Aku Pengen Coba Bisnis Jual Jaket Online

Cerpen Motivasi agar Usaha Sukses - Pertengahan November adalah salah satu saat dimana hampir setiap hari turun hujan. Dan itu akan berlangsung bahkan sampai maret tahun depan atau lebih. Yaah, musim hujan orang-orang menyebutnya.


Aku sendiri merasa senang dengan musim hujan. Karena saat hujan datang, aku lebih mudah untuk tidur dan tidurku akan terasa semakin nikmat karena udara yang dingin.

Musim hujan taun ini adalah salah satu musim hujan yang aku tunggu-tunggu, karena di musim hujan ini, aku sudah menyiapkan beberapa rencana untuk berbisnis. Dan tentu saja untuk pelajar seperti aku ini jenis bisnis yang paling mudah adalah berdagang.

Dan targetnya pun tak pernah muluk-muluk, cukup teman-teman satu sekolah, ibu guru, atau orang tua dari teman-temanku.

Di musim hujan ini setidaknya aku memiliki empat jenis bisnis dagang yang ingin aku coba. Yakni berjualan makanan hangat, berjualan jilbab, jual minuman hangat cepat saji, dan juga berjualan jaket.

Setidaknya empat itu lah yang benar-benar ingin aku coba. Meski sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha yang lainnya di pikiranku.

Aku mencoba mendiskusikan ini pada abangku dan kemudian meminta sarannya.
“Bang, mending jualan kopi, makanan apa jualan jaket ya?” aku bertanya pada abangku yang sedang duduk bersama ku di ruang tamu. Dia tidak menjawab pertanyaanku langsung, dan malah menatap ku lekat-lekat. Ada rasa heran dan kaget di matanya.

“Emang lo punya modal berapa?” tanyanya .
“Ngga banyak si bang. Yaa tapi cukup lah kalo cuma mau buat jualan.”
“Kalo lo jual makanan apa kopi, pasti bakal cepet basi kalo ngga laku.”
“Terus?”
“Ya mending jualan jaket lah. Tapi ya itu tadi, lo pesti punya modal gede.” Ucap abangku.

Aku hanya terdiam. Benar juga apa yang dikatakannya. Jualan jaket pasti membutuhkan modal yang besar, bahkan harga satu buah jaket nya saja bisa sampe seratus ribu lebih. Sedangkan modalku tak lebih dari satu juta.

Sekitar satu minggu lebih aku merenung. Memikirkan bagaimana caranya berjualan jaket dengan modal segini. Konsultasi kea bang sudah, ke teman-teman sudah, ke orang tua juga sudah. Tapi aku sama sekali belum mendapatkan pencerahan.

Sampai pada suatu hari aku coba iseng-iseng buka internet dan kemudian mengetikan “cara jualan jaket dengan modal minim” di kolom pencarian google. Dari situ aku menemukan banyak sekali artikel yang membahas masalah ini.

Mulai dari tips berdagang sampai trik mendapatkan konsumen. Sampai akhirnya aku benar-benar mendapat sebuah pencerahan dari salah satu situs yang menjual jaket online.

Sebut saja nama situsnya jualjaket com Situs tersebut menawarkan sebuah kerja sama dimana aku hanya perlu menjual kembali barang dagangannya dan kemudian aku mendapatkan fee dari situs tersebut.

Keesokan harinya aku langsung mencoba ide ini. Awalnya aku hanya memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter untuk berjualan. Aku sering memposting jaket-jaket keluaran terbaru dan bagus dari situs tersebut. Dan tanggapan teman-teman di dunia maya pun cukup baik.

Ada beberapa dari mereka mau membeli jaket yang aku jual ini. Aku mengirimkan uang dan alamat pembeli kepada pihak situs jualjaket.com, dan dari situ aku mulai mendapatkan uang.

Merasa ketagihan dan memiliki peluang yang bagus, aku pun semakin semangat menjalankan bisnis ini. Untuk melancarkannya, aku mengajak dua temanku untuk ikut-ikutan promo di akun media sosial mereka.

Mereka adalah Intan dan Andi. Dan hasilnya juga tak begitu buruk. Ada beberapa orang yang membeli jaket lewat aku sosial media mereka juga.

Semakin hari perkembangan bisnis ini semakin menunjukan hasil yang baik. Kami bertiga akhirnya berinisiatif untuk membuat toko online sendiri. Sedangkan barang yang kami jual berasal dari situs toko online lainnya.

Dengan promosi yang bagus dan juga kerjasama yang baik, akhirnya kami berhasil membangun sebuah toko online terpercaya. Untuk membuat toko online kami semakin memiliki banyak pengunjung, kami tak segan untuk menambah beberapa jenis produk yang kami jual.

Yang awalnya hanya mulai dari jaket, sekarang berkembang menjadi barang-barang lainnya seperti tas dan sepatu.

Selain dengan menambah produk, cara promosi yang baik juga membuat toko online kami menjadi lebih memiliki nama. Dan kami berharap semoga saja toko online kecil kami ini terus berkembang dan pada suatu saat bisa menjadi besar seperti tokopedia atau lazada.

---oOo---

Back To Top