Bahaya, Merokok Diusia Kurang dari 21 Tahun Rentan Menjadi Perokok Berat

Saat ini rokok sudah menjadi permasalahan terbesar Negara Negara didunia karena pengaruhnya terhadap kesehatan masyarakat. Budaya merokok sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang turun temurun tanpa mereka mempedulikan kesehatannya.


Candu yang ada dalam rokok telah menjadikan mereka kecanduan. Menurut beberapa riset yang diadakan oleh para ilmuwan di kanada. Mengatakan bahwa merokok di usia kurang dari 21 tahun dapat menyebabkan kecanduan dan berpengaruh pada kesehatan yang menurun.

Merokok saat ini sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dengan tat kehidupan masyarakat.

Budaya merokok baik di desa maupun di kota telah menyebabkan anak anak dibawah 21 tahun terpapar asap rokok dan sebagai resiko mereka meniru orang orang di dekat yang merokok.

Ini sungguh ironis. Ditengah pemerintah terus melakukan perbaikan layanan kesehatan untuk masyarakat, di lain sisi masyarakat tidak mengimbangi dengan pola hidup sehat.

Saat ini iklan rokok di media televisi telah menggiring para perokok pemula tidak memiliki batasan hingga mereka melestarikan budaya orang orang yang di dekatnya. Khususnya dalam hal ini budaya merokok.

Menurut beberapa penelitian oleh ilmuwan di salah satu universitas ternama di Kanada. Menaikkan angka seorang anak boleh merokok diatas 21 tahun adalah sebuah keharusan.

Pasalnya jika anak merokok dibawah 21 tahun maka akan mengganggu fungsi otaknya yang masih dalam tahap perkembangan. Fungsi otak yang baik adalah sekitar 5 tahun sampai 21 tahun.

Jika anak terpapar rokok pada usia sebelum 21 tahun maka akan mengurangi kecerdasannya karena efek tembakau yang tidak baik untuk kesehatan.

Namun keadaan pergaulan telah menyebabkan anak anak dibawah 16 tahun sudah mampu mendapatkan rokok untuk dikonsumsi.

Pemerintah telah mengadakan kampanye anti rokok dan anti tembakau untuk mengurangi orang orang yang mengkonsumsi rokok setiap hari. Ini dilakukan mengingat rokok jugalah yang merupakan gerbang utama dalam proses menuju hal hal lain yang tidak bermanfaat seperti narkoba dan seks bebas. (Gunarto)

Back To Top