Cerita Liburan di Candi Muaro Jambi

Hari ini aku dan ayahku  akan berlibur ke candi muaro. Kami berkemas untuk berangkat menuju bandara. Setelah sampai aku dan ayahku chek in dulu, lalu mencari taxi untuk menuju hotel dan beristirahat. setelah sampai hotel kami istirahat memulihkan tenaga untuk jalan jalan besok.


Lalu aku bertanya kepada ayahku ‘’ ayah kapan kita menuju candi muaro jambi’’,
‘’Besok ‘’ kata ayah. Aku tidak sabar untuk besok dan segera berangkat menuju candi muaro jambi

Keesokan harinya, aku bangun 05:30 wib lalu , mandi dan menuju lantai dasar untuk sarapan setelah itu kami segera berangkat untuk menuju candi muaro jambi. kami memutuskan kesana ke candi muaro jambi itu.

Karena kami tidak hanya berlibur saja tapi kami juga belajar tentang sejarah candi muaro jambi ini, kami bertujuan  menyaksikan secara langsung ingin mengetahui sejarah tentang candi muaro jambi ini.

Tempat wisata ini berada di kecamatan muaro sebo, kabupaten muaro jambi, atau sekitar 600 km dari pusat kota jambi. Candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib anda kunjungi .indonesia sebenarnya cukup beruntung karena memiliki peninggalan bersejarah hindu budha yang terbesar yaitu candi muaro jambi

Setelah sampai didepan candi aku membeli sebuah topi dengan harga 50.000. saya ke kamar kecil dulu karena di dalam candi masih sepi. 

Lalu kami masuk dan menyusuri bagian dalam candi muaro jambi. aku berpencar dengan ayahku, dan aku berkeliling seta tidak lupa berfoto foto, dan saya melihat orang lagi syuting.

Dan sampai saat ini ada 61 candi yang sebagian masih tertutup tanah, selain candi disini juga ditemukan berbagai perkakas rumah tangga yang menunjukan bahwa dulu candi ini ditempati oleh biksu.

Ada juga keramik cina dari masa dinasti song yang berarti ini membuktikan bahwa dahulu sudah ada hubungan internasional dengan bangsa cina.

Sehingga sampai saat ini para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri banyak yang berdatangan, karena daya tarik candi ini. 

Lalu kami memutuskan untuk keluar, untuk membeli souvenir, aku dan dan ayahku membeli tas, sepatu, baju dan kaos serta souvenir lainnya untuk keluarga. Lalu pulang menuju hotel .

Esoknya kami berkemas untuk pulang dan menuju bandara,aku berangkat menuju Jakarta dan mampir ke tempat sepupuku. 

Sepupuku sudah kuliah dan bias membawa mobil untuk mengantar serta menjemput kami, aku amat senang sekali, dan setelah sampai kami di jemput ibu dan  pulang ,mandi makan langsung tidur.


---oOo---

Back To Top