Kumpulan Cerita Cerpen tentang Budidaya Ikan

Usaha budidaya ikan, kira-kira seru tidak ya kalau diceritakan? Pasti seru, apalagi yang namanya usaha kan ada suka duka yang dialami. Kadang ada yang gagal, ada yang rugi, bahkan bangkrut. Kadang ada yang selalu panen melimpah dan untung besar.


Berbicara mengenai usaha atau pekerjaan memang cukup menarik, dalam cerita cerpen sekalipun. Ada unsur hiburan, ada pesan moral, ada nasehat dan ada pembelajaran yang bisa digali dalam cerita seperti itu. Makanya kali ini kita akan mulai membuat koleksi cerita seperti ini.

Cerpen seperti ini akan dibuat koleksi yang lengkap sehingga banyak dan bisa bermanfaat baik untuk hiburan atau belajar. Koleksi kita tersebut akan dibuka dengan sebuah cerpen tentang ternak ikan lele. Bagus atau tidak bisa dilihat nanti ya.

Yang jelas dengan adanya cerpen pembuka tersebut kita akan menambah koleksi yang ada semakin lengkap. Mudah-mudahan rekan pengunjung semua bisa mendapatkan cerita-cerita menarik yang diinginkan.

Agar lebih hemat waktu, mari kita langsung baca saja cerita pendek pertama di bawah ini. Cerpen ini sederhana sekali dan mungkin kurang cocok disebut cerpen tapi lebih kepada sebuah karangan. Dari pada penasaran yuk baca langsung, berikut cerita selengkapnya.

Usaha Budidaya Ikan Lele di Desa
Cerpen tentang Usaha Budidaya

Usaha budi daya ikan lele masih banyak digemari oleh masyarakat, terutama tetanggaku sendiri. Memang budi daya ikan lele itu sangat mudah tetutama cocok untuk pebisnis yang baru pertama kali memulainya dan mencobanya.

Selain ikan lele yang sangat mudah perawatanya juga ikan lele tidak gampang setres dan ikan lele dapat hidup di air yang kotor jadi tidak sering gonta ganti air.

Cukup perawatanya memberi makan dan pemisahan benih ikan yang cukup besar, ke kolam lain. Karena ikan lele cenderung  bersifat kanibal akan memakan apasaja termaksud ikan sejenisnya juga.

Tetanggaku yang sudah lama ternak ikan lele ini sangat untung besar, dan bisnis ini cukup menjanjikan karena banyaknya pembeli, pembeli untuk di konsumsi ataupun untuk dirawat sampai besar.

Karena cukup banyaknya peminat ikan lele untuk dikonsumsi semakin lama semakin menambah peternak peternak ikan pele pemula di desaku.

Dan waktu semain berlalu dan tambah banyak peternak budidaya ikan lele yang semakin merajalela di desaku, dan jadi desaku dijuluki desa ikan karena semakn lama semakin tambah banyak tetanggaku yang berusaha budi daya ikan lele, membuat membludaknya ikan lele di desaku.

Dan harga ikan lele pun semakin merosot  tajam dan bayak petani petani budi daya ikan lele yang rugi besar karena harga pakan dengan ikan yang tidak seimbang dan minat pembeli yang semakin berkurang membuat banyak tetanggaku. Sangat banyak yang rugi .

Semakin lama peternak budi daya ikan lele semakin menurun karena membeludaknya ikan tidak diseimbagi dengan pembeli.

Dan satu persatu para petani budidaya ikan lele pun melepaskan diri untuk tidak jadi peternak. Tapi salah satu tetanggaku tidak pentang menyerah masih tetap untuk membudidayakan ikan lele walaupun harganya merosot tetap saja melakukanya.

Semakin lama seiring berjalanya waktu harga  ikan pun mulai stabil dan semakin bertambahnya peminat pembeli ikan lele.

Ternyata rejeki itu akan menghampiri jika orang mau berusaha keras dan berdoa.
Contohnya, tetanggaku tidak patah semangat walaupun harga pasaran tidak stabil tapi dia tetap berusaha dengan keras. Dia juga berdoa dan akan tetap percaya bahwa rejeki akan menghampirinya.

---oOo---

Back To Top