Contoh Puisi Nasehat, Jangan Menyerah

Dari sekian banyak karya yang ada, ini hanya satu contoh puisi nasehat yang bisa ditemukan di situs ini. Selain puisi ini tentu masih banyak lagi karya puisi lain dengan tema yang sama. Tidak salah jika anda ingin mencari nasehat disini.


Makanya, tidak perlu terburu-buru beranjak dari situs ini untuk mencari karya lain. Puisi terbaru berikut akan kami persembahkan untuk anda penggemar puisi yang sudah menjadi pengunjung setia kami.

Puisi berjudul “jangan menyerah” ini jelas sekali berisi nasehat untuk pembaca semua. Secara umum, nasehat yang disampaikan dalam karya ini adalah agar kita tidak menyerah dalam keadaan apapun. Dalam hidup mungkin kita akan menghadapi banyak kesulitan, tantangan, godaan, cobaan atau ujian namun semua itu harus kita lalui. 

Untuk menggapai mimpi, untuk sukses maka kita harus tetap maju, jangan pernah menyerah sekalipun. Hadapi dengan berani apa yang ada dihadapan kita, hancurkan jika memang itu tidak baik dan menghalangi kita.

Kita diciptakan untuk hidup bukan untuk menyerah bukan? Kalau dilihat dari keseluruhan isinya, puisi ini lebih cenderung mengandung ajakan dan bukan perintah atau larangan.

Dengan membaca contoh puisi ini mudah-mudahan mata hati kita bisa terbuka lebar dan dapat memandang hidup dengan lebih optimis. Yuk, dari pada penasaran dengan puisi tersebut kita baca saja dulu puisi tersebut.

Jangan Menyerah
Oleh Gunarto

Saat hati mulai resah 
Dengan hidupmu berpikirlah
Apa tujuan hidupmu

Nestapa memang sengsara
Langkah tak pasti
Bukan emosi 
Semua yang terjadi
Kobarkan apa yang terjadi dalam hati

Kibarkan dera saksi perjuangan
Terus melangkah 
Setapak demi setapak
Jaya telah menanti

Gumpalan awan mendung gerimis
Tak menghentikan langkah
Pengorbanan tak sia tanpa dusta
Perjuangan adalah kekerasan
Berdoalah hujan saat langkah berhenti
Semua hanya uji

Tak menyerah hanya 
Detik detik kegagalan
Bersemangatlah kawan
Kita adalah satu mimpi
Tag: Puisi 5 Bait, Nasehat

Beberapa hal yang bisa kita tangkap dari puisi di atas adalah pertama, ketika kita mulai kehilangan tujuan, resah, sebaiknya kita ingat – ingat kembali apa tujuan kita. Tujuan-lah yang akan menuntun jalan hidup kita, maka jangan lupakan tujuan hidupmu. 

Saat mendapatkan cobaan, ujian atau rintangan sebaiknya kita hidupkan lagi semangat kita. Motivasi dan semangat harus tetap berkobar dalam hati dan pikiran. Teruslah melangkah untuk menghadapi cobaan dan halangan tersebut karena di depan kesuksesan sedang menanti kita. 

Jangan lupa berdoa, doa adalah usaha lain yang tak dapat dilepas dari semua apa yang kita lakukan. Dengan doa maka apapun yang kita korbankan mudah-mudahan tidak akan sia-sia. Biarkan kegagalan menjadi kawan dan menjadi cambuk yang akan memacu kita untuk terus bertahan, berjalan dan menggapai mimpi.

Benar, nasehat berharga dapat dilihat dari isi puisi di atas. Sungguh sesuatu yang sangat bagus untuk direnungkan dan dipertimbangkan. Puisi tentang nasehat di atas mudah-mudahan bisa menjadi contoh dan teladan bagi hidup yang lebih baik.

Semoga ada motivasi dan semangat yang lebih besar yang kita dapatkan dari isi karya puisi di atas. Itu saja, jangan lupa terus berkunjung ke situs ini, salam hangat dan salam sukses dari kami pengelola.

Back To Top