Cerita Legenda Gunung Tidar dan Makna

Cerita Legenda Gunung Tidar dan Makna – Bila mendengar kata gunung apa yang terlintas dihati dan pikiran kita? Tentu sebuah daratan yang menjulang tinggi yang begitu indah. Selain itu kita juga berpikir bahwa gunung tidaklah seperti kita yang lari karena dikejar, gunung akan tetap diam sekalipun kita berlari sekuat tenaga untuk menggapai-nya, untuk itulah ada peribahasa, tak kan lari gunung di kejar.

Di dalam cerita ini kita akan mengetahui tentang cerita gunung, dan lebih dari itu kita juga akan belajar tentang hikmah yang bisa terlihat dari kisah gunung dan para dewa-dewa di dalam cerita ini. Sehingga cerita ini bisa menjadi cerita yang menarik untuk kita sajikan untuk para pembaca karena mengandung pesan moral yang membangun sifatnya.

Judul dari cerita ini adalah ”Legenda Gunung Tidur”. Ini adalah kisah yang cukup aneh bila diterjemahkan dengan akal dan rasional, tetapi memang beginilah cerita ini berjalan. Dan untuk mengobati rasa penasaran kita tentang isi dari cerita ini langsung saja disimak cerita yang sudah disediakan untuk anda.

Cerita ini menceritakan tentang gunung Mahameru yang pucuknya jatuh ke arah timur, sedang permukaan pada bagian barat justru naik. Inilah yang membuat kepanikan Batara guru panik dan menyuruh para dewa untuk memindahkannya.

Ketika memindahkannya, gunung itu terjatuh sebagian demi sebagian hingga membentuk gunung-gunung. Dan pada sebagian gunung yang terakhir di sebuah gunung Tidar yang merupakan pakunya pulau Jawa, dan kini pulau Jawa tidak miring lagi.

Pesan moral yang terkandung dari cerita ini adalah tentang mengatasi masalah secara bersama-sama. Masalah sebesar apapun akan jauh lebih ringan dan akan cepat terselesaikan bila memang dihadapi dan dikerjakan besama-sama. 

Justru masalah kecil akan menjadi masalah besar bila memang tidak dikerjakan besama-sama. Seperti yang dikerjakan oleh para dewa dalam memindahkan gunung, adalah prinsip gotong royong yang menjadi ciri khas Indonesia. 

Jiwa gotong royong ini sangat bagus untuk kita terapkan, karena tidak ada satupun permasalahan yang tidak bisa kita selesaikan bila kita masih bersam-sama dan saling bekerja sama. Dengan bersatu kita akan teguh dan dengan bercerai kita akan runtuh, begitulah orang bijak berkata kira-kira.

Kita akan menjadi kuat selagi kita masih bekerja sama, terlebih dalam berbangsa dan bernegara jiwa gotong royong adalah salah satu hal yang harus ditanamkan dalam jiwa. Karena dengan jiwa gotong royong kita bisa memadamkan segala bentuk macam bahaya yang datangnya dari negara lain.

Cerita ini begitu menarik serta mendidik sebagai sajian untuk waktu bersantai yang anda miliki. Kemenarikan cerita yang disajikan dan berkesannya pesan moral yang diberikan menambah keyakinan bahwa memang selama ini kita telah kehilang jiwa gotong royong kita. 
Cerita legenda gunung tidar dan pesan moralnya
Jiwa persatuan kita, dan jiwa kekeluargaan. Bahwa tanpa jiwa-jiwa itu semua kita bukan apa-apa kita hanya buih di tengah lautan, tetapi dengan bersama kita akan menjadi raksaksa yang tak terkalahkan.

Masih banyak lagi cerita-cerita yang menarik lainya di dalam situs ini yang bisa anda baca untuk mengisi waktu luang anda. Bila waktu luang bisa anda pergunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus hiburan kenapa tidak, dan situs dengan konten-konten mendidik yang kami miliki siap untuk melayani anda dengan baik.

Back To Top