyata, bahan alam pun sebenarnya tak kalah dari baja dan beton.

Back To Top