Banyak Situs Jual Beli Online, Mau Belanja di Mana Coba?

Cerpen Singkat tentang Pengalaman Online Shoping - Jual beli online saat ini menjadi hal yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Bukan hanya oleh para pengusaha saja, kini para mahasiswa atau pun pelajar juga mulai gencar untuk jual beli secara online.


Dan dampaknya, situs jual beli online pun mulai berserakan dimana-mana. Persaingan yang ketat benar-benar telah terjadi dipasar online. Berbagai macam iklan mulai bertebaran dimana-mana. Tak jarang beragam diskon juga meraja lela.

Membuat para neter semakin tertarik untuk berbelanja secara online. Bahkan terkadang mereka tak hanya membeli tapi juga ikut menjual diberbagai situs jual beli online yang tersedia.

Aku sendiri kini mulai mendapat masalah baru. Yakni kebingungan memilih situs belanja online yang benar-benar terpercaya. Bagiku, semakin banyak situs jual beli online yang ada bukannya memudahkan tapi malah memungkinkan.

Iklan yang mereka tayangkan benar-benar bisa membuatku jadi ingin berbelanja disana. Saat aku mulai fokus pada satu situs, tiba-tiba situs lain menampilkan iklan yang tak kalah menarik.

Bahkan promosi yang mereka lakukan juga tak kalah menarik. Dengan berbagai macam diskon dan profit yang mereka tawarkan, aku jadi bimbang untuk menentukan situs mana yang benar-benar ideal untuk berbelanja online.

Saat sedang berada di sekolah, aku sempat berbincang dengan temanku. Dia adalah seorang online marketer muda. Biasanya dia menjual dan membeli berbagai barang secara online. Tentu saja ini menarik. Membuatku bertanya padanya situs mana yang benar-benar ideal untuk berbelanja online.

“Gue pengen beli jam tangan online nih. Enaknya dimana ya?” Tanya ku padanya. Dia menatapku heran. Seolah pertanyaanku adalah pertanyaan yang paling aneh di dunia.

“Ya terserah elo lah. Emang lo belum pernah belanja online?” 

“Ya udah pernah si. Tapi sekarang gue bingung. Ada banyak banget situs baru. Mereka semua kayaknya juga  bagus-bagus deh.”

“Ke laz*da aja kalo mau  belanja online mah.”
“Bukannya mahal ya disana?”
“Ya iya si. Tapi barang-barang disana berkualitas semua. Transaksi udah pasti aman. Udah gitu barang pasti cepet nyampe rumah.”

“Duuh. Jadi bingung gue nih. Kalo yang lebih murah dimana?”

“Kalo lo pengen yang murah ya lo belanja aja di buka*apak. Tapi ya itu, pasti bakal lama nyampe rumah elo nya. Keamanannya juga masih meragukan. Ada banyak banget artikel yang bahas kasus penipuan di situ. Kualitas barang nya juga ngga lebih baik dibandingin sama laz*da.”

“Jadi mendingan di laz*da dong?”
“Ya terserah elo aja si.”



“Emm,… oke deh.” Aku hanya manggut-manggut mendengar pencerahan darinya. Aku benar-benar berfikir keras kali ini. Aku harus benar-benar bisa memilih situs yang ideal.

Karena terlalu bingung memilihakhirnya aku memutuskan untuk mencoba keduanya. Selain untuk uji coba, tentu saja juga untuk memastikan mana yang terbaik.

Awalnya aku mencoba membeli barang disitus dengan harga yang terjangkau. Memang tidak terlalu banyak pilihan barang yang ada disana. Tapi harga yang ditawarkan memang benar-benar bersahabat dengan kantong.

Setelah memesan jam tangan dari salah satu situs jual beli yang harganya terjangkau itu, aku benar-benar harus menunggu waktu yang lama untuk bisa mendapat kiriman barangnya.

Sembari menunggu kiriman barang datang, aku mencoba untuk memesan barang disitus yang disarankan oleh temanku. Benar saja, harganya memang sedikit lebih mahal.

Tapi pilihan barang disana sangat beragam. Kualitas yang ditawarkan juga sangat bagus. Tanpa ragu akhirnya aku memutuskan untuk membeli barang disitus tersebut.

Dan betapa terkejutnya aku, barang yang ku beli disitus yang disaranan temanku justru lebih dulu sampai kerumahku. Padahal aku lebih dulu memesan barang di situs yang harganya terjangkau. Mengejutkan.

Dari kedua eksperimenku diatas, akhirnya aku setuju dengan temanku. Tidak masalah merogoh kocek lebih dalam asal bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Selain pilihannya beragam, kualitasnya juga memadai. Tak hanya itu saja, waktu pengiriman barangnya pun relatif cepat.

---oOo---

Back To Top