Mencari Kerja Sampingan Sambil Kuliah

Kerja sambil sekolah adalah keinginanku sejak dahulu waktu masih duduk di bangku sekolah menengah atas , yang belum terlaksana sampai lulus sma. Kali ini saya kuliah, dan ingin melanjutkan keinginan untuk mencari kerja sambil sekolah.


Kerja sampingan yang tidak mengganggu kuliah atau pun mengganggu pekerjaan, dan saya mencari kerja dengan salah satu sahabat karip yang dari sekolah dasar sampai menengah atas selalu bersama.

Tapi sayang, dia setelah lulus sekolah tidak melanjutkan kuliah, sedangkan aku melanjutkan dan inilah awal dari terpisahnya persahabatan dari kecil, tapi kami masih sering bertemu.

Dan saya mencari kerja dengan sahabat karip dari kecil yaitu budi. Suatu hari saya mendengar info kalau ada lowongan pekerjaan di dekat tempat tingal  kami di sebuah kota kecil.

“Bud, ada info loker nih kamu mau daftar  tidak, bareng saya?” tanyaku kepada budi?
“Boleh, di mana?” Jawab budi. “Di kota…” jawabku.
“Terus kapan kita mendaftar’’ Tanya budi lagi.

“Besok, jadi sekarang kita persiapkan berkas - berkas untuk melamar besok“, jawabku lagi sembari aku membolak balikan kertas atau berkas lamaran kerja. Kami pun mempersiapkan berkas - berkas lamaran.

Dan keesokan harinya kami berdua segera berangkat untuk  memasukan surat lamaran kerja itu. Akhirnya kami berdua lolos dan tinggal interview. Tapi setelah interview budi masuk dan saya tidak karena mungkin saya bilang sambil kuliah atau mungkin ada alasan yang lain sekingga saya tidak masuk atau memang sudah peraturan dari kantornya begitu.

Tak lama kemudian aku mendaftar kerja lagi. Lagi - lagi gagal lagi atau mungkin karena dewi fortuna tidak berpihak kepadaku saat ini. Atau karena faktor yang lain yang membuat tidak masuk.

Aku tidak tahu alasanya, akhirnya saya mencoba peruntungan lain yaitu bisnis skala kecil. Mencoba bisnis ternak ikan hias untuk mengisi kekosongan waktu luang setelah kuliah. Tapi masih tetap mencari pekerjaan sambil kuliah.

Waktu berlalu dengan cepat setelah aku menunggu cukup lama, akhirnya aku mendapatkan pekerjaan juga yang sesuai dengan keadaanku, kerja dan bisa sambil kuliah karena dengan keinginan yang kuat serta doa, akhirnya apa yang aku inginkan selama ini dapat terkabukan juga.

---oOo---

Back To Top