Contoh Cerita Pendek Menarik dan Analisis

Contoh cerita pendek menarik dan analisis akan menjadi tambahan lagi untuk karya-karya cerpen terdahulu. Cerita yang hadir dalam cerpen ini juga cukup menarik dan belum pernah diangkat sebelumnya. Anda suka baca cerpen dan ingin mendapatkan cerita terbaru, pastikan anda mengikuti kisah ini sampai habis.


Supaya tidak penasaran, cerita yang akan anda baca nanti berjudul “ganteng tapi lebai”. Mungkin dari judulnya anda bisa menebak seperti apa kisah selengkapnya. Tapi jangan salah, kisah ini adalah sebuah kisah tentang seorang mahasiswa yang bernama Indah. 

Jadi bukan bercerita tentang seorang lelaki tampan yang lebai ya. Memang sih, ada kaitannya tapi cerita ini mengambil sudut pandang yang berbeda dimana karakter atau tokoh utamanya adalah seorang wanita. 

Ingat ya, cerita ini masuk dalam kategori yang bertema cinta. Jadi tidak akan membosankan jika anda mengikutinya. Sebagai tambahan, karya cerita pendek yang akan kita baca ini nanti juga sekalian akan dilengkapi dengan sedikit analisa. 

Kami akan memberikan sedikit analisis untuk unsur intrinsik cerpen. Mungkin tidak semua unsur tapi paling tidak akan kita bahas seputar tema atau pesan moral yang ada dalam cerpen ini. Tapi sebelum itu silahkan baca dulu cerpen tersebut.

Ganteng Tapi Lebai
Cerita Pendek yang Menarik

Namaku Indah, aku adalah seorang mahasiswa di kampus swasta yang ada di Jogjakarta. Belum lama ini aku mengalami kisah yang membuatku jijik bila mengingatnya. Pasalnya aku sudah jatuh cinta dan simpatik kepada seseorang, namun seseorang tersebut membuatku illfeel.

Cerita ini bermula ketika aku baru saja mendapat kenalan di media sosial. Aku berkenalan dengan seorang pemuda gandeng, gagah dan pokoknya perfek. Dan bila dilihat dari tata bahasa smsnya menurutku pemuda tersebut adalah tipe-tipe pemuda yang cool. Aku bisa menilai demikian karena didalam sms pemuda tersebut mengirim pesan seperlunya saja, tanpa banyak bosa-basi.

Namun meski demikian dia tetap asik untuk lawan chat, dan sangat mengerti lawan Chatting-nya. Bahkan walau belum pernah bertemu aku sudah seiring curhat dengannya.

Menurutku dia adalah teman curhat yang paling menyenangkan karena bisa mengerti benar apa yang sedang aku alami.
Pada minggu siang aku memutuskan untuk mengajaknya ketemuan untuk yang pertama kali.

Aku,”Ren, ketemuan yok hari ini”, pesan melalui medsos.
Rendi,”Ayuk dimana?”.
Aku,”Di rumah makan deket taman kota aja”.
Rendi,”Oke, sampai ketemu ya”.

Aku bersiap-siap untuk kemudian bertemu dengan pemuda tersebut. Setelah siap aku pun berangkat menemuinya. Setelah sampai di rumah makan aku pun kembali mengirim pesan kepada pemuda tersebut,”Ren kamu dimana ?, pakai baju apa ?.

Rendi membalas,”Di sini, di deket tangga, aku pakai baju warna ping”.

Dari situ aku kager dan berkata dalam hati,”Cowok kok pake baju pink sih”, namun aku menepis anggapan tersebut dengan anggapan,”Mungkin warna pink-nya sebagai variasi dan tidak sepenuhnya pink, bisa saja campur putih, atau campur hitam”. Aku pun melanjutkan jalanku menemui pemuda tersebut.

Setelah aku masuk aku melihat ada pemuda di dekat tangga, namun anggapan tepisan ku salah, ternyata pemuda tersebut memang menggunakan baju polos berwarna pink. Aku pun mendekatinya dan berkata,”Rendi ya”. Sambil melihat wajahnya dan berkata dalam hati,”Ganteng juga ini cowok”.

Pemuda tersebut berkata,”Iya cyin, silahkan duduk”.

Aku pun kaget dan terkesima ketika pemuda tersebut mengucapkan kata, “cyin”, lengkap dengan gaya kemayunya. Aku merasa ini bukanlah Rendi yang aku kenal dimedia sosial, karena Rendi yang aku kenal dimedia sosial kelihatanya cool tidak kemayu seperti dia.

Namun aku juga salah kenapa dari awal aku tidak pernah menelfonnya, dengan menelfonnya kan aku bisa tahu suaranya. Akhirnya dengan terpaksa aku pun kencan dengan seorang pemuda kemayu yang lengkap dengan ekpresi lebaynya.

--- oOo ---

Sudah baca cerpen di atas? Kalau sudah tidak perlu terburu-buru, masih ada banyak lagi karya menarik lain yang bisa dinikmati. Yang ini bukan satu-satunya kisah yang cukup bagus karena di sini masih banyak cerita lain yang cukup segar dan baru. Anda bisa membaca beberapa pilihan judul cerpen yang ada dibagian bawah.

Atau, jika masih ada waktu luang anda juga bisa mencari tema-tema lain yang belum pernah anda baca. Setelah itu jangan lupa juga untuk mengikuti sedikit analisa yang akan diberikan dibagian berikutnya. Berikut akan dibahas juga sedikit gambaran mengenai inti pesan yang ingin disampaikan oleh penulisnya.

Analisis Cerpen Ganteng Tapi Lebai
Analisa Tema dan Pesan Moral Cerpen

Kalau bicara soal tema, sepertinya jelas bahwa tema untuk cerpen ini adalah tema cinta remaja. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan cerita yang mengisahkan proses perkenalan antara dua pemuda yang dihiasi dengan kata-kata seputar itu. Pertama misalnya ada kekaguman akan tampang sang cowok yang cukup menawan.

Berikutnya, dibagian akhir juga ada kalimat yang jelas sekali bahwa sebenarnya apa yang mereka lakukan adalah usaha mencari cinta, “… aku pun kencan dengan seorang pemuda kemayu …”. Lalu pesan apa yang bisa didapat dari karya di atas?

Pesan yang bisa didapat salah satunya adalah bahwa sebagai seorang lelaki hendaknya bersikap dan bertingkah laku yang sesuai. Ingat, tidak baik seorang lelaki bertingkah lebai dan alai seperti seorang wanita, baik dari pakaian maupun perilaku. Seorang lelaki hendaknya gagah dan berwibawa.

Lelaki adalah seorang pemimpin, maka tentu saja pada setiap tingkah dan laku harus mencerminkan perilaku seorang pemimpin. Sebaliknya, seorang wanita tentu juga bisa berperilaku yang sesuai. Dan, kalau dilihat dari kisah di atas, dua orang tersebut belum begitu mengenal satu sama lain, jadi sebaiknya tidak berprasangka buruk.

Demikianlah sedikit analisa untuk tema dan pesan moral yang dapat dilihat dari karya di atas. Sebagai pembaca, anda juga bisa memberikan analisis sendiri mengenai karya tersebut. Pendapat anda tentu saja bisa berbeda dengan pendapat kami, begitulah yang namanya apresiasi karya sastra.

Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan berkenan di hati pembaca semua. Jangan lupa setelah ini baca juga beberapa karya lain yang sudah disiapkan untuk anda semua. Silahkan pilih yang bagus di bagian bawah, atau anda bisa mencari judul cerpen menarik dengan menggunakan penelusuran situs. 

Back To Top