Makna dan Pesan Moral Cerita Ande-Ande Lumut

Makna dan Pesan Moral Cerita Ande-AndeLumut – Takdir jodoh memang tidak bisa dirubah, takdir jodoh adalah garis yang sudah ditetapkan sang penguasa dan sang pencipta, sehingga tidak ada satupun mahluk yang bisa untuk merubah, membelokkan, garis yang lurus itu. Karena memang garis takdir yang sudah ditetapkan tuhan tidak bisa dirubah.

Di dalam cerita ini kita akan bisa mengetahui tentang kebesaran yang dimiliki oleh tuhan dan tentang takdir yang digariskan. Di dalam cerita ini kita juga akan mengetahui bahwa kita adalah manusia sebagai mahluk yang tidak berdaya dengan ketetapan yang telah diciptakan dan digariskan oleh Tuhan.

Dengan cerita ini mudah-mudahan bisa menyadarkan kita tentang siapa kita di mata tuhan, dan seberapa derajat kita dan seberapa derajat tuhan. Cerita Ande-Ande Lumut merupakan cerita rakyat Jawa timur yang begitu fenomena dan begitu erat di hati para masyarakat Jawa Timur. Kisah ini akan menyadarkan mata kita tentang takdir cinta seseorang yang tidak pernah meleset dari kenyataan.

Cerita ini menceritakan tentang raden Panji yang pada saat itu berkelana setelah pernikahannya batal dengan dewi Sekartaji. Pernikahannya dengan dewi Sekartaji adalah kehendak sang raja yang mempersatukan kerajaan Kediri dan Jenggala, agar kedua kerajaan besar tersebut tidak perang saudara.

Di dalam perjalanannya itu dia tinggal di sebuah rumah milik janda tua, setiap harinya ada saja gadis yang datang untuk melamar Ande-ande lumut (Jelmaan raden Panji), setelah Ande-ande lumut mengatkan pada janda itu bahwa dia ingin mencari istri. Tetapi tidak ada satupun gadis yang dipilih oleh Ande-ande lumut itu.

Hingga dewi sekartaji yang disekap oleh ibu tirinya tersebut berhasil kabur dan berkelana serta hidup dengan ibu tiri yang memiliki 3 anak gadis. Klenting kuning yang merupakan nama samaran dari dewi Sekartaji itu datang kepada Ande-ande lumut, dan akhirnya mereka bertemu dan kemudian menikah. 

Pesan moral yang terkandung di dalam cerita ini adalah pentingnya untuk menjaga komitmen yang kita pegang. Jangan pernah kita melepaskan komitmen yang kita pegang hanya karena terpikat oleh godaan dunia semata. Bersabarlah apa yang menjadi keinginan anda akan terkabul dan menjadi milik anda.

Tetapi syaratnya memang harus sabar, dan benar-benar sabar. Dengan sabar anda akan menjadi kuat untuk memelihara komitmen yang anda pegang. Dengan sabar dan percaya bahwa takdir tuhan tidak pernah berbohong pastilah anda akan mendapatkan apa yang anda mau dan apa yang anda inginkan.

Selain itu cerita ini juga mengandung pesan moral tentang perjuangan yang membutuhkan pengorbanan dan niat yang suci. Jangan pernah anda bermain-main dengan niat, karena niat suci andalah yang akan membawa anda kepada tujuan yang anda inginkan dan juga tujuan yang hendak anda capai.
cerita rakyat ande - ande lumut dan pesan moralnya
Sungguh menarik kita sudah cukup panjang membicarakan tentang isi yang terkandung dalam cerita ini. Terlebih pesan moral yang akan menjadikan anda, kita semua orang yang bijak dalam menjalankan kehidupan yang penuh realita ini. Mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari kisah ini.

Cerita yang lainnya pun masih banyak, bila anda berkenan untuk membuka dengan mengkliknya. Tidak ubahnya cerita yang kita saksikan saat ini yang cukup menarik dan menghibur, cerita yang lain juga menarik dan menghibur, serta memberikan pesan moral yang mendidik kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk itu selamat membaca. 

Back To Top