Gas Elpiji, Cerita Pengalaman Singkat dan Analisisnya

Masih lanjut dengan cerpen dari inspirasi cerita tentang pengalaman singkat, kali ini kita akan mengangkat kisah dengan topik utama “gas elpiji”. Artinya, kisah cerita yang akan kita baca kali ini berhubungan dengan hal tersebut. Kira-kira apakah ceritanya cukup menarik dan dapat menghibur kita semua?


Kisah dalam cerpen singkat kali ini mengetengahkan hal yang mungkin saja pernah kita lihat atau bahkan kita alami. Seperti kita tahu banyak sebenarnya kejadian pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan gas elpiji. 

Cerita-cerita tersebut jika diangkat menjadi cerpen pun sebenarnya cukup menarik. Paling tidak kita tidak akan bosan dengan kisah yang itu-itu saja, benar tidak? Ya, intinya kita bisa mendapatkan lebih banyak bahan bacaan, baik untuk hiburan saja maupun untuk bahan belajar, misalnya pelajaran bahasa Indonesia. 

Sekarang ini kan memang lagi masa belajar di sekolah, jadi banyak yang bisa diambil dari membaca. Kita bisa belajar mengarang, bisa belajar kosa kata, bisa belajar diksi atau pilihan kata dan sebagainya. Pokoknya, belajar sambil bermain, sambil menikmati kisah menarik bisa belajar bahasa.

Selain itu kita juga bisa mendapatkan pelajaran tentang gaya bahasa (majas) dengan membaca sebuah cerita pendek. Jadi, hiburan sekaligus menimba ilmu, belajar sambil bermain. Tidak salah bukan jika kita berbagi kisah cerita seperti ini. Makanya, sekarang karena masih santai lebih baik baca ceritanya dulu.

Gas Elpiji
Cerita Tema Pengalaman Singkat

Sebut saja namanya ibu Divia, dia adalah ibu rumah  tangga. Kesibukanya setiap hari adalah mengerjakan pekerjaan rumah dari memasak, membersihkan rumah, dan memandikan anak.

Pada suatu ketika ibu Divia sedang memasak untuk makan malam keluarganya. Disaat dia sedang menumis sayur dia mencium bau yang tidak enak.

Ibu Divia,”Bau apa ya pak”.
Suami,”Enggak tau bu,”
Ibu Divia,”Baunya kok berasal dari gas ini ya? Waduh, waduh, pak….bagaimana ini gawat, bapak…..!”

Suami,”Iya itu bu, gasnya bocor!!!!!”. Ungkap suami sembari berlari dan mematikan kompor.
Suami,”Di lepas dulu bu, ini kurang pas pasang regulatornya”.

Setelah  diperbaiki oleh suami ibu Divia, kompor gas tersebut pun dapat hidup lagi. Ibu Divia pun bisa menyelesaikan pekerjaanya.

Makan malam pun dimulai dengan semua anggota keluarga ibu Divia. Di saat ibu Divia dan keluarganya tiba-tiba ada bau yang tidak mengenakan dan begitu pekat dan berasal dagi gas elpiji tersebut.

Suami,”Buk gasnya bocor lagi apa..?”.
Ibu Divia,”Enggak tau yah,  coba lihat dulu yah bentar”.

Sang suami pun langsung menengoknya, ternyata benar bau tersebut berasal dari kebocoran tabung gas. Masih untung suami dan ibu Divia begitu sigap dalam menyikapi kebocoran tabung tersebut sehingga tidak terjadi ledakan yang timbul dari gas tersebut.

Sang suami pun menggati gas yang bocor tersebut dengan tabung cadangan persediaan ibu Divia. Begitu saat sedang memasangnya sang suami bingung karena sudah dipasang dengan benar tetapi kompor tidak bisa dinyalakan.

Suami,”Bu kompornya kok gak bisa dihidupkan”, memanggil ibu Divia yang sedang makan di ruang makan.

Ibu Divia,”kok bisa pak..?”, jawab ibu Divia sambil menghampiri suaminya.
Suami,”Iya ini gas yang tadi tak ganti dengan persediaan yang ada di gudang”.

Ibu Divia,”Oalah bapak-bapak, itukan gas kosong pak, mau sampai tahun depan yang enggak bakal hidup pak, bapak ini bagaimana sih!”.

Suami,”Maaf kan gak tau hehe, terus bagaimana ini gasnya habis..?”.
Ibu Divia,”Sudah besok pagi saja belinya”.

Ibu Divia dan suaminya pun beristirahat karena malam sudah larut. Keesokan harinya sang suami membelikan gas epiji untuk ibu Divia. Sang suami pun langsung memasang gas tersebut, dan kompos gas  tersebut pun dapat beroperasi dengan baik.

Pekerjaan ibu Divia pun dapat dilanjutkan kembali, karena tidak ada kendala lagi yang menghampiri kompor gasnya.

--- oOo ---

Nah, terkejut, tidak menyangka ceritanya demikian. Ya sudah, yang penting selain kisah yang sudah kita baca di atas masih banyak cerpen lain. Tidak usah berkecil hati, silahkan pilih cerpen dari beberapa judul yang disediakan dibagian bawah. Jadi, tidak hanya dapat satu atau dua cerpen tetapi banyak, sesuai keinginan.

Jangan lupa, sekedar mengingatkan ini ya, kalau memang rekan semua sering membutuhkan cerpen maka sebaiknya catat alamat situs ini. Situs ini khusus untuk berbagai cerpen menarik jadi anda bisa mendapatkan berbagai cerita yang anda inginkan. Setiap harinya ada cerpen terbaru yang dibagikan jadi tidak akan bosan.

Analisa Cerpen Pengalaman Gas Elpiji
Seputar Tema dan Pesan Cerpen

Sebelum kita tutup pembahasan ini mari kita lihat lebih dekat tentang isi dari kisah yang diberikan dalam cerpen di atas. Cerpen singkat yang sudah kita baca di atas adalah sebuah cerpen yang cukup sederhana. Cerpen tersebut memiliki tema pengalaman adalah guru yang terbaik. Jadi paling tidak dalam kisahnya kita bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Dari cerita di atas, kita bisa mengambil pelajaran dan pesan berharga bahwa dalam hidup seseorang hendaknya cepat dan tanggap. Untuk urusan kecil atau urusan besar, untuk kepentingan sendiri maupun orang lain sebaiknya kita selalu tanggap dan peduli akan segala sesuatu yang terjadi, apalagi sesuatu yang berkaitan dengan keamanan.

Coba bayangkan, jika saja sang suami tidak tanggap dan cekatan dalam menangani apa yang terjadi pada sebuah kompos gas maka kemungkinan kejadiannya bisa fatal. Karena itu, nasehat dari cerpen ini seolah mengingatkan benar kepada kita akan kehati-hatian dalam segala hal. Itulah sedikit yang bisa disampaikan untuk tema dan pesan dalam cerpen di atas.

Mudah-mudahan sedikit tambahan informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu kita dalam memahami inti cerita cerpen tersebut. Sekarang kita tinggalkan karya di atas, mari kita lanjutkan dengan beberapa karya lain yang sudah disediakan dibagian akhir tulisan ini. Silahkan dipilih saja mana yang paling bagus dan menarik untuk anda. 

Back To Top