DVD Player, Cerita Pengalaman Pendek dan Analisis

DVD Player, Cerita Pengalaman Pendek dan Analisis - Yang sedang mencari cerita pengalaman yang singkat bisa membaca cerpen berikut. Cerpen ini ditulis berdasarkan inspirasi dari sebuah pengalaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Meski sederhana tapi ceritanya bagus dan menghibur, cocok sekali untuk pengisi waktu luang kita. Dari pada nongkrong tidak karuan lebih baik membaca cerpen, benar tidak?

Tapi kami ingatkan bahwa kisah-kisah cerita yang ada di situs ini, termasuk cerita yang akan kita baca ini, ditulis dalam bentuk yang sangat sederhana. Jadi ceritanya disusun bukan seperti naskah cerpen karya penulis profesional, mungkin anda akan sedikit kecewa jika mengharapkan cerpen yang demikian.

Karena itulah, mohon maklum bagi anda yang ingin mencari karya – karya seperti ini. Situs ini sengaja memberikan berbagai kisah cerpen khusus yang sederhana. Yang bisa dijadikan pelajaran adalah bahwa dengan berbagai karya disini, termasuk cerpen pengalaman berikut bisa dijadikan bahan belajar untuk membuat karangan cerpen berdasarkan pengalaman.

Untuk tambahan saja, karya berikut merupakan salah satu koleksi dari cerpen dan amanatnya yang sudah banyak dibagikan. Jadi bagi anda yang membutuhkan cerita cerpen yang langsung disertai dengan amanat dan pesan moral-nya sekaligus bisa menggunakan cerpen berjudul "DVD Player" tersebut dan juga mencari yang lainnya.

Sebenarnya asyik dan menantang kok bisa menulis seperti ini. Jika pertama kali menulis cerpen mungkin akan sangat sulit tapi jika dua atau tiga kali pasti senang. Pasalnya dalam menulis cerita kita bisa jauh melampaui batas pikiran kita sendiri. Jadi ngelantur kemana-mana kan, ya sudahlah kita baca saja langsung ceritanya.

Gonta - Ganti DVD Player
Cerita tentang Pengalaman Pendek

Sebut saja namaku Amir aku adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan yang ada di Bandung. Kegiatan ku sehari-hari hanya bekerja di perusahaan tersebut. Sepulang dari perusahaan ku habiskan waktu dengan bersantai sambil melihat film melalui DVD player. Aku memang penggemar film, sudah banyak sekali film yang aku lihat, dari film barat sampai film dalam negeri.

Bila hari libur, VCD player tidak pernah aku matikan dan hari libur selalu aku habiskan untuk menonton film. Aku tidak sendiri dalam menonton film. Terkadang aku ditemani rekan pabrik dan tetangga kost.

Dahulu aku mempunyai pengalaman tidak enak dengan DVD. Dulu DVD player yang aku beli selalu mempunyai kualitas buruk.

Pada awal aku datang di Bandung dan tempat kost belum terisi sama sekali dengan perabotan. Datanglah waktu gajian, barang pertama yang aku tunjuk adalah kaset dvd.

Dengan adanya dvd aku tidak akan merasa kesepian lagi karena tinggal sendirian. Sepulang dari kerja aku meminta Firman salah satu rekan kerjaku untuk membeli dvd di toko elektronik.

”Firman ikut aku ya, beli dvd di toko, ajak ku kepada Firman
”Dimana jauh enggak”, jawab Firman tak memberikan penolakan
Enggak jauh kok”, ucapku meyakinkannya
Ya sudah, aku ikut, jawabnya lagi

Aku pun berangkat pergi menuju toko tersebut dengan ditemani Firman. Sesampainya aku di toko tersebut aku mulai memilih dvd yang memang tepat.

”Cari apa mas..?”, sapa penjaga toko dengan ramah
”Cari dvd yang bagus pak”, jawabku singkat

"Oooo ini mas dvd keluaran baru bagus, mereknya A", ucap penjaga toko sambil menunjuk ke salah satu dvd player. ”Bisa dicoba enggak pak”, ucapku lagi. ”Iya bisa”, jawabnya sambil mengambil barang yang dimaksud.

Penjaga toko tersebut pun memasang satu persatu kabel yang ada di dvd tersebut dan menghidupkannya.

Kemudian sang penjaga toko pun bertanya padaku,”Bagaimana mas bagus tidak?”, ucapnya. Tentu saja aku heran, "yang punya barang dia, kok tanya ke saya, dasar kura-kura dalam perahu", pikirku sedikit kesal. Aku pun kemudian menjawab singkat,”ya sudah, tolong dibungkus ya”, ucapku padanya.

“Mudah-mudahan ini bagus, harganya juga mahal”, pikirku dalam hati. Aku pun pulang dengan membawa dvd merek A tersebut. Sesampainya di rumah, aku mulai menghidupkannya dan melihat film kesayangan. Aku cukup senang karena ini merupakan dvd yang bagus. Suara yang dihasilkan dari dvd tersebut juga lumayan dan menambah semangat menonton film.

