Contoh Puisi Cinta Romantis, Kekaguman

Masih ada satu puisi cinta romantis yang belum dibagikan. Meski sebenarnya lelah mulai merambat namun semangat terus membara jika mengingat antusias para penggemar karya puisi yang sudah menunggu. Kali ini kita lengkapi lagi koleksi yang sudah ada dengan sebuah puisi baru berjudul “kekaguman”.

Contoh Puisi Cinta Romantis

Meski sebenarnya pendek namun puisi berikut terdiri dari 5 bait dengan susunan yang sangat menarik. Larik-larik dalam puisi ini disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan indah dan cantik. Bukan hanya itu pada setiap kata yang dirangkai juga terdapat makna yang begitu dalam, menyentuh.

Bagi yang sudah membaca beberapa karya lain tidak ada salahnya membaca puisi ini juga. Secara keseluruhan puisi ini juga tergolong lumayan, memiliki pesan yang patut direnungkan dan juga bisa menjadi motivasi dan inspirasi lebih baik. Jadi, kalau masih ada waktu silahkan baca langsung puisinya di bawah ini. Mudah-mudahan berkenan!

Kekaguman
Oleh Gunarto

Terasa teringat apa yang ku rasa dalam dada
Sebuah insan penuh makna terbiasa kelam
Menyejukkan setiap insan tak terhingga berbicara

Menyejukkan jiwa
Perginya bagai angin  pembawa air kesejukan
Seolah tau kemana ia harus pergi

Goresan mata kelam tak ia ucapkan
Semampai bagai rembulan
Angan angan yang indah rasa lelah

Bersambut dengan dingin pagi ia melangkah.
Sepi hatinya
Melihat keatas langit

Aku menyapa di persimpangan jalan itu
Apa yang kau rasa
Bolehkah aku menerima dan mengagumi
Terima saja jawabnya

Bait pertama dalam puisi cinta ini terdiri dari tiga larik yang cukup panjang. Pada larik pertama ada delapan kata yang tersusun penuh makna. Larik kedua terdiri dari enam kata demikian juga dengan larik ketiga. 

Bait kedua diawali dengan dua kata, pada dua larik berikutnya juga terdiri dari enam kata. Demikian untuk gambaran dari jumlah kata pada masing-masing larik puisi di atas. Pada larik-larik bait berikutnya terdapat persamaan dan perbedaan.

Pada masing-masing bait, pada puisi ini baitnya semua terdiri dari 4 larik. Jika kita perhatikan lebih dekat, dari susunannya ada nilai keindahan yang melekat. Misalnya bisa kita lihat juga dari sisi rima yang dimiliki oleh karya tersebut. Sayang, pada kesempatan ini kita tidak akan membahas analisis puisi, jadi beberapa informasi di atas hanya sebatas untuk gambaran saja.


Secara keseluruhan, karya di atas memang menggambarkan sebuah kekaguman seseorang lelaki kepada wanitanya. Dapat dilihat, kekaguman tersebut begitu besar. Sungguh indah jika dilihat bagaimana ia bisa memiliki kekaguman yang begitu besar dihatinya.

Itu saja sedikit komentar untuk puisi cinta romantis di atas. Kami sangat berharap bahwa puisi berjudul “kekaguman” di atas bisa menyejukkan hati kita. Semoga saja, kita semua dikarunia pasangan yang memiliki kekaguman begitu besar kepada kita. Semoga, kekaguman yang dimiliki tidak membutakan melainkan hanya menyejukkan, meneduhkan dan membahagiakan.

Selesai sudah, sekarang mari kita lanjut dengan beberapa karya puisi romantis lainnya yang sudah disiapkan dibagian bawah. Masih ada beberapa puisi indah yang bisa kita baca dibagian akhir tulisan ini. Jangan lupa juga untuk terus berkunjung dan menjadikan situs ini sebagai salah satu rujukan bagi kita semua. Tetap tersenyum dan salam hangat untuk anda dan orang-orang terkasih di sekeliling anda.

Tag : Cinta, Puisi, Remaja
Back To Top