Contoh Cerpen tentang Kisah Hidup, Si Pengobral Harta

Contoh Cerpen tentang Kisah Hidup, Si Pengobral Harta - Cerpen berjudul “si pengobral harta” berikut ini merupakan cerpen yang memuat kisah inspiratif, sebuah kisah hidup seseorang yang begitu dermawan dengan harta yang dimiliki. Di balik kisah kedermawanan tersebut tersembunyi kisah yang begitu mengagumkan. Ingin tahu bagaimana cerita selengkapnya?

Tidak akan diceritakan lebih jauh tentang isi dari cerpen ini. Anda bisa langsung membacanya sendiri jika memang berkenan. Tapi, sebagai gambaran, cerpen ini memang salah satu cerpen yang cukup menarik. Di dalamnya terdapat cerita yang bukan hanya menghibur tetapi juga bisa memberikan inspirasi, motivasi dan juga renungan.

Karya cerpen singkat ini ditulis dengan bahasa yang sederhana yaitu bahasa sehari-hari. Alur cerita yang digunakan adalah alur mundur dimana kisah diawali dengan pencapaian akhir pada waktu sekarang kemudian diikuti dengan kilas balik perjalanan hidup sang tokoh utama.

Dalam cerpen ini ada dua tokoh yang diperankan, pertama yaitu tokoh utama yang bernama Pariman. Ia adalah seseorang yang memiliki banyak harta karena sifat dermawan yang ia miliki sejak kecil. Sedangkan tokoh kedua bernama Boymin merupakan gambaran masa kecil sang tokoh utama yaitu pemuda yatim piatu yang tak punya apa-apa. Bagaimana cerita selengkapnya silahkan baca berikut!

Si Pengobral Harta
Cerpen Kisah Hidup Oleh Irma

Panas terik melelehkan keringat di tubuhnya, Pariman masih saja sibuk membagi-bagikan bingkisan untuk mereka yang ia temui dijalan, anak jalanan, kaum miskin, pedagang keliling dan banyak lagi orang-orang kekurangan lain yang ia beri bingkisan itu.

Dari pagi buta ia menyusuri jalanan ibu kota itu dengan membaca gerobak sampah yang dalamnya telah dibersihkan. Ia menyulap gerobak itu sebagai kendaraan untuk menghantarkan sebagian rejeki yang ia dapat untuk orang lain yang membutuhkan. Semua ia lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Setiap hari ada saja rejeki yang ia dapat, tapi hanya sedikit sekali ia gunakan rejeki itu untuk dirinya sendiri, hanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari untuk keluarganya. Hartanya tak berkurang, meski hampir setiap minggu ia turun ke jalan untuk berbagi bingkisan.

Seperti yang dibagikan kali ini, bingkisan itu memang kecil tetapi bagi yang diberi bingkisan itu pasti akan sangat bersyukur karena didalamnya ada pemberian yang sangat bermanfaat. Hidup Pariman memang dikaruniai dengan begitu banyak keindahan, kemudahan dan kenikmatan.

Selain harta yang cukup, ia juga memiliki istri yang begitu baik, sabar dan pandai. Dia juga dikaruniai dua anak yang pandai dan soleh.

Hari sudah mulai sore ketika Pariman merasa lelah, akhirnya ia duduk di sebuah bangku taman di pinggiran kota. Tiba-tiba datang seorang pemuda menghampirinya, “bapak yang membagikan bingkisan tadi ya”, tanya pemuda itu.

“Iya Nak, ada apa ya?”, ucap Pariman sedikit heran. “Tidak apa-apa pak, saya hanya ingin berkenalan dengan bapak, dan ingin belajar banyak dari bapak”, ucap pemuda itu.
“Saya orang biasa Nak, tidak punya ilmu apapun untuk dipelajari”, ucap Pariman
“Tidak Pak, bagi saya bapak orang hebat dan saya harus belajar dari bapak, saya ingin hidup seperti bapak”, ucap pemuda itu lagi.

