Contoh Cerita Cerpen yang Pendek dan Menarik

Berikut contoh cerita cerpen yang pendek dan menarik untuk anda. Kalau mencari cerpen di internet kadang kita sedikit sulit karena tidak diberikan pilihan yang sesuai. Karena itu kali ini kita siapkan 5 cerpen pendek pilihan yang cerita-cerita di dalamnya cukup menarik dan menghibur. Beberapa cerpen ini dipilih khusus untuk anda yang gemar membaca cerpen dan sering berkunjung ke situs ini.

Cerpen yang Pendek dan Menarik

Karya cerpen yang kita pilih kali ini memiliki dua ciri karakteristik, yang pertama yaitu dari sisi panjang ceritanya dan yang kedua dari alur cerita yang ada didalamnya. Pertama, cerpen yang ada di bawah ini semuanya masuk dalam kategori singkat. Beberapa diantaranya yaitu:

1) Kepala menggantung di sudut kelambu
2) Cinta menghancurkan persahabatan
3) Sepiring nasi dan segelas teh
4) Anak tetangga yang cantik
5) Kisah si Eka

Cerpen-cerpen tersebut semua bisa anda selesaikan dalam sekali baca saja. Cerpen yang bisa anda baca kurang lebih hanya terdiri dari lima ratus kata atau kurang lebih antara satu sampai satu setengah halaman kertas folio. Kedua, cerpen yang akan kita baca berikut ini memiliki cerita-cerita yang cukup menarik dan menghibur. Sebut saja misalnya cerita rebutan cowok.

Bisa tahu menarik dan tidaknya dari mana? Ya, kriteria ini didasarkan pada jumlah pembaca yang sudah membaca karya-karya cerpen tersebut. Jadi, berdasarkan alur ceritanya, lima cerita berikut termasuk yang paling sering dibaca oleh pembaca cerpen.

Meski di pilih berdasarkan kriteria di atas, namun tentu saja mungkin masih ada karya yang menurut anda kurang pas atau kurang cocok seperti yang diinginkan. Maka dari itu kami tak lupa mohon maaf jika nanti masih ada karya yang mungkin lebih panjang dari perkiraan atau ceritanya kurang begitu berkenan.

Sebagai pengganti, dibagian akhir pembahasan akan diberikan juga beberapa rekomendasi judul cerpen lain yang bisa anda baca juga. 

Jadi, intinya kami berharap beberapa karya yang dihadirkan tersebut ada salah satu yang benar-benar sesuai dengan apa yang sedang anda cari di internet. Sekarang mari kita bahas satu persatu karya cerpen singkat dan menarik tersebut.

Cerpen berjudul “aku harus pergi” berikut ini adalah sebuah cerpen cinta sedih. Cerpen ini mengisahkan seorang kekasih yang akhirnya harus mengalah dan mengorbankan rasa cintanya demi kebaikan dan kebahagiaan wanita pujaan hatinya. 

Perasaan cinta yang begitu besar harus ia tekan sekuat mungkin demi untuk masa depan kekasihnya yang lebih panjang. Lalu, harus pergi kemanakah kekasih tersebut? Kenapa ia harus pergi meninggalkan sang kekasih hatinya, apakah yang terjadi? 

Tentu saja ada banyak pertanyaan yang membuat kita penasaran terhadap kisah atau cerita dalam cerpen tersebut. Karena seperti kita tahu, cinta yang tulus dan suci kan memang sudah seharusnya diperjuangkan, benar bukan?

Jelas, ada sesuatu yang sangat besar terjadi diantara mereka. Bisa saja karena ketidakmampuan, rasa rendah diri atau mungkin karena masalah lain. 

Atau, apa mungkin salah satu dari mereka merasa tidak pantas untuk mendampingi kekasihnya? Ah, membaca judul cerpen ini tentu saja kita hanya berandai-andai saja. Makanya lebih baik kita baca sendiri cerpen tersebut.

Kisah kedua ini juga hampir sama dengan kisah di atas, sebuah cerpen cinta sedih yang cukup singkat untuk dibaca. Cerpen yang satu ini – seperti terlihat pada judul – mengisahkan tentang bunga mawar pemberian dari sang kekasih. 

Bunga mawar seperti apa yang diberikan, kenapa terlihat begitu berharga? Pemberian dari seorang kekasih tentu saja sangat berharga bahkan meski hanya sesuatu yang harganya murah sekalipun. 

