Puisi Motivasi 3 Bait, Terus Berjuang

Puisi Motivasi 3 Bait, Terus Berjuang - Melengkapi koleksi yang sudah ada, contoh puisi motivasi akan segera kita bagikan. Kali ini puisinya terdiri dari 3 bait singkat dengan judul “terus berjuang”. Puisi ini bisa dikatakan memiliki tema perjuangan hidup seseorang. Bisa dikatakan juga bahwa puisi ini merupakan puisi nasehat dan motivasi untuk tetap memperjuangkan hidup.


Ada gambaran umum keadaan pada awal puisi ini, kemudian ada deskripsi masalah yang timbul dan pada bagian akhir akan ada saran atau nasehat agar kita tetap bangkit dan berjuang. Dari sisi cerita puisi ini cukup menarik untuk kita baca karena mengangkat tema kehidupan sehari-hari. 

Dari sisi struktur puisi, karya ini juga cukup bagus, ada keindahan dalam penyusunan larik dalam setiap bait puisinya. Pada bait pertama dan kedua misalnya, puisi ini hanya terdiri dari empat larik kata yang saling terhubung. 

Berbeda dari dua bait sebelumnya, bait ketiga puisi ini justru memiliki larik yang dua kali lipat lebih banyak. Jadi sangat terlihat dari tipografinya puisi ini memiliki nilai estetis yang cukup baik. Sebelum lebih jauh, kita baca dulu puisinya di bawah ini.

Puisi oleh Gunarto

Meski jarak tak seperti waktu datang
Menghabisi setiap detik demi detik waktu
Meski waktu adalah ukuran keniscayaan
Percayalah kita ada

Setiap waktu yang kita buat tak sama
Setiap langkah perjalanan penuh perhitungan
Sengsara, binasa dan bijaksana
Itulah aku katamu

Waktu adalah pedangku
Menyayatku ku dalam gelap dan terang
Menemaniku dalam suka duka
Berkejaran dibawah sinar mentari berkejaran
Bangunkan jiwamu meski hambatan disisimu
Tegakan langkahmu setiap detik perjuangan
Waktu merubahmu, dengan akalnya
Namun waktu tak akan penah kembali
Jika ku lewatinya

Ada yang menarik pada dua larik terakhir puisi ini, sebuah nasehat dan peringatan yang sangat berharga yaitu berbunyi “namun waktu tak akan penah kembali” pada larik pertama dan diikuti larik berikut “jika ku lewatinya”.

Dua larik di atas menegaskan dan mengingatkan kepada pembaca bahwa untuk urusan waktu manusia tidak boleh main-main karena waktu tidak akan pernah bisa diulang, waktu tidak akan pernah kembali jika kita telah melaluinya.

Kecuali di dalam film, waktu yang sudah terlewat tidak akan pernah bisa diulang lagi bagaimanapun keadaannya. Maka, jika manusia tidak berjuang dan tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya maka bersiaplah untuk menyesal dikemudian hari. Sebuah nasehat yang sangat bijak untuk direnungkan.

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan untuk puisi motivasi di atas. Semoga saja puisi yang hanya terdiri dari 4 bait tersebut bisa menjadi hiburan sekaligus bahan motivasi dan inspirasi bagi pembaca semua. Jangan lupa baca juga beberapa puisi lainnya yang sudah disiapkan dibagian akhir tulisan ini.

Back To Top