Puisi Terbaru tentang Aku, dan Analisis

Masih mencoba melengkapi lagi puisi terbaru yang ada kali ini sebuah karya tentang kehidupan. Tema kehidupan dalam koleksi mungkin masih tergolong sedikit sehingga banyak rekan yang masih kesulitan menemukan karya-karya yang sesuai keinginan. 


Mudah-mudahan karya berjudul “tentang aku” yang akan kita baca kali ini bisa menjadi tambahan referensi untuk pembaca semua. Kata “Aku” memang mengandung makna yang begitu dalam. Dari bagaimana cara mengucapkan kata tersebut dapat dilihat jelas bagaimana kepribadian atau karakteristik seseorang. 

Misalnya saja, jika diucapkan dengan intonasi yang tegas dengan nada berwibawa maka bisa menunjukkan bahwa orang tersebut percaya diri, atau bahkan bisa juga memiliki konotasi kesombongan, tergantung bagaimana pengucapan kata tersebut dan keadaannya.

Memang, puisi yang memiliki judul seperti ini biasanya merupakan sebuah sarana untuk menunjukkan atau mengenalkan siapa dan bagaimana diri kita (tokoh utama dalam puisi). Biasanya, puisi seperti ini akan mewakili penulis untuk mengungkapkan dengan jelas siapa jati diri sebenarnya.

Banyak dijelaskan mulai dari siapakah aku, bagaimanakah aku dan seterusnya. Sama seperti karya yang satu ini. Sekarang akan kita baca terlebih dahulu karya tersebut agar bisa lebih memahami bagaimana makna dan pesan yang ingin disampaikan penulis. Puisi tersebut ada di bawah ini.

Tentang Aku
Puisi Oleh Gunarto

Aku bukanlah sang mentari
Selalu hadir menghampiri setiap insan
Aku adalah manusia biasa
Tak punya nyawa daya upaya

Aku adalah aku
Fikiran ku adalah fikiran ku
Aku adalah khayalan ku sendiri
Tak terbatas waktu saat kau mengekang

Mimpi telah dalam dekapan
Tapi aku adalah aku
Aku melangkah sesuai jalan ku
Tak seperti tanpa gerak

Cerita ku tak pernah ada dalam bayang
Aku tak mengerti tentang mu
Karena apa
Karena aku adalah aku, hidup tanpa mu

Karya puisi di atas terdiri dari 4 bait, masing-masing bait terdiri dari empat larik yang cukup singkat. Masing-masing larik dalam satu baris adalah satu kesatuan, demikian juga dengan antara bait yang satu dengan lainnya. Masing-masing saling mengikat dan saling berhubungan sehingga membentuk suatu makna yang ingin disampaikan penulis.

Mari kita lihat larik pertama karya ini, “aku bukanlah sang mentari”, penulis mencoba dengan tegas mengatakan siapakah aku dalam hubungannya dengan manusia lain. Penggunaan gaya bahasa (majas) di atas menunjukkan penekanan bahwa “aku” – sama dengan yang lain – hanya manusia biasa. Hal itu dipertegas pada larik ketiga dalam bait pertama yaitu dapat kita lihat dalam larik “aku adalah manusia biasa”

Bait kedua selanjutnya menggambarkan bahwa dalam kehidupannya sang “aku” tidak ingin sama sekali ada orang lain yang turut campur dengan dirinya. “aku adalah aku!”, ditulis dengan tanda seru benar-benar menegaskan sebuah eksistensi yang harus dihargai, bahkan saat ada orang lain yang mencoba mengendalikannya.

Ada yang menarik dalam bait ini yaitu larik yang berbunyi “aku adalah khayalan ku sendiri”. Larik tersebut menjadi salah satu yang menimbulkan tanda tanya besar, mengapa penyair membandingkan antara “aku” dengan “khayalan”? 

Jika kita lihat lebih dalam, seolah penulis ingin menyampaikan bahwa “aku” adalah seseorang yang benar-benar bebas, merdeka atau mungkin ingin bebas dan merdeka sesuai dengan keinginan sendiri tanpa satu orang pun mengekang.

Pada bait ketiga masih dijelaskan lebih jauh mengenai sang tokoh utama. Bait ini masih mendukung isi dari bait sebelumnya. Baru pada bait terakhir ada tokoh lain yang masuk yaitu “kamu”. Hal ini dapat terlihat pada larik “aku tak mengerti tentangmu”. Pada larik terakhir ada sebuah pernyataan tegas yang disampaikan yaitu “…aku adalah aku, hidup tanpamu”. Bagaimana menurut anda?

Sekarang giliran anda untuk memberikan sedikit penilaian terhadap Puisi 4 Bait tentang kehidupan di atas. Ya, mudah-mudahan dengan membaca dan memberikan apresiasi terhadap puisi terbaru di atas kita dapat terhibur, mendapatkan inspirasi dan juga mendapatkan nasehat berharga.

Cukup sampai disini puisi dan analisisnya di atas, setelah selesai dengan karya di atas silahkan lanjut ke beberapa karya lain yang sudah disiapkan khusus untuk anda. Karya lain bisa dilihat dibagian bawah tulisan ini. Setidaknya ada lima judul yang mungkin berkenan di hati anda semua. Terima kasih, selamat membaca berbagai karya puisi menarik di situs contohcerita.com

Back To Top