Setelah penggunaan selama 1 minggu dvd tersebut rusak. Aku tidak mengetahui penyebab dvd merek A tersebut rusak. Aku hanya melihat asap yang begitu pekat yang keluar dari dvd merek A tersebut, “wow, apa kok ada asap seperti mau keluar jin saja”, ucapku ketus/

DVD Player itu pun tentu rusak setelah terbakar didalamnya. Karena sudah rusak aku pun membuangnya tanpa aku perbaiki terlebih dahulu, karena dari pada memperbaiki lebih baik membeli yang baru.



Keesokan harinya aku membeli dvd lagi dengan merek B namun di tempat yang berbeda. Untuk yang ini aku membeli yang murah. 

Tapi ternyata tidak jauh berbeda dengan dvd merek A, merek B ini juga bagus ketika pertama dicek. Namun pemakaian dvd ini hanya bertahan 2 minggu saja. Sediki kesal memang karena dua kali membeli dvd namun kualitasnya jelek.

Pada bulan berikutnya aku membeli lagi sebuah dvd karena memang dvd merek B sudah rusak. Aku membeli di toko yang berbeda dari sebelumnya. 

Sesampainya di toko aku ditawari dvd merek C. Aku sedikit ragu, mengingat sudah dua kali aku membeli dvd namun kualitasnya sama saja. Namun karena aku penasaran, aku pun membelinya setelah dicoba terlebih dahulu oleh pemilik tokonya.

DVD merek C ini berbeda dengan dvd merek A dan B. DVD merek C ini lebih bagus kualitasnya dari pada dvd A dan B, “ternyata kualitas tidak bisa ditentukan oleh merk dan juga harga, seperti kualitas seseorang yang tak dapat diukur semata dari kekayaan atau pun status pendidikan”. 

Yang jelas, kini hobi menonton film ku bisa terpuaskan setelah mengalami kejadian tidak mengenakan dalam membeli dvd.

--- oOo ---

Bagus tidak ceritanya, jelek ya? Tidak apa-apa sih, bagus atau tidak yang namanya karya kan harus dihargai, bayangkan saja jika itu adalah hasil karya tangan kita sendiri. Ya paling tidak karya tersebut bisa menjadi hiburan dan tambahan bahan bacaan kita. Tidak usah pusing mengenai jalan cerita singkat yang diberikan.

Analisa Cerpen Gonta - Ganti DVD Player
Analisis Cerpen dan Amanatnya

Sebelum kita lanjut ke karya berikutnya mari kita bahas sedikit mengenai pesan moral dan tema yang ada dalam cerpen di atas. Tema untuk cerpen di atas adalah mengenai kehidupan sehari-hari, yaitu tentang kualitas sebuah produk atau barang yang tidak bisa diukur hanya dari harganya saja. Gambaran tentang tema ini sangat jelas terlihat di seluruh alur cerita cerpen.

Secara keseluruhan, kisah yang muat mengangkat satu masalah di mana tokoh utama mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan dvd player yang ia beli. Sang tokoh membeli dvd player yang tidak sesuai harapan baik itu ketika ia memilih yang harganya mahal maupun yang murah.

Dari kenyataan yang diceritakan tersebut seolah penulis ingin memberikan pesan bahwa suatu barang memang tidak bisa hanya diukur dari harganya saja. Dibuktikan, ketika sang tokoh utama membeli barang yang harganya mahal, ternyata kualitasnya pun tidak memuaskan. Demikian juga ketika ia membeli dvd plater murah, hasilnya sama saja mengecewakan.

Lebih jauh dari itu, penulis seolah juga menunjukkan bahwa kualitas tidak bisa diukur dengan merek. Kualitas baik itu barang maupun kualitas hidup seseorang hanya bisa diukur dengan kemampuan yang ada didalamnya.

Pesan moral dari cerpen di atas sendiri bisa dilihat dari tema yang diusung. Pesan yang dapat dilihat yaitu hendaknya kita tidak mengukur kualitas sesuatu hanya dari satu sisi saja. Ada banyak hal yang menentukan sebuah kualitas baik dan buruk.

Untuk barang, seperti dvd player misalnya, kualitasnya bisa dilihat dari daya tahan, kemampuan mesin, fitur dan sebagainya. Itulah sedikit analisa cerpen tentang unsur intrinsik khususnya mengenai tema yang ada dalam sebuah cerita cerpen. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi rekan pembaca semua.

Kurang mantap rasanya jika hanya menghabiskan satu cerita saja, lebih baik kita cari lagi cerita lain yang lebih menarik dengan cerita di atas. Kan sudah banyak disediakan kisah-kisah lainnya, dibagian bawah juga sudah ada satu dua judul yang disertakan. Rekan semua bisa memilih-milih mana saja cerita yang menurut anda bagus.

Ingat ya, besok juga masih ada banyak karya lain yang akan dibagikan. Setiap hari paling tidak ada satu karya terbaik yang akan diberikan. Jangan dilewatkan ya! Sekarang silahkan dilanjutkan lebih dulu untuk membaca cerpen lainnya. Mudah-mudahan anda berkenan dengan berbagai kisah menarik yang sudah diberikan.

Back To Top