Kumpulan Contoh Puisi 1 Bait Terbaru

Sebelumnya belum pernah dibagikan untuk kategori puisi 1 bait, maka dari itu kali ini akan langsung diberikan dua contoh sekaligus untuk puisi dengan yang panjangnya satu bait tersebut melalui kumpulan contoh puisi 1 bait berikut.


Siapa tahu ada yang suka dan membutuhkan karya yang seperti ini makanya ditambahkan juga agar koleksi nya bisa lebih lengkap. Karya pertama berjudul “orang renta” sedangkan karya puisi yang kedua berjudul “kegagalanku”.

Dua karya tersebut merupakan hasil karya satu orang yang sudah biasa membagikan puisinya yaitu Gunarto. Kalau dilihat dari judulnya maka dua puisi tersebut sepertinya memiliki tema yang berbeda satu sama lain. 

Mungkin karena berasal dari penulis yang sama maka puisi ini memiliki kemiripan dalam hal struktur. Puisi 1 bait ini masing-masing terdiri dari 12 larik yang semuanya menggunakan bahasa yang sederhana. Pemilihan kata dan susunan katanya cukup menarik dan indah, makna ceritanya pun dapat terlihat jelas.

Karena menggunakan bahas sehari-hari maka tidak terlalu sulit untuk menangkap pesan yang ingin disampaikan penulis melalui karya tersebut. Dan yang pasti puisi ini cukup bagus dan dapat dijadikan bahan hiburan kala senggang. Penasaran, mari kita baca saja karya pertama di bawah ini.

Orang Renta
Oleh Gunarto

Lelah pun mulai menyapa senja badan ini
Tersipu kulitku tak lagi berseri
Bayangan muda mulai menghampiri saat sendiri
Menatap nenek di sana
Rautnya gelisah mendengar cucu
Angannya tak pasti ingin pergi tapi sadar siapa
Melangkah tak tau langkah
Berpikir tak lagi kuat
Giginya mulai renta, panas dan tak enak
Bayangnya selalu pikun dan tak tau arah
Sendiri menatap langit
Lelah dan letihnya
Sakitnya harus terobati oleh hanya daun
Menyeduh dengan pelannya dan bergoyang
Sayang mengapa engkau pergi
Dalam dekapan hatinya

Lumayan bukan puisi singkat 1 bait di atas? Ya, masing-masing pembaca memang memiliki penilaian sendiri-sendiri terhadap karya yang dibaca. Yang jelas puisi tersebut selain bisa anda gunakan sebagai bahan bacaan juga bisa kita gunakan sebagai bahan belajar.

Anda sebagai pembaca tentunya berhak mengapresiasi karya tersebut sesuai kemampuan. Selain karya puisi di atas masih ada satu lagi karya yang bisa kita nikmati. Masih sama, puisi berikut juga hanya terdiri dari satu bait saja dengan bahasa yang mudah dipahami.

Judulnya “kegagalanku”, mudah-mudahan berkenan di hati anda semua. Silahkan dibaca puisi kedua tersebut di bawah ini. 

Kegagalanku
Oleh Gunarto

Jenuh kadang pikiran ku
Melihat obsesi hanya tinggal pesimis
Dulu tak lagi sekarang
Melihat langit seperti semakin jauh
Jauh semakin terobati dengan kegagalan
Letih dan harus mengalah
Perjuangan ku punggal kawan
Tak mengerti apa ini
Tulisan demi tulisan ku goreskan dikeningku
Biar orang berkata apa
Yang penting aku gila
Gila karena operasi pesimistis dunia
Langkah demi langkah ku seperti duri
Depan ku lautan, dan sampingku jurang terjal
Langit mulai hujan, dan aku tak mungkin kembali
Jauh, jauh sudah tak mungkin kembali

Pokoknya mantap deh, tidak rugi kan kalau sering berkunjung ke situs ini? Di sini memang tempatnya cerita-cerita menarik dan juga puisi bagus yang bisa dibaca kapanpun.

Belum lagi, di situs ini selalu ditambah terus berbagai koleksi yang ada termasuk untuk contoh puisi 1 bait seperti yang baru kita baca.  Sebagai penutup, tak lupa kami selaku pengelola mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda sekalian.

Mudah-mudahan kami dapat selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan apa yang banyak dibutuhkan pembaca. Itu saja untuk hari ini, selamat membaca dan salam hangat dari kami. 

Tag : Kehidupan, Puisi
Back To Top