Pariman hanya tersenyum, sejurus kemudian ia menanyakan nama pemuda itu. “Nama kamu siapa nak, kamu tinggal dimana?”, tanya Pariman.
“Saya Boymin pak, sering dipanggil Boy, saya tinggal sebatang kara, di bawah jembatan tugu”, ucap anak itu memperkenalkan diri.

Pariman tampak tertegun mendengar perkenalan dari pemuda itu. Ia kemudian ingat kehidupannya dulu yang dipandang orang begitu sulit sampai akhirnya bisa seperti sekarang. “Bapak dulu juga sebatang kara Nak… tidak perlu berkecil hati”, ucap Pariman

Tampak Boymin kaget mendengar hal itu, ia lantas menanyakan bagaimana seorang anak yatim piatu bisa menjadi sukses seperti sekarang ini. Ia pun bertanya dan mencari tahu bagaimana kisah hidup Pariman sampai seperti sekarang ini.

“Perjalanan hidup bapak panjang nak”, ucap Pariman mulai berkisah, “bapak ditinggal orang tua sejak kecil tapi memang keajaiban Alloh memberikan ketabahan dan pengetahuan pada bapak. Sejak kecil bapak sudah sangat senang berbagi dan entah dari mana datangnya bapak selalu memiliki sesuatu untuk bapak bagikan dengan orang lain”, ucap Pariman.

Begitulah, Boymin mendapatkan pengalaman yang begitu berharga dari perjalanan panjang yang dilalui Pariman. Sekarang ia tahu bagaimana Pariman yang sedang duduk disampingnya itu bisa memiliki harta yang berlimpah.

“Apapun yang berharga dalam hidup bapak telah bapak bagi dengan orang lain, termasuk harta, hingga kini bapak kesulitan menghabiskan harta milik bapak”, Boymin benar-benar kagum mendengar perkataan Pariman tersebut.

Pariman menjadi dermawan sejak ia kecil, kala itu Pariman dengan senang hati memberikan mainan kesayangannya kepada anak tetangga yang menangis ingin mainan baru. Dari situlah akhirnya semua kebutuhan dan keinginan Pariman selalu terwujud.

Mulanya harta datang dari tangan orang lain namun seiring waktu, ketika Pariman sudah mulai dewasa harta pun datang dari kerja keras yang ia lakukan. Sama sekali ia tak pernah ingin menyimpan atau menumpuk harta tapi harta yang ia miliki tak pernah habis ia gunakan.

Sekarang Pariman memiliki banyak usaha, dan semua usaha tersebut dikelola oleh orang lain, “kalau kamu mau, kamu juga boleh mengelola usaha bapak, syaratnya hanya satu yaitu kamu harus taat agama”, ucap Pariman kepada Boy.

“Saya mau sekali pak, tapi apa saja pantas dan saya mampu?”, ucap Boy ragu. “Semua pasti mampu, semua pasti pantas dengan izin Alloh”, ucap Pariman. “Kalau kamu terbiasa menanam kebaikan maka Alloh akan mempermudah jalan kamu nak”, ucapnya lagi.

“Lalu, sekarang kegiatan bapak apa?”, tanya Boymin penasaran. “Sekarang, pekerjaan bapak hanya membagikan harta titipan Alloh tersebut kepada orang lain yang membutuhkan”, ucapnya.

“Mustahil, apakah ini nyata, apakah ada orang seperti ini yang benar-benar bisa kaya”, gumam Boymin dalam hati. Seperti mengetahui apa yang ada di benak Boy, Pariman pun berkata, “kalau seluruh hidupmu kamu berikan untuk Alloh maka Alloh akan mencukupi semua yang kamu butuhkan, tidak peduli bagaimana caranya, ingat itu nak”, ucap Pariman lagi.

Bukan hanya menjadi inspirasi, kisah hidup Pariman yang langsung ia dengar sendiri telah membuat hidup Boymin berubah. Dalam sekejab tertanam keimanan yang begitu kuat dalam diri Boymin.

--- Tamat ---

Back To Top