Contoh Cerpen tentang Kuliahan Singkat

Kembali dengan sebuah contoh cerpen kuliahan yang masih membahas tentang seputar kehidupan mahasiswa baik di lingkungan kampus atau kehidupan pribadi. Nah, untuk kali ini kita akan membahas sebuah kisah atau cerita seputar kegiatan mahasiswa yaitu dalam organisasi.


Bisa dikatakan juga bahwa contoh cerpen ini merupakan cerpen sederhana tentang pengalaman kehidupan mahasiswa. Seperti apa sebenarnya kisah dalam cerpen tersebut? Cerpen berjudul "Pendapat Tak Dihiraukan" berikut ini berisi tentang Organisasi Kemahasiswaan. Ceritanya, ada seorang mahasiswa yang aktif dalam organisasi.

Mahasiswa yang kuliah di sebuah kampus baru tersebut mempunyai ide untuk membuat sebuah organisasi mahasiswa yang bisa menjadi wadah aspirasi. Namun ternyata ide tersebut tidak mendapatkan sambutan hangat dari ketua organisasi. 

Awalnya tidak menyerah, mahasiswa tersebut berjuang untuk menyampaikan aspirasi kepada rekan lain. Namun pada akhirnya sesuatu telah merubah keputusannya. Apakah yang sebenarnya terjadi, bagaimanakah kelanjutan ide yang ia miliki? Lebih baik kita temukan jawabannya dengan membaca langsung cerpen tersebut!

Pendapat Tak Dihiraukan
Cerpen Oleh Gunarto

Menjengkelkan memang saat yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Itu adalah salah satu kata kata dalam hati ku. Saat aku mengajukan ide ku dalam organisasi tidak diindahkan sama sekali oleh ketua organisasi.

Senin minggu yang lalu aku mengajukan ide ku untuk mengajukan perencanaan pendirian unit kegiatan mahasiswa (UKM). Tetapi tidak di indahkan sama sekali oleh ketua organisasi ku. Aku pada saat itu mengajukan unit kegiatan mahasiswa yang bernama forum mahasiswa anti korupsi. 

Tetapi tidak di indahkan sama sekali oleh ketua organisasi kampus ku. Aku merasa marah dan muak dengan kelakuan ketua kami yang tidak mengindahkan apa yang aku sampaikan dan aku inginkan dengan ku ingin mendirikan sebuah unit kegiatan mahasiswa.

Saat itu aku berkata kepadanya bahwa aku ingin sekali mendirikan UKM karena menganggap UKM itu sangat perlu di tengah kegiatan mahasiswa yang itu itu saja, Contoh Cerpen Kuliahan. Tapi kenyataannya yang terjadi adalah apa yang aku utarakan tidak diindahkan sama sekali olehnya. 

Aku tidak mengapa sebenarnya jika cara menolak ku dengan sopan dan tidak arogan seperti itu, tapi kenyataannya memang dia seperti itu. Aku sadar aku bukan siapa siapa di kampus itu tapi seharusnya dia sebagai ketua harus mengindahkan atau bahkan mampu menampung semua pendapat dan aspirasi yang ada dan yang kami berikan.

Aku sendiri heran mengapa dia seperti itu, padahal kami kira dia pada saat belum terpilih sebagai ketua dia kami kira aadalah orang yang kami kira cukup baik dan bijaksana, tetapi akhirnya malah seperti ini. Aku kadang malah merasa menyesal karna telah memberikan suara kepadanya hingga ia naik dan terpilih sebagai ketua.

Saat pemilihan ketua organisasi dia bilang akan menampung semua pendapat dan saran yang diberikan oleh teman teman dan ia meminta dukungan kepada kami bahwa ia tidak akan menyalahi AD/ART organisasi kami semua.

Tapi pada kenyataannya kami, tidak dapat mempercayai pernyataan yang iya lontarkan kepada kami. Tapi ya memang seperti itulah manusia ketika telah sampai pada tahap yang iya inginkan iya lupa akan jati dirinya dan mengkhianati apa yang telah dia janjikan kepada kami. Aku tidak mengerti apa yang kami upayakan dengan apa yang kami ucapkan.

Akhirnya aku bersikukuh dengan pendapat yang aku inginkan untuk mendirikan UKM dan meminta kepadanya untuk merealisasikan apa yang kami inginkan. Karena aku mengajukan pendapat itu juga tidak sendiri karna aku menginginkan pendapat itu.

Wajarlah ketua organisasi kami juga sebenarnya orang yang keras dan selalu bersikeras dengan pendapatnya sendiri. Setelah berhari hari kami tidak menganggap pendapat kami akhirnya aku memutuskan untuk keluar dari organisasi tersebut. Aku sudah merasa yakin dengan keputusan ku itu dan akan berorganisasi di luar organisasi kampus kami. 

…… Sekian ……. 

Kurang dramatis mungkin, namun ide dalam cerita di atas bisa menjadi inspirasi bagi yang membutuhkan. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dalam contoh cerpen kuliahan yang singkat tersebut bisa sampai kepada pembaca semua.

Itu saja untuk kali ini, silahkan baca juga beberapa contoh cerpen lain yang ada dibagian akhir pembahasan ini. Mudah-mudahan ada satu atau dua karya yang berkenan di hati rekan semua. Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih telah sudi berkunjung ke situ tercinta ini. Salam hangat dari kami selaku pengelola!

Back To Top