Cerita Cerpen yang Singkat, Kenangan Terindah

Cerita cerpen yang singkat adalah salah satu bacaan utama disini, dan kali ini kita akan membaca cerpen dengan tema cinta. Seperti juga dengan tema cinta lainnya, karya sederhana ini juga menggambarkan persoalan atau hal yang berhubungan dengan kisah cinta yang dialami seseorang. 


Disebut singkat karena memang ceritanya cukup pendek dan hanya fokus pada satu hal atau satu kejadian saja. Meski begitu, cerpen pendek berjudul “kenangan terindah” yang akan kita baca kali ini juga cukup menarik. 

Kisahnya diangkat dari inspirasi yang banyak terjadi dalam kehidupan asmara yang mana kadang ada suka dan kadang juga ada duka dan kesedihan. Tentu saja sesuai judul, karangan ini akan mengangkat seputar kenangan seseorang. Sebuah kenangan terindah yang mungkin saja tidak akan pernah dilupakan.

Sebuah kenangan, indah atau tidak, tentu akan memberikan rasa yang hampa. Misalnya, jika kenangan itu manis mungkin hanya akan menimbulkan rasa rindu yang dalam dan keinginan untuk mengulanginya lagi. 

Padahal, dalam situasi dan kondisi yang berbeda mungkin mustahil untuk mengulanginya. Sebaliknya, kenangan buruk, pahit dan sedih akan memberikan rasa sakit yang lebih, seolah menabur garam pada sebuah luka yang telah lama ada. 

Tapi bagaimana dengan kisah yang ada dalam cerpen ini, apakah menggambarkan hal seperti itu? Lebih jelas, dari pada penasaran, lebih baik kita nikmati karya berjudul “kenangan terindah berikut!

Kenangan Terindah

Aku pernah mempunyai pengalaman yang indah dengan seorang mantan – orang yang pernah membangkitkan semangat hidupku. Tak terkadang, aku pun sering tersenyum sendiri, ingat kenangan indah kala ku merajut mimpi dengan dirinya

Meski dia seorang mantan namun dia istimewa, ia merupakan cinta pertamaku yang pernah membuat surga untuk duniaku. Orang bilang cinta paling indah adalah cinta pertama. Bahkan banyak orang yang memang sangat sulit untuk melupakannya meski dia sudah mempunyai pasangan lain dalam hidup

Ya, ini sudah aku rasakan. Tejebak kenangan indah, aku selalu membayangkan masa lalu, meskipun masa lalu belum tentu membayangkanku dan memanggilku kembali.

Cinta pertamaku adalah Indra, dia satu kelas denganku pada waktu aku sedang duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kami sudah menjalani masa pacaran selama hampir 4 tahun, namun harus terpisah, karena kami tidak direstui oleh orang tua kami. Meski demikian aku dan Indra masih terus berhubungan namun hanya sebagai teman.

Masih teringat jelas kenangan manis ketika hujan melanda kala itu. Aku dan Indra terjebak hujan di sekolah dan hanya berdua. Awalnya kami menerima tugas dari guru kami sepulang sekolah, untuk merapihkan buku-buku yang ada di perpustakaan, dan amanat ini diberikan kepada anak-anak kelasku yang berjumlah 30 orang.

Namun setelah sepulang sekolah teman-temanku mendadak ada urusan sehingga tidak bisa merapihkan perpustakaan. Akhirnya hanya aku dan Indra yang bisa, seperti kebetulan memang tapi tentu ini diluar pengetahuan kami. Aku dan Indra pun merapikan ruang perpustakaan sampai selesai.

Setelah selesai, hujanpun  turun dan haripun sudah semakin sore, kala itu waktu menunjukan jam 16:00. Aku pun berkata,”Bagaimana ini kak, hujan”, ungkapku kepada Indra.

Indra,”Iya ni tunggu bentar ya, siapa tahu hujannya reda”.
Aku,”Ya sudah deh”.

Aku pun duduk berdua dengan Indra dibangku depan kelas sambil menunggu hujan reda. Ditengah-tengah air yang berjatuhan tiba-tiba ada sebuah petir yang menyambar, terdengar begitu keras. Aku pun kaget dan reflek langsung memeluk Indra.

Indra,”Enggak apa - apa, Hanya petir kok”.
Aku,”Aku takut”.
Indra,”Kan ada aku”.

Aku belum melepaskan pelukan tersebut, karena memang aku sangat takut dengan petir.

Hari sudah sore namun hujan belum reda juga, akhirnya aku dan Indra memutuskan untuk pulang dengan berpayungkan jaket Indra.

Indra,”Pulang aja yuk sudah sore”.
Aku,”Ayok”.
Indra,”Tenang saja ada jaket, buat payunga hehe”.

Dengan perpayungkan jaket, aku berjalan dengan Indra dan menuju pulang. Kejadian tersebutlah yang sampai sekarang masih selalu menghiasi otak dan pikiran.

Perhatian Indra yang begitu dalam, memayungiku dengan jaketnya ditengah hujan yang rintik. Selalu membuat aku seperti garam dalam air, larut dan terlena dengan kenangan bersamanya. Kini kenanganku dengan Indra hanya sebuah kenangan dan tidak akan pernah terulang kembali.

--- oOo ---

Unsur bahasa yang digunakan dalam karya di atas memang sangat sederhana. Namun demikian, karya tersebut bisa menjadi hiburan bahan bacaan kala senggang yang cukup menarik. Ini karena cerita yang diangkat tidak pasaran dan cukup segar, bahkan mungkin masih sangat jarang ditemukan dalam sebuah cerita pendek.

Dinikmati saja, masih ada banyak karya lain yang memiliki kisah cinta yang menarik. Ada kisah-kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan ada juga yang bersifat fiksi seperti dalam dongeng. 

Anda bisa mencari karya apa saja yang ingin anda baca di situs ini. Mau kisah cinta tragis ada, mau kisah cinta paling romantis ada, mau kisah pengalaman PDKT juga ada. Pokoknya silahkan cari saja cerita yang ingin anda baca melalui kotak pencarian. 

Mudah-mudahan anda bisa menemukan kisah menarik yang belum pernah dibaca sebelumnya. Kalau ada waktu, besok anda juga bisa berkunjung lagi karena esok masih ada lagi karya lain yang akan dibagikan. Itu saja, selamat menikmati kisah cinta yang ada.

Tag : Cerpen, Cinta
Back To Top