Bisnis Saham Menjanjikan Untung Besar, Benarkah?

Cerpen Singkat tentang Usaha Sukses - Dewasa ini bisnis saham menjadi salah satu bisnis yang sangat sering diperbincangkan oleh berbagai media. Mulai dari media sosial, elektronik, online maupun yang lainnya. Hal yang terus dieluh-eluhkan adalah betapa menjanjikannya bisnis saham ini.


‘Tinggal tidur terus dapat duit banyak’ kurang lebih seperti itulah yang dikatakan atau yang diyakini mereka mengenai bisnis saham di Indonesia. 

Saya sendiri sebenarnya kurang begitu tertarik dengan bisnis ini. Karena bisnis ini terlalu identik dengan orang-orang yang kaya raya. Yang punya banyak harta dan merasa tak perlu lagi bekerja keras banting tulang.

Sedangkan saya hanyalah seorang pegawai kantoran biasa yang masih harus kesusahan saat tanggal tua tiba.

Sampai akhirnya saat itu saya mendapat sebuah tawaran yang cukup menarik dari salah seorang teman saya di kantor. Dia mengajak saya untuk mulai sedikit demi sedikit belajar tentang saham. Yang membuat saya tertarik saat itu adalah jumlah investasi yang memang sedikit.

Saat itu saya hanya berinvestasi dengan nominal yang sama sekali tidak begitu besar. Hanya lima ratus ribu rupiah. Itu pun saya masih ‘nebeng’ sama teman saya. Memang awalnya sedikit bingung karena saya benar-benar masih awam dalam dunia investasi semacam ini.

Namun perlahan saya mulai belajar tentang saham dan investasinya. Sedikit demi sedikit saya belajar mengenai proses bagaimana uang yang saya tanam bisa dikembangkan.

Memang ada benarnya juga, dari pada menyimpan uang dalam bentuk tabungan di bank, memang lebih baik menginvestasikan uang di perusahaan dalam bentuk saham. Selain bisa berkembang, kita juga sama sekali tak perlu repot untuk mengurusnya.

Hanya saja jika kurang berhati-hati dan ceroboh bisa saja kita jatuh dilubang yang kita buat sendiri.

Sekitar satu bulan setelah saya mulai berinvestasi, kini saya mulai bisa menuai hasilnya. Memang tidak terlalu banyak, tapi sudah sangat lumayan bagi saya. Setelah merasa ada keuntungan yang saya peroleh dari dunia investasi saham, saya pun jadi semakin tertarik dengan dunia investasi ini.

Benar saja, hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saya sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Sampai akhirnya saya terkena sebuah dampak yang menggelikan.

Hasil investasi saya selama sekitar satu tahun hangus begitu saja karena saya terlalu ceroboh dan kurang jeli memilih perusahaan untuk saya tanami saham.

Setelah mengalami kebangkrutan yang memilukan itu, saya sempat fakum untuk beberapa bulan. Tapi, setelah dirasa sudah memiliki modal materi dan juga pengetahuan yang memadai, saya pun mencoba kembali untuk memulai usaha dalam dunia investasi saham.

Kebangkrutan yang saya alami tersebut memberi dampak yang cukup besar dalam hidup saya. Terutama terhadap pola pikir saya sendiri. Saya mulai yakin kalau bisnis saham tidaklah semudah yang mereka katakan. Karena memang kita harus benar-benar jeli memilih perusahaan yang akan kita tanami saham.

Selain itu kita juga harus bekerja keras dalam menentukan pilihan kita. Karena jika teledor dan salah memilih perusahaan bisa saja kita malah bangkrut dan tidak bisa bangkit lagi.

Selain itu saya juga mulai yakin, lebih baik mendapat hasil sedikit tapi berlanjut dari pada terlalu rakus dan harus jatuh ke dalam lubang yang dibuat sendiri

---oOo---

Back To Top