Namun begitu, dari judul cerpen ini dapat ditebak bahwa mawar yang diberikan tersebut tentu memiliki arti lebih dalam dari yang bisa kita bayangkan, benar tidak? Ya, nyatanya memang demikian, apalagi jika mawar tersebut dikaitkan dengan kepergian seorang kekasih yang kita cintai.

Cerpen pendek kedua ini juga mengisahkan kisah cinta yang sedih karena berakhir dengan tragis. Didalamnya dikisahkan seorang wanita yang hanya bisa mengenang bunga terakhir pemberian sang belahan hatinya. 

Apakah yang sebenarnya terjadi, apakah kekasihnya pergi meninggalkan dia karena wanita lain atau seperti apa? Temukan saja jawabannya dengan langsung membaca cerpen berjudul “mawar pemberianmu” tersebut.

Masih dengan kisah cinta, cerpen berjudul “waktu untukmu” ini menawarkan kisah yang sedikit berbeda dari yang biasa kita baca. Cerpen ini menceritakan sebuah perjalanan cinta seseorang yang mencintai gadis yang bahkan tidak dikenalnya.

Sedih juga memang, dalam cerita ini digambarkan betapa besar pengorbanan waktu yang lelaki itu berikan hanya untuk mengagumi dan memendam rasa kepada seseorang yang sama sekali tidak ia kenal, bahkan nama pun tidak tahu. Menyedihkan memang tetapi sisi penceritaan dalam cerpen tersebut memang berbeda dari yang lain.

Di dalam cerpen ini anda bisa ikut merasakan kesepian, kesedihan dan perasaan tidak menentu yang dirasakan oleh sang tokoh utama. Penggambaran kejadian yang begitu detail dan didukung dengan kalimat-kalimat sederhana membuat pembaca akan lebih mudah mengikuti alur kisah dalam cerpen tersebut.

Karya ke empat ini menjadi salah satu karya yang paling pendek jika dilihat dari sisi alur ceritanya. Dalam cerpen berjudul “memacu waktu” berikut anda akan menikmati sebuah kisah asmara yang lebih dewasa lagi dengan permasalahan yang lebih serius dan lebih rumit. 

Bukan hanya itu, melalui kisah tersebut anda akan mengetahui bagaimana beban berat sebuah komitmen harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Ada sisi nasehat dan juga pesan moral yang terkandung dalam kisah tersebut. 

Pertama mengenai pentingnya mempersiapkan diri untuk membangun masa depan dengan seseorang yang anda inginkan. Yang kedua, ada pesan bahwa sebaiknya kita memang tidak memaksakan sesuatu yang diluar batas kemampuan kita.

Sesuatu yang dipaksakan, meski niatnya bagus dan mulai, tetap saja bisa menghancurkan apa yang sebelumnya telah dibangun. Selain itu, cerita tersebut juga bisa menjadi bahan contoh, kajian dan renungan diri kita masing-masing berkaitan dengan kasih sayang kita kepada pasangan. Bagus dan menarik pokoknya, silahkan dibaca sendiri ya.

Dari segi cerita, karya berjudul “telepon salah sambung” berikut ini memang kurang memiliki nuansa ketegangan seperti beberapa karya sebelumnya. Karya ini dipilih karena susunan kalimat dan diksi yang digunakan dalam cerita begitu sederhana dan mudah dimengerti.

Membaca cerpen yang satu ini, anda akan merasakan sesuatu yang mengalir alami tanpa banyak menemukan sisi yang dibuat-buat. Tidak begitu banyak kejutan yang bisa didapat dari alur ceritanya, namun begitu nuansa hiburan dan estetis akan anda rasakan dari kalimat-kalimat dalam cerita tersebut.

Cerpen pendek tersebut bisa menjadi salah satu referensi khususnya bagi anda yang ingin mencari cerita-cerita yang sederhana dan tidak begitu rumit alurnya. Tentu saja, dengan tambahan karya ini maka koleksi contoh cerpen pendek yang bisa kita baca semakin beragam. Mudah-mudahan bisa berkenan di hati anda semua.

Terakhir, untuk menutup pembahasan ini, bagi anda yang tidak menemukan cerpen yang benar-benar sesuai kami mohon maaf. Sebagai gantinya, anda bisa melihat beberapa cerpen lain yang judul-judulnya sudah disiapkan dibagian bawah. Anda bisa mencari dari tambahan tersebut, siapa tahu ada yang cocok. Itu saja, terima kasih atas waktunya, selamat menikmati kisah di atas, salam!

Back To Top