Kumpulan Contoh Cerpen Singkat Paling Menarik

Kumpulan Contoh Cerpen Singkat Paling Menarik - Seperti biasa, untuk memudahkan anda yang gemar membaca cerpen singkat kita akan memilih beberapa contoh cerpen yang ceritanya cukup bagus dan menarik. 



Cerpen tersebut dipilih dari berbagai kategori dan tema yang sebelumnya telah dibagikan. Tentu saja cerpen berikut mungkin bukan yang terbaik namun paling tidak bisa menjadi referensi tambahan bagi anda semua.

Diantara contoh-contoh cerpen singkat menarik berikut tentu ada salah satu yang berkenan dan anda suka. Karena contoh berikut bukan hanya satu dua saja melainkan akan diberikan 10 cerpen singkat sekaligus. 

Tapi jangan salah ya, disini akan dicantumkan judul dan penjelasan singkat mengenai cerita cerpen tersebut. Jadi untuk membaca cerpen dimaksud anda bisa mengikuti tautan pada judul yang disediakan. Beberapa contoh diantaranya yaitu sebagai berikut!

1) Cerita cerpen lucu
2) Cerpen cinta sedih
3) Cerpen tentang kisah pelajar
Satu yang pasti, semua karya yang akan diberikan disini memiliki satu ciri khusus yaitu ceritanya pendek atau singkat. Cerpen di sini rata-rata tidak ada yang lebih dari dua halaman kertas folio, artinya anda bisa langsung membacanya sampai selesai.

Selain itu, kisah yang diangkat lain dari pada yang lain, ada yang diambil dari inspirasi kehidupan sehari-hari dan ada juga yang mengangkat kisah nyata yang dialami penulis. Pokoknya tidak akan membosankan untuk dibaca. Sekarang kita lihat satu persatu judul cerpen yang menarik di bawah ini.

Cerpen pertama yang satu ini merupakan cerpen yang menceritakan sebuah pengalaman berharga beberapa orang pemuda. Cerpen ini memiliki nada yang serius tetapi juga memiliki sisi humor yang cukup kental.

Membaca cerpen paling tidak anda bisa tersenyum sendiri karena pengalaman yang dialami sangat lucu. Cerpen pertama ini mengisahkan perjalan beberapa orang pemuda ke kota. Ceritanya mereka merantau untuk mencari pekerjaan.

Dengan modal pas-pasan mereka kemudian berangkat ke kota dan tinggal bersama salah satu keluarga. Ceritanya tidak sampai pada perjalanan mereka sampai mendapatkan pekerjaan tetapi menceritakan beberapa penggal kejadian yang cukup lucu.

Pertama kali datang ke kota untuk mencari pekerjaan mereka sudah mengalami kejadian atau pengalaman yang cukup berat. Ketika baru sampai di kota mereka harus membayar ongkos ojek yang sangat mahal yaitu tiga ratus ribu untuk tiga orang.

Disambut dengan hal yang tidak menyenangkan akhirnya mereka sampai di tempat saudara. Karena uang mereka sudah menipis maka akhirnya mereka pasrah, dari pada tidak mendapatkan pekerjaan sama sekali maka mereka menerima pekerjaan apapun. Tahukah anda pekerjaan apa yang akan mereka dapat, simak kisahnya langsung dari tautan di atas.

Sama dengan cerpen pertama, kali ini juga merupakan cerpen yang mengisahkan tentang pengalaman unik dan menarik. Cerita pengalaman ini juga hampir sama yaitu mengenai pengalaman seseorang dalam mencari pekerjaan di sebuah kota besar.

Tapi tentu saja beda, ada yang lucu dan ada yang menyentuh hati. Dikisahkan dalam cerpen kedua ini Raka dan Dimas merantau ke kota untuk mencari pekerjaan. Nah, di kota, sebagai orang baru tentu saja mereka belum begitu paham dengan jalan.

Suatu hari, ketika mereka hendak melamar kerja mereka pun mengalami kejadian lucu dan menggelikan. Mereka secara tidak sengaja sampai di suatu acara pernikahan dan harus masuk dan ikut menyantap hidangan disana.

