Kumpulan Cerpen Pendidikan Tentang Pelajar

Beberapa waktu lalu mungkin belum banyak ditemukan berbagai kumpulan cerpen yang khusus membahas tema pendidikan. Maka dari itu kali ini kita buat secara khusus beberapa contoh untuk karya tersebut. Lumayan, bisa untuk tambahan referensi belajar bagi rekan semua, mau ikutan menikmati karya tersebut?



Kumpulan ini akan terdiri paling tidak 5 karya cerpen inti dan 5 cerpen tambahan. Bagi anda yang kebetulan sedang mencari karya-karya dengan tema seputar pendidikan bisa langsung melihatnya.

Dalam sebuah cerita pendek yang banyak dituangkan oleh penulis profesional, tema pendidikan seputar belajar mengajar masih sangat jarang sekali. Padahal tema ini juga banyak dibutuhkan selain untuk sarana hiburan juga sebagai sarana belajar bagi para siswa. 

Untuk itulah, situs ini tak lupa menyiapkan berbagai karya sederhana yang bisa dinikmati khusus untuk kalangan pelajar. Sebelum lebih jauh, mari lihat beberapa cerpen terbaru di bawah ini!

a) Enggak tahu internet sombong
b) Sampai akhir masa sekolah
c) Ku Jadi Pintar
d) Kisah tentang Batik
e) Sparepart Mobil

Dari sisi cerita, karya yang akan kita baca ini mungkin berbeda dari karya pada umumnya. Dari sisi kebahasaan pun mungkin demikian, namun karangan cerpen berikut bisa dijadikan bahan belajar khususnya untuk belajar membuat cerpen atau karangan sejenis. 

Mungkin tidak se-bagus karya profesional namun paling tidak bisa untuk menambah referensi bahan belajar. Rata-rata karya berikut termasuk dalam kategori yang pendek dan singkat. 

Karya berikut kebanyakan memiliki panjang yang tak lebih dari 2 halaman, rata-rata hanya satu halaman kertas folio saja. Jadi sangat cocok untuk bahan bacaan ringan di kala senggang. Lalu seperti apakah cerpen dalam koleksi ini, kita bahas saja satu persatu di bawah ini.

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa ini merupakan salah satu contoh cerpen pendidikan singkat tentang kegiatan murid atau siswa ketika sedang tidak ada pelajaran atau sedang jam kosong atau sedang tidak ada guru. 

Cerpen ini bagus untuk dijadikan motivasi belajar karena bercerita bagaimana pelajar tetap semangat belajar meski tidak ada guru. Rekan-rekan pelajar bisa mendapatkan hikmah, motivasi dan inspirasi bagaimana sebaiknya kita menghadapi jam pelajaran yang kosong. 

Seperti kita tahu, pada umumnya murid – murid akan sangat senang ketika guru pelajaran tidak ada. Mereka akan bebas bermain di kelas tanpa memperhitungkan dan menghiraukan apapun.

Hal seperti itu sebenarnya sangat merugikan mengingat waktu yang dimiliki akan terbuang sia-sia. Kita pergi ke sekolah kan sudah membutuhkan biaya, pengorbanan dan di sekolah hanya bermain, apa tidak rugi, benar bukan? 

Maka dari itu kisah pada cerpen ini bisa menjadi inspirasi dan bahan belajar dalam menghadapi situasi tadi. Selengkapnya silahkan baca cerpen tentang jam kosong.

Kalau yang satu ini adalah contoh cerpen singkat pendidikan yang ceritanya sedikit berbeda. Cerpen ini menggambarkan kegiatan siswa tetapi tidak melulu ketika sedang belajar. 

Kisah yang diangkat dalam cerpen berjudul “pena kesayangan” ini sedikit berbeda dari yang lain. Dalam karya ini ada juga kisah seputar persahabatan antara para murid di sekolah.

Karya cerpen ini bisa sekaligus dijadikan hiburan dan bahan bacaan bagi rekan pelajar. Ceritanya ringan namun cukup menarik untuk diikuti. Bahasa yang digunakan juga sangat sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, dalam karya ini juga terkandung pesan moral dan nasehat yang baik untuk para siswa.

Secara keseluruhan cerita dalam cerpen tersebut memberikan inspirasi pada para siswa untuk semangat belajar dalam kondisi apapun. Belajar adalah hal yang sangat penting. 

Hendaknya kita bisa selalu memompa semangat untuk giat belajar dimanapun kapanpun agar kita memiliki bekal hidup di masa depan. Yang penasaran silahkan simak cerpen berjudul pena kesayangan.

Karya ketiga yang berjudul “salah kelas” ini ceritanya cukup ringan. Karya ini merupakan salah satu contoh cerpen singkat tema pendidikan yang memiliki unsur humor yang bisa sangat menghibur. 

Sebuah kejadian lucu diangkat sebagai isu pokok dalam karya ketiga berikut. Tentu tidak akan membosankan untuk kita baca bersama, benar tidak?

Khusus untuk cerpen yang satu ini suasana formal dalam pembelajaran di sekolah tidak terlalu terasa mengingat cerita utamanya bukan masalah kegiatan belajar mengajar. 

Sudah dapat ditebak mungkin dari judulnya bahwa cerpen ini menceritakan anak pindahan baru yang salah memasuki kelas yang tidak seharusnya. Penasaran, silahkan simak cerpen judul salah kelas.

Contoh cerpen singkat tentang pendidikan yang keempat ini berbeda dari yang sebelumnya. Cerpen ini menunjukkan bagaimana efek dari kebiasaan dan rasa kurang disiplin yang sering dimiliki oleh seorang pelajar. Cerpen ini ceritanya cukup menarik dan bagus untuk dijadikan hiburan sekaligus bahan belajar.

Dalam cerpen ini anda akan mendapatkan karya yang cukup simpel, sederhana dan tidak membingungkan alur ceritanya. Dikemas dengan berbeda dan diambil dari sudut pandang yang berbeda. 

Karya ini bisa menjadi tambahan koleksi bagi anda yang hobi membaca kisah cerpen. Kalau masalah pesan atau nasehat anda pasti akan mendapatkannya disini. Mau membacanya, silahkan baca cerpen berjudul terlambat.

Contoh cerpen tema pendidikan selanjutnya berjudul “buku milik dinar”. Cerpen ini menunjukkan salah satu sifat buruk pelajar yang tidak boleh ditiru yaitu kikir atau pelit kepada teman lain. Ceritanya juga cukup menarik dan bagus, anda tidak akan bosan membaca kisah yang ada dalam karya tersebut.

Demikian tadi 5 contoh cerpen yang memiliki satu tema yang sama. Mudah-mudahan berbagai karya cerpen tersebut bisa menjadi hiburan sekaligus sarana belajar dan nasehat bagi rekan semua. Dengan membaca beberapa karya di atas semoga rekan semua menjadi lebih bersemangat dalam menimba ilmu di sekolah. Selengkapnya silahkan di cerpen buku milik dinar.

Jangan lupa, lihat juga beberapa karya lain yang sudah disiapkan dibagian bawah. Untuk karya yang lebih lengkap anda bisa langsung mencarinya pada kotak penelusuran agar bisa menemukan cerpen yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Jangan lupa catat juga alamat situs ini karena di situs ini anda akan mendapatkan banyak karya terbaru setiap harinya.

Back To Top