Cerita Dongeng tentang Monyet dan Tukang Kayu

Cerita Dongeng tentang Monyet dan Tukang KayuSetiap orang mempunyai urusan masing-masing dan pekerjaan masing-masing, karena inilah masalah pekerjaan terkadang menjadi hal yang sangat privat hingga tidak banyak orang yang boleh mengetahui apa pekerjaan yang dimiliki masing-masing orang tersebut. Karena memang bagi sebagian orang masalah pekerjaan adalah hal rahasia.

Di dalam cerita ini kita akan mengetahui tentang kisah orang seseorang yang juga menjadikan pekerjaannya adalah sesuatu yang privat sehingga orang lain dilarang untuk ikut campur dalam pekerjaan tersebut. Tetapi di balik cerita itu kita akan melihat bersama hikmah yang bisa diambil dari cerita ini.

“Kisah monyet dan tukang kayu”, adalah judul dari cerita ini, judul yang akan memulai cerita menarik dan mendidik yang akan kami sajikan untuk para pembaca sekalian. Sajian konten yang kami berikan kepada anda para pembaca tidaklah monoton dan membosankan melainkan menghibur dan sangat mendidik.

Seorang tukang kayu dan monyet adalah dua karakter yang dihadirkan di dalam cerita ini. Tukang kayu yang pada saat itu sedang membelah kayu dengan kepandaiannya sedang diintai oleh seorang monyet. Ketika tukang kayu itu pergi untuk beristirahat, monyet ingin menerapkan apa yang telah dilihatnya.

Monyet itu membelah kayu namun ada kesalahan yang hingga akhirnya mengakibatkan ekornya harus terjepit diantara celah kayu yang menutup. Jepitan dari kayu itu membuat monyet berteriak dan berontak karena tidak kuasa menahan sakit. Tukang kayu mendatangi monyet setelah mendengar suara kesakitan dari monyet.

Tukang kayu menyalahkan si monyet yang telah dengan lancang mengambil alih pekerjaannya. Tukang kayu itu tidak lantas membebaskan monyet dan terlebih dahulu memarahinya. Setelah cukup lama akhirnya tukang kayu melepaskan monyet tersebut setelah puas memarahinya.

Meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan barang, dan pekerjaan orang lain. Karena memang kita sendiri tidak tahu tentang bahaya apa yang ada bila kita memakai barang dan pekerjaan orang lain tanpa meminta izin yang bisa mengancam keselamatan dan kebahagiaan kita sendiri.

Pada dasarnya berbuat baik kepada orang lain adalah perbuatan yang mulia dan baik, tetapi tidak mulia statusnya bila tidak meminta izin terlebih dahulu sebelum meminta izin kepada orang yang bersangkutan. 

Karena bisa saja orang yang terlihat membutuhkan pertolongan sejatinya tidak membutuhkan pertolongan, di sinilah fungsi penting meminta izin agar kita bisa mengetahui orang tersebut.
cerita dongeng monyet yang singkat
Etika dalam berhubungan bermasyarakat adalah keharusan agar orang lain bisa menghargai kita sebagai manusia seutuhnya. Itulah hikmah besar yang bisa diambil dari cerita ini, karena memang etika adalah hal yang perlu karena dari etika itu kita bisa mendapatkan simpati, cinta, dan keluarga, dari banyak orang.

Ya, wallahu a’lam bisowaf, kita hanya bisa menjalankan ketetapan yang menurut akal dan logika kita baik. Dan kebenaran yang sejati hanyalah tuhan yang tahu. Masih banyak cerita-cerita yang menghadirkan cerita-cerita menarik dengan pesan moral yang mendidik di dalam situ ini. 

Back To Top