Puisi Cinta di Tinggal Kekasih dan Analisisnya

Yang ini merupakan Puisi Cinta di Tinggal Kekasih dimana puisi ini menggambarkan kesedihan seseorang yang begitu mendalam karena kepergian seseorang yang ia kasihi. Puisi berjudul “Sepi Saat Pergi” ini merupakan salah satu puisi terbaru yang akan ikut meramaikan koleksi puisi yang sudah ada di situs contohcerita.com ini.

Puisi Cinta di Tinggal Kekasih dan Analisisnya
Foto: Ilustrasi ditinggal kekasih
Dengan tambahan karya ini maka diharapkan bagi rekan pengunjung semua yang sedang mencari karya-karya menarik bisa mendapatkan banyak pilihan di sini. Jika dilihat dari panjang pendeknya, Puisi Tema Cinta ini merupakan puisi yang cukup singkat.

Puisi ini hanya terdiri dari 5 Bait yang pendek. Namun begitu, Puisi 5 Bait tersebut memiliki makna yang dalam dan dapat menjadi renungan bagi pembaca. Sebagai bahan bacaan, karya ini akan memberikan nuansa hiburan tersendiri terutama bagi kita yang suka dengan karya-karya menarik. Lalu seperti apakah cerita dalam karya tersebut?

5) Puisi dan analisis unsur intrinsiknya
6) Contoh analisis puisi
7) Analisis puisi chairil anwar
8) Makalah analisis puisi
9) Analisis puisi cintaku jauh di pulau
10) Analisis puisi senja di pelabuhan kecil
11) Analisis puisi anak

Jika berbicara mengenai isi cerita tentu akan sangat tergantung pada penafsiran pembaca. Kalau saya pribadi, cerita yang disuguhkan dalam karya tersebut cukup menyentuh hati dan cukup menarik.

Saat membacanya dengan hikmat saya sendiri begitu terenyuh dan dapat ikut merasakan kepedihan dan kesedihan sang tokoh dalam karya puisi tersebut. Dari pada nanti salah tafsir dan tidak sesuai maka akan lebih baik jika kita baca langsung puisi tersebut!

Sepi Saat Pergi
Puisi Oleh Gunarto

Sedih tak dapatku bendung lagi
Penyesalan yang mendalam bagai menusuk relung kalbu
Kepergianmu menghempaskan harapanku
Menyakitkan sukma permai ku

Teguhan kepercayaan yang mendalam 
Tak sesuai harapan yang engkau berikan 
Tinggalan penyesalan yang ku rasakan dalam kalbu ini
Begitu sesak mendera jiwa

Aku tak sanggup lagi 
Mertapa jiwa dalam sesak kebisingan hati
Hanya nada dan canda yang langka 
Tak mampu ku bendung lagi dalam sukma

Harapan tinggallah harapan
Omong kosong yang tak terbantahkan
Bualanmu hanya sensasi tak berarti 
Saat engkau pergi entah kapan kembali
Tag: Puisi 5 Bait, Puisi Tema Cinta

Puisi-nya di atas bisa kita gunakan sebagai hiburan sedangkan analisis puisi di bawah ini bisa kita gunakan untuk bahan belajar kita, jadi lengkap bukan? Dengan adanya contoh analisis puisi ini maka diharapkan puisi yang sudah diberikan di atas bisa lebih berguna lagi khususnya untuk para pelajar atau mahasiswa.

Tapi perlu diingat ya, analisis ini dilakukan dengan seadanya saja dan mungkin masih jauh dari sempurna. Maka dari itu tugas kita untuk belajar melakukan analisa yang lebih baik lagi. 

Analisis Unsur Intrinsik Puisi Cinta di Tinggal Kekasih

a) Tema
Karya puisi berjudul “sepi saat pergi” di atas membahas tentang percintaan atau cinta. Adanya tema ini dapat dilihat dari beberapa potong bait misalnya saja “kepergianmu menghempaskan harapanku”. Sepenggal bait di atas dengan tegas mengungkapkan bahwa ada ikatan yang kuat antara sang “aku” dengan dia yang telah pergi. 

Ikatan cinta dalam puisi di atas juga dapat terlihat dari penggalan bait “menyakitkan sukma permai ku” dan juga pada larik berikutnya yaitu “begitu sesak mendera jiwa”. Dari beberapa penggal bait di atas dapat terlihat jelas bahwa inti tema puisi tersebut adalah cinta yang terjadi antara kedua tokoh.

b) Nada dan Suasana
Hubungan bait-bait kesedihan yang ada dalam puisi cinta di tinggal kekasih tersebut seolah mengajak kita untuk ikut merasakan betapa pedihnya ditinggal seseorang yang disayang. Pembaca dalam hal ini seolah diajak untuk benar-benar menghayati bagaimana perasaan batin seorang pecinta ketika kekasih yang ia percaya pada akhirnya pergi dan entah kapan kembali. 

c) Perasaan
Gambaran perasaan penyair dalam puisi ini adalah perasaan sedih dan kecewa. Perasaan tersebut tergambar melalui kata diantaranya kata : sedih, penyesalan, tak sanggup, dan juga kata sesak. Penggalan bait “Harapan tinggalah harapan” juga menggambarkan bagaimana perasaan sedih dan kecewa tersebut menyatu menjadi sebuah perasaan yang benar-benar menyiksa hati.

d) Amanat
saya sendiri mengalami sedikit kesulitan ketika mencari apa saja amanat yang terkandung dalam karya puisi tersebut. Hal ini karena mulai dari awal sampai pada akhir puisi – menurut saya – hanya mengisahkan secara detail bagaimana penderitaan dan kesedihan yang di alami sang tokoh. 

Pada bagian akhir tidak saya dapati sesuatu yang berupa ajakan, anjuran atau nasehat. Namun begitu, dari keseluruhan dapat digali bahwa seolah puisi tersebut mengisyaratkan kepada kita sebuah kemungkinan yang bisa terjadi ketika kita menjalani sebuah hubungan cinta. Seolah penulis ingin mengingatkan bahwa tidak selamanya cinta berakhir dengan kebahagiaan.

Demikianlah sedikit yang bisa saya berikan sebagai analisis dari Puisi Cinta di Tinggal Kekasih di atas. Mudah-mudahan analisa yang ala kadarnya dan masih jauh dari kesempurnaan tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi contoh dan bahan belajar kita bersama. Itu saja edisi puisi dan analisisnya kali ini, sampai bertemu lagi di beberapa judul lain berikutnya.

Tag : Analisis, Cinta, Puisi
Back To Top