Tanpa undangan, tanpa amplop dan tanpa kado, tahu apa yang mereka lakukan selanjutnya? Lebih baik anda ikuti sendiri bagaimana pengalaman Andi, Dika dan Bayu tersebut melalui cerpen berjudul “salah jalan” ini.

Janji Doni adalah sebuah cerpen yang dengan tema persahabatan antara dua orang remaja yaitu Doni dan Meta. Cerpen ini tidak begitu panjang, kurang lebih hanya sekitar 800 kata atau satu setengah lembar kertas. Bagi anda yang mencari cerpen pendek maka karya berikut cukup bagus untuk anda.

Dalam cerpen ini dikisahkan bahwa Meta dan Doni adalah sahabat sejati. Mereka berdua saling melengkapi, yang satu sangat sabar dan yang satu lagi menarik dan cerdas. Keduanya cukup dekat satu sama lain, bahkan sudah ada ikatan batin yang kuat.

Suatu hari Doni yang memiliki sifat manja melakukan kesalahan yang membuat sahabatnya Meta sangat marah. Bahkan bukan hanya Meta saja yang marah tetapi orang tua Meta pun sangat tidak suka dengan kesalahan Doni.

Kesalahan apakah yang Doni lakukan pada Meta, apakah kesalahan tersebut bisa merusak persahabatan mereka? Simak cerpen selengkapnya melalui tautan dari judul di atas. Mudah-mudahan kisah tersebut bisa menjadi hiburan kita semua.

Karya yang satu ini juga memiliki tema persahabatan tetapi persahabatan antara dua orang saudara. Tidak ada nama karakter dalam cerpen sederhana tersebut, yang ada adalah peran tokoh utama yaitu “aku” dan saudaranya.

“Pakaian Pria”, apakah sebenarnya inti dari cerpen tersebut? Cerpen ini menceritakan kisah sang tokoh aku ketika saudara sekaligus sahabatnya datang ke rumahnya. Kebetulan hari itu adalah hari ulang tahun saudaranya tersebut.

Sebagai kado, sang saudara memintakan kado yaitu tokoh utama “aku” diminta untuk mencarikan pakaian pria di sebuah pasar tradisional. Tentu saja suatu permintaan yang cukup berat pasalnya sang tokoh aku tidak pernah sama sekali pergi ke pasar tradisional.

Bagaimanakah kisah selengkapnya, apakah sang tokoh aku bisa mendapatkan pakaian yang diinginkan, apakah yang dia alami di pasar tradisional, simak saja cerpen tersebut melalui link di atas.

Bagaimana, cukup menarik bukan cerpen-cerpen yang ada disini? Tenang, selain beberapa cerpen di atas masih ada beberapa cerpen lain yang bisa anda baca. Yang dijelaskan di atas kan hanya 4 cerpen saja, nah sisanya tidak perlu dijelaskan. Anda bisa memilih sendiri judul mana yang ingin anda baca.

Selain yang di atas masih ada 6 cerpen lagi yang bisa anda pilih. Cerpen tersebut juga memiliki tema yang beragam. Maka dari itu dijamin anda bisa mendapatkan cerita yang sesuai. Yang terpenting ceritanya ringkas dan tidak panjang, berikut cerpen tersebut silahkan dipilih.


Sudah ya, sekarang silahkan ada baca-baca terlebih dahulu berbagai cerpen di atas. Kalau sudah selesai dan masih ingin mencari cerpen lain anda bisa mencarinya dengan kotak penelusuran. Jangan lupa, lain kali masih akan dibagikan lebih banyak lagi cerpen lain yang menarik.

Jadi, pastikan anda selalu berkunjung ke situs ini. Jika berkenan tolong bagikan juga berbagai cerpen di atas ke teman-teman lain yang membutuhkan. Itu saja kali ini, selamat membaca dan semoga berkenan dengan kisah-kisahnya, salam.

Back To Top