Kumpulan Puisi 3 Bait Terbaru

Giliran kumpulan puisi 3 bait yang akan kita baca bersama-sama. Untuk kebutuhan belajar seringkali kita membutuhkan karya puisi yang singkat atau pendek. Hal ini karena puisi pendek atau singkat akan lebih mudah di analisa dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


Maka dari itu tak lupa situs contohcerita.com memberikan beberapa koleksi puisi singkat seperti misalnya beberapa puisi yang terdiri dari 3 bait saja. Puisi-puisi di bawah ini dipilih karena tidak terlalu panjang dan cukup sederhana.

Dalam puisi singkat ini akan diberikan tiga judul sekaligus sebagai contoh atau pembuka. Selanjutnya nanti akan dibagikan terus berbagai karya lain yang sesuai dengan kriteria ini. Maka dari itu, jika memang sering membutuhkan puisi seperti ini jangan lupa untuk berlangganan situs. Dengan begitu anda tidak akan ketinggalan update puisi terbaru yang akan diberikan. 

Meski diberi judul kumpulan puisi namun kami berharap anda tidak berfikir semua puisi singkat yang 3 bait akan dimuat di sini karena hal itu tidak mungkin. Meski singkat namun jika seluruh koleksi harus dibagikan dalam satu waktu maka akan sangat tidak efektif. Karenanya harap maklum jika kali ini hanya diberikan contoh dari isi kumpulan puisi yang ada. Sekarang mari kita simak langsung karya-karya tersebut.

Sunyi dalam Ilusi
Oleh Gunarto

Bersandarku keheningan dan keterpaksaan
Berbuat tak pasti tanpa tujuan
Aku tak mengapa, karna aku memang tak bisa apa apa
Berteduh di bawah pohon kekejian manusia durjana
Sang surya begitu cepat berlalu
Malam sunyi nan sunyi tak pasti
Bersandar dari prestasi
Alur ini memang tak pasti

Fajar ku engkau kemana
Aku rindu, aku rindu
Fajar engkau hadir kesepian
Aku merintih sakit ini

Angin mengapa engkau diam
Temani aku angin
Aku takut kesunyian ini
Seperti dalam hampa
Seperti Bersama sang malaikat

Bagaimana dengan puisi yang terdiri 3 bait berjudul "sunyi dalam ilusi" di atas, cukup bagus bukan? Ya, bagus tidaknya tentu saja akan sangat tergantung pada pembaca masing-masing. Yang jelas satu puisi tersebut bisa dijadikan bahan hiburan atau juga bahan belajar puisi. Sekarang coba kita lihat bagaimana puisi berikutnya di bawah ini.

Tak Semudah Itu
Oleh Gunarto

Cinta memang tak seindah kata katanya
Bagai mega yang nan indah 
Bagai musik simfoni
Tak semudah itu mengartikannya.

Mega mendung nan indah
Jahatan, penindasan dan kesengsaraan
Itulah arti cinta
Cinta tak sesederhana itu
Karsa, asa, bijaksana dan nestapa
Suatu rangkap jalan kehidupan 
Yang memberi ruang datang
Tapi tak sesederhana itu

Juga tak seperti malin kundang sang pengkhianat
Ibu yang memiliki cinta
Tak seperti kita 
Yang tak mengerti

Memang, dua puisi 3 bait di atas memang memiliki tema cinta karena tema ini memang yang paling banyak disukai oleh pembaca. Lain waktu tentu akan ditambah lagi tema-tema lain seperti yang sudah dibagikan sebelumnya. Selain tema ini tentu sudah ada banyak tema lain yang bisa kita pilih, misalnya persahabatan, keluarga, religi dan lain sebagainya. Sekarang lebih baik kita selesaikan dulu dengan puisi terakhir yang berjudul "kebimbangan hati" di bawah ini.

Kebimbangan Hati
Oleh Gunarto

Aku mencintaimu selamanya
Tapi engkau hanya duduk termenu tak punya daya
Aku mencintaimu selamanya
Tapi engkau malah pendusta
Suara mu lantang bergema
Menembus mega tak punya daya upaya

Wajahmu kering kerontang
Hanya sengsara yang kau rasa
Mimpimu anggun bijaksana
Bagaikan madu tersedu sedu
Suara mu menggema nan bijaksana
Pikiran mu berfilsafat tapi tak terapi

Oh ya tuhanku, ku bersujut padamu
Dari durjana sang surya
Dari suara tak bijaksana
Dari suara pendusta

Untuk sementara ketiga isi kumpulan puisi 3 bait tersebut ditampilkan polos tanpa analisis apapun. Lain waktu jika sudah memungkinkan akan kita buatkan juga analisis puisi tersebut baik dari unsur intrinsik maupun dari unsur ekstrinsik-nya. Ya mudah-mudahan kumpulan puisi di atas bisa menjadi tambahan referensi bagi anda semua yang membutuhkan.

Itu saja untuk hari ini, jika kurang berkenan silahkan cek karya puisi lain khusus dibagian kategori puisi dengan panjang hanya tiga bait. Disana sudah ada banyak puisi lain yang bisa sama-sama kita nikmati. Mudah-mudahan karya-karya yang dibagikan disini bisa berkenan bagi pembaca semua. Terima kasih telah berkunjung dan selamat membaca! 

Tag : Cinta, Puisi
Back To Top