Spare Part Mobil - Cerpen Singkat tentang Pelajar

Sebagai sarana belajar khususnya untuk para pelajar, berikut ini akan kita baca bersama sebuah cerpen singkat pelajar yang berjudul "Sparepart Mobil", sedikit aneh ya? Memang kalau dilihat dari judulnya seperti bukan cerpen tetapi sebenarnya adalah cerpen sederhana.



Cerpen tersebut mengisahkan kehidupan pelajar dalam menjalankan berbagai tugas-tugas belajar yang diberikan oleh para guru. Kalau dilihat dari judulnya, maka bisa ditebak bahwa kisah tersebut adalah seputar murid atau pelajar sekolah kejuruan atau otomotif.


Ceritanya, para pelajar di sebuah sekolah ditugaskan untuk mengisi liburan dengan mencari dan mempelajari berbagai jenis peralatan atau suku cadang mobil yang biasa dikenal dengan sparepart. Tentu saja ada sesuatu yang lebih dari pada kegiatan belajar, di sana juga ada kompetisi antar siswa.

Jika dikatakan sebagai cerpen pendek, karangan tersebut memang sangat sederhana, tetapi bagi para pelajar bisa menjadi tambahan informasi serta contoh untuk belajar membuat sebuah cerita pendek. Meski tidak begitu terlihat seperti karya lain namun ceritanya bagus dan menghibur.

Ya, tentu saja bagus dan tidak itu akan sangat tergantung pada siapa yang menikmati. Kalau kalangan pecinta karya sastra mungkin saja tidak akan mendapatkan kesan apa-apa dari karya tersebut. Namun untuk sarana belajar tentu saja karangan tersebut bermanfaat. Sekarang lebih baik kita baca saja cerita cerpen tentang pelajar tersebut.

Spare Part Mobil
Cerpen Oleh Mandes

Suasana kelas begitu riuh, masing-masing siswa sibuk berbicara dengan teman se-bangkunya, mereka tak sabar menantikan tugas apa yang akan diberikan untuk mengisi libur cuti bersama minggu depan. 

Ada yang saling berbisik dan bahkan ada yang berbicara sangat keras memecah suasana yang sudah gaduh. Dibagian depan, tampak beberapa pengurus kelas sedang berdiskusi di dekat meja guru, ada ketua kelas dan lainnya.

Murid wanita pun sepertinya tak mau kalah, mereka berkelompok sendiri-sendiri membicarakan hal entah apa. Aku sedari tadi hanya terdiam sambil sesekali berbicara dengan teman sebangku. Aku memang tidak begitu berminat bergerombol seperti mereka, aku lebih suka duduk dan memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca buku.

Meski sudah jam terakhir tapi seperti biasa, aku masih menyelesaikan beberapa buku yang aku pinjam dari perpus. Sampai akhirnya, guru yang sedari tadi kami nanti pun datang.

“Selamat siang anak-anak…”
“Selama t siang pak….”
“Hari ini hari terakhir kita sebelum libur beberapa hari ke depan, hari ini bapak tidak akan memberikan banyak materi, kita hanya akan membahas beberapa permasalahan yang kemari muncul saat praktis di bengkel.”

“Bagaimana dengan tugas liburannya pak, biasanya kita selalu ada tugas, untuk kali ini tidak ya pak?”
“Oh iya, ada tugas untuk liburan kalian, libur besok bapak tugaskan kalian untuk membuat daftar berbagai jenis sparepart mobil, lengkap dengan fungsinya juga.”
“Waktunya lubur pak, tugas lagi, tugas lagi…”

“Iya tenang, tugas ini tidak wajib, kalian yang tidak mau mengerjakan bisa menikmati liburan…”
“Asyik……”

“Tapi…. Akan ada hadiah dan apresiasi bagi kalian yang mau meluangkan sedikit waktu liburannya untuk mengerjakan tugas tersebut. Kalian yang mengerjakan tugas ini akan bapak beri bonus nilai dan dapat mengikuti seleksi untuk lomba tingkat nasional bulan depan. Hadiah lomba adalah motor baru dari sponsor…”

Seketika itu pula suasana kelas menjadi sangat gaduh, anak-anak yang tadinya semangat untuk tidak mengerjakan tugas yang diberikan bapak guru tersebut pun mulai kasak-kusuk. Sepertinya mereka pun berminat untuk mendapatkan nilai tambahan dan untuk ikut seleksi lomba. Aku pun begitu, “aku harus ikut”, tekad ku dalam hati.

Beberapa hari berlalu dan liburan pun tiba, aku tidak mau kehilangan waktu, aku langsung mulai mengerjakan tugas yang diberikan. Aku mulai mencari berbagai nama alat mobil yang diminta. 

Pertama aku mencari-cari informasi tentang spare part mobil bekas, aku mencoba datang ke beberapa bengkel di sekitar rumah dan mohon izin untuk melihat-lihat berbagai onderdil mobil yang sudah tidak terpakai. 

Setiap menemukan spare part baru aku langsung mencatatnya, bahkan kadang aku langsung bertanya ke teknisi bengkel tentang fungsi dari alat tersebut.

Ternyata, ada banyak alat mobil yang fungsinya sangat penting. Di hari pertama aku bisa mengumulkan banyak nama spare part. Pada hari kedua aku mulai mempelajari berbagai fungsi dan kegunaan barang-barang tersebut.

Di hari itu aku pun mulai mencari tahu mengenai perbedaan antara jenis atau merek mobil dengan spare part yang digunakan. Saat itu aku mendapatkan beberapa informasi misalnya mulai dari spare part mobil toyota, spare part mobil suzuki dan juga spare part mobil daihatsu.

Malamnya aku kembali melanjutkan tugas ku itu dengan mencari informasi lain mengenai spare part mobil terkenal lain. Aku mulai menggunakan internet untuk mencari info tentang spare part mobil avanza, spare part mobil mitsubishi dan juga spare part mobil honda. Tak lupa aku pun mencari gambaran mengenai daftar harga spare part mobil yang ada di internet.

Akhirnya, dalam tugas itu aku membuat sebuah daftar yang tidak lebih dari 3 lembar kertas. Di dalamnya juga aku tulis beberapa informasi penting yang aku dapatkan. Tak lupa aku juga membaca kembali dan mencoba memahami berbagai jenis suku cadang kendaraan roda empat tersebut.

Liburan pun usai, kegiatan belajar mengajar pun sudah dimulai seperti biasa sampai pada akhirnya kami ditanya mengenai tugas tersebut. Masing-masing yang mengerjakan tugas disuruh mengumpulkannya ke depan.

Ternyata banyak juga yang mengerjakan tugas tersebut, bahkan sepertinya seluruh siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Satu persatu kertas yang dikumpulkan pun dilihat oleh bapak guru.

Akhirnya, ada sepuluh nama yang dipanggil ke depan dan aku salah satunya. Aku sangat senang, bersama sembilan murid lain akhirnya aku berkompetisi mengikuti seleksi lomba yang diadakan sekolah. Setelah mengikuti serangkaian tes akhirnya dipilih 3 orang dari seluruh siswa yang ada. Aku terpilih pada urutan pertama dengan nilai yang paling bagus.

Tak sia-sia akhirnya aku pun terpilih menjadi wakil dalam ajang kompetisi bergengsi yang diadakan oleh salah satu pabrik mobil terkenal. Selama satu bulan penuh akhirnya aku digembleng dengan berbagai persiapan. Hingga akhirnya, aku pun benar-benar siap mewakili sekolah dalam ajang lomba tersebut!


--- Tamat ---

Back To Top