Cerpen Singkat Terbaru tentang Ujian Sekolah

Kami akan terus membagikan cerpen singkat terbaru untuk seluruh pembaca. Nah, berikut ini merupakan cerpen tentang pelajar yang akan mengikuti ujian di sekolahnya. Tentu saja, bagi rekan pelajar cerita seperti ini cukup bagus untuk bahan bacaan.


Cerita seperti ini selain bisa untuk hiburan kisah yang ada juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi.

Biasanya ada banyak nasehat yang bisa direnungkan, ada banyak makna yang bisa diteladani. Sebagai sebuah kisah singkat, cerpen berjudul "ujian sekolahku" ini ditulis dengan bahasa yang cukup sederhana.

Bukan hanya itu, cerpen tersebut juga sangat mudah dipahami maknanya. Bahkan cerpen ini juga memiliki alur yang tidak begitu rumit.

Khusus untuk rekan pelajar cerpen ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan baik untuk sekedar hobi, contoh maupun sumber motivasi belajar. Sebenarnya bagaimana kisah selengkapnya? Mari kita baca saja langsung cerpen tersebut!

Ujian Sekolahku
Cerpen tentang Ujian Sekolah

Pagi itu aku tak menyangka. Aku sudah kelas tiga SMA dan aku harus melaksanakan ujian nasional .tak ku sangka aku sudah akan masuk perguruan tinggi saat aku lulus nanti,.tapi sudahlah pikir ku aku harus mempersiapkan ujian nasional ku kebetulan besok ujian sosiologi dan ekonomi.pelajaran yang sangat aku sukai semenjak aku tahu pelajaran itu.

Jam dering ku berbunyi,,,ring, ring, ring. Waktu ku lihat jam ku .kulihat jarum menunjukan jam 4 pagi. Ah masih ngantuk banget berfikir.

Tapi sebenarnya aku selalu bangun pagi pagi untuk belajar tapi enggak tahu kenapa hari ini rasanya malas sekali.

Aku tak tau mengapa hal itu demikian apa karena aku menganggap mudah pelajaran itu atau bagaimana, aku sendiri bingung mengapa hal itu terjadi.

Saat ku lihat lagi jam itu,sambil ku berfikir aku enggak boleh seperti ini aku harus belajar dan belajar biar jadi orang sukses dan orang tua bangga degan nilai besar yang aku capai dan suatu saat bisa masuk perguruan tinggi favorit yang aku inginkan.

Setelah ku pikir lagi akhirnya aku memutuskan untuk untuk bangun dan mengerjakan kisi kisi ujian nasional.

Setelah aku selesai mengerjakan kisi kisi ujian nasional ,aku renungkan apa yang telah aku capai dalam 3 tahun ini selama sekolah di SMA .

Kadang ku berfikir aku belum punya apa apa dan belum ada ilmu apa apa. Bagaimana aku dapat meneruskan ke perguruan tinggi favorit tapi keadaannya seperti ini aku belum ada modal dan ilmu yang cukup.

Setelah ku pikir lagi apa ya dari orang tua ku mampu untuk membiayai kuliah ku sampai selesai.aku ingin kuliah sampai selesai tapi aku enggak bisa membayangkan kedua orang tua ku mencari uang untuk membiayai kuliah ku.

Saat aku sedang berfikir tiba tiba azan berkumandang dari masjid sebelah dan aku lantas meninggalkan meja belajar ku dan lantas menuju kamar mandi untuk mengambil air wudhu dan sholat di masjid dekat rumahku.

Subhanallah begitu segarnya air whudu ini. Setelah aku mengambil air wudhu lantas aku menuju kemasjid sebelah untuk melaksanakan sholat berjamaah.

Selesai sholat berjama'ah aku ,mendengarkan ceramah yang di sampaikan oleh imam masjid itu kebetulan ceramahnya sangat menginpirasi ku.

Ustad itu mengambil ceramah yang berjudul “bekerja keras untuk kesejahteraan umat islam di dunia maupun di akhirat.”.

Dalam perkataannya ustad itu “ kita sebagai manusia hidup di dunia juga harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup masing-masing.

Karena tanpa kita bekerja keras kita tidak akan mencapai kebahagiaan di dunia ini.

Bayangkan saja jika di benak saudara hanya ada ingin selalu beribadah saja tanpa mau bekerja keras untuk keluarganya itu sama saja dengan menzolimi dirinya sendiri dan keluarganya,bahkan menzolimi masyarakat dalam arti kita tidak mau bekerja hanya diam beribadah dan sebagainya.

Orang orang seperti itulah yang sangat dibenci oleh allah karena hanya semata mata substansinya hanya berorientasi untuk dirinya sendiri.

Allah tidak melarang manusia untuk selalu taat kepadanya bahkan allah memberikan jaminan surga kepadanya, karena apa allah menyukai orang orang yang selalu taat menjalankan apa yang diperintahkannya dan menjauhi segala larangan nya.

Tetapi saudara saudara harus ingat kita sebagai manusia juga kan mempunyai kebutuhan untuk kelangsungan hidup kita di dunia ini.dan kebutuhan itu juga harus terpenuhi karena apa,, karena manusia ya memang fitrahnya harus mencukupi dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja keras.

Itulah sebabnya kita sebagai manusia harus senantiasa berusaha sekuat tenaga mencari harta yang halal dari dan dengan cara bekerja keras.

Tak mudah memang tetapi itu sudah menjadi tanggung jawab umat islam seluruhnya. Karena bekerja keras untuk mencari rizki yang halal merupakan suatu ibadah juga.

Lebih lanjut ustad itu memberikan kultum yang membuat ku asik mendengarkan ceramahnya sampai aku lupa mandi pagi. Setelah selesai mendengarkan ceramahnya aku langsung bergegas pulang kerumah dan mandi.

Setelah mandi aku langsung ganti baju dan sarapan lalu berangkat sekolah.

Hari begitu segar mendapatkan siraman rohani dari ustad itu dan alhamdulillah aku akan melaksanakan ujian nasional dari pelajaran yang aku sangat sukai dari dulu.

Setelah sampai di sekolah aku langsung masuk kelas dan mengerjakan soal soal itu yang alhamdulillah mudah menurutku.

Ternyata benar dalam hatiku kalau kita menyerahkan segala urusan kepada allah kita akan mendapatkan kemudahan dalam bertindak dan berfikir,yang sesuai harapan kita. Semoga saja aku besok mendapatkan nilai yang bagus.

……. Sekian……..

Setelah selesai membaca cerpen terbaru tentang ujian di atas jangan lupa untuk membaca juga beberapa cerpen menarik lainnya yang ada di bawah.

Beberapa judul cerpen yang sudah disiapkan dibagian bawah adalah contoh yang paling sama dengan kisah yang sedang kita baca ini. Makanya bisa sesuai tema dan kondisi dan suasana seputar dunia pendidikan.

Back To Top