Ternyata, Dengan Youtube Orang Biasa Bisa Jadi Artis

Cerita Cerpen tentang Media Sosial - Youtube. Siapa yang tidak tau situs yang satu ini. Situs yang kini di urus dan di kembangkan oleh Google ini kini telah menjadi salah satu situs yang paling terkenal di dunia.  


Youtube juga merupakan salah satu situs yang paling sering di buka oleh para netizen. Bagaimana tidak, di situs ini kita bisa dengan mudah mendapatkan bebagai macam informasi dan hiburan. Dan informasi atau hiburan tersebut di sajikan dalam bentuk sebuah video. Tentu membuat situs ini menjadi semakin menarik.

Jika membahas sejarah dan perkembangannya, tentu saja ini akan memakan waktu yang lama. Mulai dari sejak dibentuknya youtube oleh tiga mantan karyawan PayPal pada tahun 2005 lalu kemudian di beli oleh pihak Google pada tahun 2006.

Sampai saat ini setidaknya ada lebih dari 6 miliar viewers yang setiap hari membuka situs ini.

Dari youtube, ada banyak sekali orang-orang yang kemudian menjadi begitu terkenal. Dan untuk orang-orang yang sering mengupload video ke youtube sendiri, mereka di sebut dengan youtuber.

Ada banyak hal yang diincar oleh orang-orang yang menjadi youtuber. Tentu saja selain uang, mereka juga menginginkan sebuah ketenaran. Sudah ada banyak sekali bukti bahwa dari youtube seseorang bisa menjadi artis.

Jika dari luar negeri kita mengenal Justin bieber, maka dari Indonesia sendiri juga banyak orang yang sukses menjadi artis gara-gara youtube.

Sebut saja namanya bayu skak. Dia adalah salah satu orang yang benar-benar bisa terkenal dari youtube. Videonya yang berisi tingkah konyol dan nyeleneh sukses membuat namanya melambung dan terkenal.

Dia adalah pria kelahiran Malang 13 November 1993. Dia memiliki wajah yang biasa-biasa saja. Tidak terlalu ganteng dan juga tidak terlalu jelek. Tapi berkat keanehan, kekonyolan, dan juga kerja kerasnya, kini hampir seluruh pengguna youtube di Indonesia mengenal bisa mengenalnya.

Selain bayu skak, masih ada juga beberapa orang yang bisa menjadi sangat terkenal dan populer gara-gara youtube.

Sebut saja Norman kamaru. Berkat video yang berisi lagu chaiya-chaiya nya yang kemudian di upload ke youtube. Mendadak dia menjadi tenar. Video dengan judul ‘Polisi Gorontalo Menggila’ berhasil membuatnya mendadak jadi artist.

Selain Norman Kamaru, masih ada juga Shinta dan Jojo. Berkat lippsing lagu keong racun, duo shinta dan jojo mendadak terkenal di Indonesia. Kini selain menjadi bintang iklan dan sering tampil di acara-acara TV, mereka juga telah memiliki lagu sendiri yang di ciptakan oleh Charlie ST 12 dengan judul tokek belang.

Saya rasa ketiga contoh diatas bisa menjadi bukti bahwa memang dengan youtube, orang bisa jadi Artis. Aku sendiri juga sudah pernah beberapa kali mengupload video ke youtube.

Harapannya tentu saja agar bisa terkenal. Berbagai macam video sudah pernah ku coba juga. Mulai dari video tutorial, video pamer main gitar, sampai video cara mengerjakan soal. Tapi hasilnya masih tetap sama. Boro-boro ada yang nyubcribe, ada yang nonton terus mau nge-like aja untung-untungan.  Gimana mau terkenal coba.

Video pertama yang aku unggah ada lah tutorial memasak. Memang agak aneh ketika ada seorang cowok apalagi pelajar membuat tutorial memasak. Tapi justru dari keanehan ini lah aku berharap bisa terkenal.

Dengan di bantu oleh Intan dan Andi-teman satu kelasku- aku mulai membuat video ini. Aku dan Intan adalah orang yang memberikan tutorial, sementara Andi adalah yang merekam menggunakan handphonenya.

Waktu itu kami memilih judul yang cukup spektakuler. ‘Dua sejoli memasak bersama, sangat romanis!’ itu lah judul video pertama kami.  Merasa kurang mendapat respon yang baik dari para viewers, akhirnya kami mencoba membuat video lain.

Video kedua adalah video bermain gitar. Posisinya tidak banyak berubah. Saat itu aku adalah yang bermain gitar, Intan bernyanyi dan Andi yang merekam. Dengan lagu I Will Be dari Avril, kami pun berhasil membuat video lagi.

Saat mengunggah, kami juga memberikan judul yang lumayan spektakuler, berharap aka nada banyak orang yang menonton video kami. ‘Manis banget suara gadis SMA ini!’ itu lah judul video kedua kami.

Dan hasilnya juga masih tidak jauh berbeda dengan video yang pertama. Akhirnya kami mulai cukup frustasi. Dan terakhir aku membuat sebuah video cara mengerjakan soal sendirian. Saat itu aku merekamnya sendiri di dalam kelas.

Soalnya sudah aku tulis terlebih dahulu di papan tulis sebelum aku mulai merekam. Untung saja Andi dan Intan waktu itu bersedia menemaniku, kalau tidak sudah pasti aku di kira orang gila.

Saat mengupload, aku hanya memberikan judul yang biasa-biasa saja. Tidak seperti kedua video pertama yang  judulnya terkesan hiperbola. Dan hasilnya, juga sama saja dengan dua video pertamaku.

Tidak membuat aku menjadi terkenal. Dan akhirnya sampai sekarang aku tidak pernah membuat video dan menguploadnya ke youtube lagi gara-gara frustasi.

---oOo---

Back To Top