Katanya Kerja Online Gampang, Nyatanya Susah

Cerpen Singkat tentang Kerja Online - Satu hal yang pasti akan terbayangkan ketika mendengar kata kerja online adalah mendapatkan uang dengan cara yang gampang. Duduk di depan komputer sembari minum kopi dan akhirnya mendapatkan uang.


Dulu saat pertama aku mendengar ada orang yang mendapatkan uang secara online, aku pun berfikir demikian. Kerja tanpa otot! Itulah yang ada di pikiranku. Dan bagiku itu sangatlah keren.

Saat itu ketika aku masih duduk di bangku kelas X SMA. Abangku memperkenalkan ku pada sesuatu yang disebut dengan blog. Dia bilang dengan blog, seseorang bisa menjadi kaya.

Dia mendeklarasikan satu persatu tokoh-tokoh yang berhasil menjadi kaya atau sukses gara-gara ngeblog. Seperti bang eka lesmana, raditya dika, sampai mark suckerberg.

Abangku bilang jika aku bisa memiliki sebuah blog yang hebat, maka aku bisa dengan mudah mendapatkan uang.

“Tenang aja Ren, kalo blog lo udah gede lo pasti bisa dapet duit banyak.” Ucap Abangku yang saat itu sedang duduk bersama ku diruang tamu.
“Nah emang caranya dapet duit gimana tuh bang?” Tanyaku

“Ya banyak lah. Ada yang pake metode affiliasi, atau pake metode PPC.”

“Maksudnya bang?”
“Ya intinya pasang iklan di blog, terus ntar lo dapet duit. Abang pergi dulu ya Ren, mau jalan sama pacar.” Ucapnya sambil beranjak pergi meninggalkanku.

Sialan! Ingin sekali rasanya aku mengaduk-ngaduk wajah abangku ini. Aku pun penasaran dan saat itu juga aku langsung mencari informasi dari internet. Ku ketikan cara mendapatkan uang dari internet di kolom pencarian google. Hasilnya, ada banyak sekali artikel yang berhubungan dengan ini.

Aku pun mulai membacanya satu-persatu. Dan benar saja, ada metode mendapatkan uang yang dikatakan abangku tadi disana. Yakni afiliasi dan juga PPC. Dari situ aku tau bagaimana sistem keduanya.

Karena semuanya dapat diterima oleh akalku, Akhirnya aku pun merasa tertarik. Aku pun mulai belajar membuat blog dan belajar bagaimana cara mengembangkannya. Awalnya aku hanya membuat blog dengan domain gratisan seperti blogspot dan yang lainnya.

Aku mulai menulis artikel dan perlahan-lahan belajar mendesaign blogku sendiri. Saat itu aku hanyamembuat blog dengan niche kesehatan. Karena aku pikir itulah yang paling mudah di tulis.

Cukup lama aku bermain blog, aku merasa jenuh karena tak kunjung mendapatkan hasil. Sampai akhirnya aku pun mencoba mencari forum-forum yang membahas tentang blog dan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Aku benar-benar butuh teman seperjuangan saat itu. Sampai akhirnya aku menemukan salah satu forum yang aku cari di facebook. Forum itu sebenarnya adalah sebuah grup facebook yang bernama Google Adsense Indonesia.

Disana aku menemukan berbagai macam jenis blogger dan online marketer. Mulai dari yang masih sangat pemula sampai yang sudah master dengan penghasilan jutaan tiap bulannya.

Sejak bergabung dengan forum itu, aku mendapatkan semangat ku kembali. Aku merasa kalau aku tidak  berjuang sendiri, dan ini adalah kesempatan yang bagus. Aku mulai fokus dengan metode PPC dan melupakan metode affiliasi atau pun yang lainnnya.

Yaah, karena memang PPC adalah metode yang menurutku paling mudah dan tidak ribet. Intinya, kalau ada yang meng-klick iklan di blog kita, maka kita akan mendapatkan penghasilan.

Tapi sayangnya, saat itu aku belum bisa memasang iklan di blogku. Alasannya adalah aku tidak mempunyai akun adsense. Aku sudah mendaftar berkali-kali dengan blog yang berbeda, tapi semua hasilnya sama saja.

Tidak ada yang diterima dan selalu di tolak. Sampai akhirnya salah satu teman ku menyarankan ku untuk membeli domain agar proses pendaftaran google adsense menjadi lebih mudah.

Aku pun menurutinya. Sejak saat itu aku membeli domain .com dengan harga 115rb di niagahosting. Untuk pemasangannya sendiri aku di bantu oleh abangku. Saat abangku mengetahui kalau aku ternyata sudah mulai belajar ngeblog dan berkali-kali ditolak adsense, dia hanya menertawakanku.

Sialan! Ingin sekali rasanya aku mengacak-ngacak wajahnya. Tapi, bagaimana pun dia tetap lah abangku.

Setelah membeli domain baru, aku pun benar-benar serius mengelola blogku. Sampai akhirnya sekitar satu bulan aku mengelola blog, aku kembali mendaftar google adsense.

Dan hasilnya…, aku kembali di tolak. Aku hampir frustasi saat itu. Tapi aku masih belum menyerah. Sejak penolakanku yang kesekian kalinya aku kembali menulis artikel dan terus memperbaiki blogku.

Dibulan ketiga sejak aku membeli domain, aku kembali mendaftarkan blogku ini. Dan ini lah saat-saat bahagia di hidupku. Setelah menunggu selama kurang lebih seminggu setelah hari pendaftaran, akhirnya aku mendapat email dari google.

Isinya adalah ucapan selamat karena sekarang aku resmi menjadi publisher google adsense.

Sejak mendapat email yang berisi ucapan selamat itu, aku jadi semakin semangat ngeblog. Tiap hari aku selalu melihat dashboard akun ku dan tak pernah lelah memantau perkembangannya.

Tapi  sayang, pundi-pundi dollar di dashboardku tak kunjung bertambah. Sekitar dua bulan setelah aku resmi bisa memasang iklan di blogku, jumlah dollar didashboard adsense ku masih tetap.

Sekalinya mengalami penaikan tidak sampai 1 dollar. Sialan! Benar-benar susah ternyata mendapat uang dari internet. Tapi aku sudah betekad bulat. Meskipun susah, aku tetap tidak akan menyerah!

---oOo---

Back To Top