Gadis yang Ku Kenang, Contoh Cerita Singkat

Bosan dengan cerpen yang itu-itu saja, lebih baik kita baca contoh cerita yang singkat berikut. Cerita tersebut berjudul “Gadis Yang Ku Kenang”, merupakan salah satu cerpen pendek yang mengangkat kisah kehidupan remaja yang dalam masa cinta. Masa remaja adalah masa yang paling indah, penuh warna dan penuh perjuangan, apakah kisah yang diangkat dalam cerita ini cukup menyentuh hati?

Coba kita ulas dari judulnya, “gadis yang ku kenang” sepertinya akan berkisah tentang seseorang yang menjalani kehidupan dengan perasaan yang sulit setelah ditinggal oleh sang kekasih. Ada rasa yang masih tertinggal, ada rindu yang masih terpendam dan ada bayangan yang tak pernah hilang dari angan.

Mungkin saja kisahnya demikian tapi tanpa membaca cerpennya maka kita tidak akan tahu. Ya sudah bisa ditebak kisahnya secara umum seperti apa. Tapi ini kan cerpen baru jadi tentu saja ada sesuatu yang berbeda. Apakah karya ini sama dengan karya cerpen lain yang sudah pernah kita baca?

Karya ini tentu tidak sama dengan yang lain, pasti ada perbedaan sebagai ciri dari penulis. Meski ceritanya sama sekalipun namun jika ditulis oleh orang berbeda pasti akan berbeda pula hasilnya. Sebagai contoh mengenai gaya bahasa dalam cerpen tersebut. Atau bisa juga dalam diksi, atau bisa juga dengan ciri lain yang diberikan penulis.

Pokoknya tidak akan habis jika kita tidak membacanya sendiri. Oh iya, cerita ini bisa juga digunakan untuk contoh bagi yang dapat tugas membuat cerpen sederhana. Atau bisa juga untuk bahan analisis cerpen, misalnya untuk unsur instrinsik dan ekstrinsik. Banyak deh, kita baca saja dulu ceritanya.

Gadis yang Ku Kenang
Contoh Cerita Singkat dan Sederhana

Sebut saja namaku Seli, aku adalah karyawan dari perusahaan suasta yang ada di Bekasi. Aku sedang gundah karena baru saja putus dengan kekasihku. Aku sudah menjalani hubungan tersebut selama 11 tahun. Dia pergi karena ada sebuah kesalah pahaman yang menimpa hubungan kami.

Di pagi itu ada salah seorang teman dekatku datang mengunjungiku. Kami memang sangat dekat, namu kedekatan kami hanya sebagai seorang sahabat dan tidak lebih. Di saat yang sama kekasihku datang dan temanku yang sedang mengelus rambutku.

Temanku mengelus rambutku bukan karena tanpa sebab, dia melihat kotoran dirambutku dan berusaha menghilangkanya. Namun kekasihku salah paham dan tidak mau mendengarkan penjelasanku.

Keesokan harinya kekasihku memutuskanku lewat telpon, hatiku sakit karena hubungan yang sudah kujaga selama 11 tahun harus kandas akibat kesalah pahaman.

Aku,”Kamu tolong dengerin penjelasan aku”.

Kekasihku,”Apa yang mau dijelaskan, jadi selama ini kamu dibelakang aku selingku. Aku kecewa sama kamu, padahal aku udah sangang banged sama kamu. Nyesel aku udah sayang sama kamu”.

Aku,”Kamu dengerin aku dulu dong,”
Kekasihku,”Apa yang mau di dengerin, mulai sekaran gak usah hubungin aku lagi”.

Sejak saat itu kekasihku sudah tidak bisa dihubungi lagi, tempat kosnya pindah, dan nomor ponselnyapun sudah ganti. Aku pun merasakan dilema berkepanjangan, mengapa harus setragis ini hubunganku berakhir. Malam yang tadinya indah dengan sebuah candaan dari ponsel, kini tidak ada lagi.

Usaha tersebut ku teruskan untuk mencari kekasihku yang sudah salah paham terhadapku. Aku pun membawa serta teman yang dicemburuinya untuk sama-sama menjelaskan masalah tersebut. Namun keberadaanya sulit  untuk diketahui, sudah semua temannya kutanyai namun tidak ada satupun yang mengetahui dimana kekasihku berada.

Mungkin karena kekecewaan yang begitu mendalam kepadaku membuat ini semua harus dia lakukan. Padahal terntu saja kenyataan yang dilihat tidak seperti perkiraanya, tiada maksud hati untuk menghianati. Namun sayang semua sudah terlambat, mengapa dia harus pergi sebelum kujelaskan semua yang terjadi.

Tapi tiada guna bertanya seperti itu, karena dia pun sudah terlampau kecewa, dan tidak mungkin lagi memaafkanku. Kini hanya sebuah kenangan hubungan yang sudah 11 tahun ku jalani, menyakitkan sudah pasti. Meski dia jauh aku akan selalu merindukannya dan akan membingkai semua kenangan yang pernah kujalani bersamanya.

--- oOo ---

Bagus ya, meski sederhana ternyata ceritanya menarik juga. Sedikit umum memang tapi ya dari sisi bahasa cukup menarik karena cerpennya bisa memberikan nuansa yang berbeda. Seolah pembaca bisa mengalami kejadian yang ada dalam cerpen tersebut. Deskripsi yang diberikan penulis begitu jelas.

Kita tinggalkan saja karya di atas karena masih banyak lagi karya lain yang harus kita baca. Tidak harus sih, tapi memang sayang jika kita melewatkan begitu saja berbagai kisah menarik tersebut. Dipilih, dipilih, dipilih, seperti jualan saja, pokoknya silahkan pilih saja deh cerpen lain yang akan dibaca. Dibagian bawah ada, disamping kanan situs juga ada.

Tag : Cerpen, Cinta
Back To Top