Kumpulan Cerpen Tema Islami Terlengkap

Awalnya begini ceritanya, minggu kemarin ada teman adik yang datang ke rumah. Lagi asyik santai tiba-tiba ia nyeletuk, “kak, ada koleksi cerpen islami asma nadia tidak, kalau tidak cerpen islami helvy tiana rosa juga boleh?”. Kami yang merasa tidak tahu apa – apa tentu saja bingung untuk menjawab pertanyaan itu.


Dari pertanyaan dia sih sebenarnya sedikit nyambung, maksudnya cerpen dari dua pengarang tersebut tetapi karena memang tidak punya ya mau apalagi. Maklumlah, anak remaja, tapi untung yang dicari adalah cerpen islami hingga kami tidak begitu merasa terganggu dan gusar dibuatnya.

Dari perbincangan kecil di hari minggu itulah akhirnya kami memutuskan untuk memperbanyak koleksi kisah-kisah islami yang ada disini. Selain untuk hiburan, dari karya sederhana tersebut kami berharap bisa memberikan pesan dan nasehat yang baik kepada rekan remaja yang hobi membaca khususnya cerpen.

Jujur saja, sebenarnya perasaan kami sedikit tertekan manakala ada seorang pembaca yang mencari cerpen dan tidak dapat menemukannya. Karena itu kami terus berusaha semaksimal mungkin untuk merintis dan menyediakan berbagai bacaan yang disukai, termasuk juga karya cerpen religi.

Bayangkan saja, betapa mengagumkannya jika kita bisa membaca kisah menarik yang menghibur sekaligus bisa memberikan inspirasi untuk kebaikan. 

Pengarangnya bisa berbangga hati, kami pun demikian. Karena itu kali ini kami ingin mengajak anda untuk melihat beberapa koleksi kisah religi yang sudah disiapkan. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut!

1) Cerpen islami lucu
2) Cerpen islami terbaru
3) Cerpen islami romantis
4) Kumpulan cerpen islami
5) Cerpen islami pernikahan
6) Kumpulan cerpen islami asma nadia

Beberapa poin di atas adalah tema-tema kisah yang sudah dan akan terus diberikan untuk rekan pembaca semua. Cukup banyak juga bukan? Ya, karya lengkapnya bisa dilihat melalui kategori cerpen religi yang ada disisi kanan situs. Nah, untuk contoh, sudah disiapkan beberapa karya pilihan yang bisa anda baca.

Insya Allah adalah salah satu karya sederhana yang memiliki pesan moral yang cukup bagus untuk direnungkan. Cerpen ini mengangkat kisah kehidupan yang mungkin saja sudah pernah anda lihat atau bahkan anda alami sendiri. Sederhana bahkan mungkin sangat sederhana sekali dan tidak pantas dikatakan sebuah cerpen.

Namun begitu karya ini cukup bagus baik dari sisi cerita maupun gaya yang digunakan oleh penulis. Dijamin anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menangkap keseluruhan cerita maupun pesan yang ada didalamnya. Bahasa yang unik dan menarik merupakan kunci yang mampu membuat cerita ini menarik.

Lebih jauh, kisah yang diangkat juga bisa menjadi teman santai di kala senggang. Jadi tidak perlu menghabiskan waktu di luar rumah dan tidak jelas. Ya mudah-mudahan bisa untuk tambahan koleksi bagi rekan semua yang suka.

Dari sekian banyak tema cerpen religi, cerpen berjudul “syukur atas karunia” berikut ini adalah yang paling kami suka. Pasalnya, masalah bersyukur merupakan hal yang paling susah untuk dijadikan kebiasaan. Padahal banyak sekali nikmat, keindahan, kebaikan dan juga keberkahan yang sudah diberikan Alloh kepada umatnya.

Sayangnya kebanyakan dari kita lebih sering bersyukur ketika diberi rejeki berupa uang, tapi lupa berterima kasih manakala diberi kesehatan. Padahal kesehatan sangat mahal harganya, benar bukan?

Itulah sebabnya karya berikut ini menurut kami sangat menarik dan bermanfaat bagi yang membacanya. Ada hiburan, pembelajaran, dan ada juga tauladan atau contoh yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi alur ceritanya seperti apa ya, lebih baik anda baca saja cerpen tersebut.

Hidup tidak selamanya, usia manusia terbatas dan suatu saat akan kembali kepada-Nya. Pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri bagaimana bila waktu anda telah berakhir? Ingat mati, dengan begitu kita tidak akan rakus dan tidak akan terbuai dengan keindahan dunia yang hanya sementara.

Mengingat adanya kematian yang akan menjemput akan lebih mendekatkan kita kepada sang Kuasa. Mengingat bahwa kita memiliki waktu yang terbatas maka kita akan lebih bijak dalam menggunakan waktu yang dimiliki. Satu detik pun sayang untuk digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, benar begitu?

Mengucap Alhamdulillah adalah salah satu tanda bahwa kita tidak lupa akan berkah yang diberikan oleh Alloh SWT. Rasa syukur akan mendekatkan hati kita kepada-Nya, membersihkan pikiran kita dan meningkatkan ketenangan hati.

Bersyukur juga tidak akan mengurangi kebaikan yang telah diberikan Alloh kepada kita tetapi sebaliknya. Jika kita pandai bersyukur maka hati kita tidak akan gelisah karena kita sadar sudah banyak nikmat yang setiap hari kita rasakan.

Kebaikan dan kemurahan yang diberikan kepada kita adalah bukti Alloh benar-benar menyayangi umatnya yang beriman. Lalu pertanyaannya, seberapa sering kita mengucapkan alhamdulillah sebagai wujud syukur kita kepada Alloh?

Taubat itu sangat penting. Taubat merupakan cerminan bahwa kita menyesal atas kesalahan yang pernah dilakukan dan tidak akan mengulangi nya lagi. bertaubah ini tidak mudah dan banyak yang tidak bisa menjaga komitmen untuk tidak berbuat hal buruk yang sama.

Karena taubah sama sekali tidak mudah maka tidak salah jika mulai dari kecil, remaja kita berlatih untuk mengendalikan keinginan dan bisa konsisten dalam melakukan perubahan yang lebih baik. Jangan sampai semakin umur bertambah tetapi kualitas diri dan kualitas hidup kita sama atau justru lebih buruk.

Taubat ini sangat berguna untuk membantu kita membentuk pribadi yang lebih tangguh dan berkualitas. Cerpen berjudul “surga yang tak dirindukan” berikut ini mengangkat tema penting tersebut. Harapannya kita bisa mendapatkan pelajaran dari jalan cerita tersebut.

Itulah tadi beberapa cerpen islami terbaru yang ada di situs ini. Selain cerita-cerita di atas tentu saja masih banyak cerita lain yang bisa anda nikmati. Tidak perlu ragu tidak perlu sungkan, anda bisa bebas mencari karya-karya lain untuk dibaca.

Kami berharap berbagai cerpen yang ada bisa menjadi hiburan sekaligus pembelajaran bagi kita semua. Semoga saja kumpulan cerpen ini bisa menambah referensi bahan bacaan kita sehari-hari. Itu saja dulu, lain waktu kita bagikan lagi koleksi lain yang tak kalah menarik, tak kalah seru dan tak kalah bermanfaat dari yang ini.

Back To Top