Nasksah Drama 5 Orang Singkat, Pembentukan Panitia Seminar

Latihan membuat naskah drama 5 orang pemain yang singkat namun bagus memang cukup sulit. Makanya kali ini kita akan berikan satu contoh teks yang bisa kita pelajari bersama-sama untuk belajar membuat naskah yang bagus.


Naskah yang satu ini bertema pendidikan yaitu tepatnya di lingkungan kampus atau kuliah. Tapi setting drama ini tidak di kampus melainkan di rumah salah satu mahasiswa. Seperti terlihat dalam judul, drama ini bercerita tentang kegiatan pembentukan panitia untuk acara yang akan diadakan di sebuah kampus.

Ceritanya beberapa mahasiswa berkumpul untuk bermusyawarah dalam membentuk panitia acara yang akan digelar minggu depan. Ada adegan yang lucu dan ada adegan yang serius jadi cukup menarik untuk disimak.

Drama 5 orang singkat ini sengaja dibuat untuk bahan belajar kita semua baik untuk pelajar maupun rekan mahasiswa dan umum. Harapannya, dengan membaca dan mempelajari naskah berikut kita bisa mendapatkan media tambahan untuk belajar membuat sendiri naskah yang dibutuhkan.

Cerita drama yang dipilih tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Bagaimana drama singkat tersebut, lebih baik kita baca langsung berikut!

Pembentukan Panitia Seminar
Oleh Gunarto

Judul : pembentukan panitia seminar
Tema : sosial
Jumlah pemeran: 5 orang
Tokoh: Arif, Gun, Handoko, mas Dwi dan Kuple.

Pagi itu Gun mengajak Arif untuk rapat di Pringsewu dan mereka pergi ke rumah mas Dwi untuk rapat dan membahas pembentukan panitia.

Gun : 
Rif ikut aku yukkk?

Arif :
Kemana bro.?

Gun: 
Ke Pringsewu bro

Arif :
Memang mau apa ke Pringsewu?

Gun:
Biasa kita kan mau ada acara kampus, kita mau mengadakan seminar?

Arif :
Oh ya sudah ayukk?

Gun dan arif lantas bersiap siap dan bergegas akan ke Pringsewu.? Karena mereka ingin berdiskusi dengan kawan kawannya yang telah berkumpul di salah satu rumah teman mereka.

Tak lama berselang mereka menuju Pringsewu dan mereka kerumah salah satu teman mereka namanya mas dwi.

Gun & Arif:
Kulanuwon (dalam bahasa jawa: assalamualaikum). Mereka berdua salam izin masuk rumah.

Mas dwi:
Walaikumsalam... weh mas arif dan mas Gun rupanya, saya kira siapa...

Gun:
Iya ini mas, bagaimana kabarnya?

Mas dwi:
Alhamdulillah baik, Kalian sendiri bagaimana kabarnya?

Gun; 
Baik juga mas ini, sehat

Arif.:
Sehat mas……

Mas dwi:
Tumben ini pada main ada apa?

Gun:
Lah kok ada apa mas, bukanya kita kemarin sudah janji buat membahas acara kampus kita nanti.?

dwi:
“Owalah iya maaf, aku lupa soalnya banyak pekerjaan

Gun:
Wah cair ini mas Dwi kerja terus sampai lupa planning kita buat minggu besok

Mas dwi;
“Hehehe,,,.mumpung ada kan lumayan kita libur kuliah.

Gun:
Oke deh mas. O ya mas kawan - kawan sudah diberi kabar belum kalau kita kumpul membahas masalah ini di rumahnya mas dwi.

Mas dwi:
Sudah dong tinggal kita musyawarah sama baiknya bagaimana.

Gun:
Oke deh mas, sambil nunggu kawan kawan pada datang, minum kopi dulu lah mas, ada kopi enggak tempat mas.

Mas dwi;
Tau aja kamu Gun suka-nya kopi tapi cari yang gratisan.

Gun:
Iya lah ,kan lumayan minum gratis

Arif:
Mas aku ke kamar mandi dulu ya

Mas dwi:
Oya sebelah sana rip, lurus aja belok kanan kamar mandinya... jangan ampe nyasar ya!

Arif:
Oke dehhhhhhh...

Tak beberapa lama kami berbincang datanglah dua kawan kita namanya Handoko dan Kuple. Mereka tetangga dan pergi ke kampus bareng.
Assalamualaikum,,sambil mengetok pintu…..

Mas dwi;
Walaikum salam, masuk masuk, weh ini kawan - kawan sukses kita.

Handoko:
Ah kawan sukses apa mas mas 

Kuple:
Hahaha mas dwi bisa aja

Handoko:
Gimana kawan kawan dah pada berangkat belum ini katanya

Gun:
Enggak tau ini bro pada kemana

Kuple;
La infonya bagaimana si,waduh acara minggu besok bro kita belum ada persiapan bagaimana coba?

Mas dwi:
Tenang aja si kalau enggak pada datang ya kita aja yang rapat.

Gun:
Lah ya enggak seru mas mas 

Mas dwi:
Ya enggak papa lah yang penting kita bentuk panitia kecil

Kuple:
Gun la mana si arif biasanya bareng terus sama kamu

Gun:
Itu lagi di kamar mandi, tau si arif di kamar mandi lama banget, panggil aja apa ya,

Handoko:
Tar tar tak samperin aja, kebiasaan dia semedi di kamar mandi

Sementara Handoko menyusul arif di kamar mandi karena enggak muncul muncul, mas dwi dan kuple berbincang berdua.

Kuple:
Jadi bagaimana mas buat acara kita minggu besok?

Mas dwi;
Ya bagaimana, ya siap,tinggal kita bikin panitia kecil aja bagaimana?

Kuple;
Ya enak begitu si mas jadi jelas 

Mas dwi:
Nanti nunggu si Arif dan Handoko datang

Selang beberapa saat mereka mengobrol berdua datanglah Handoko dan Arif.
Ssssssssst…..

Kuple;
Weh lama bro bro dari tadi ditunggu enggak keluar - keluar, mencret apa loe

Arif:
Iya kawan aku mencret.

Kuple;
Amit amit dah

Arif;
Kenapa amit amit, mau apa kamu?

Kuple;
Idih ogak, buat kamu aja

Arif:
Hahaha kirain mau

Kuple:
Sudah bikin kopi dulu sana, lama ini enggak ada hujan dari tadi (kuple bermaksud menyindir mas dwi)

Mas dwi;
Weh dasar pasukan gratisan ini, maunya yang gratis gratis, ya sudah rif bikini 3 gelas kopi nya.

Arif; 
Oke deh

Sambil si arif bikin kopi mas Dwi, Handoko, Gun dan Kuple melanjutkan pembicaraan mereka.

Gun;
Jadi bagaimana mas, sapa ini yang jadi ketua panitia

Mas dwi:
Kamu aja gimana

Gun;
Waduh gak bisa aku mas

Mas dwi:
Belajar lah

Gun;
Handoko aja mas yang sudah berpengalaman

Mas dwi:
Bagaimana Handoko, siap?

Handoko; 
Oke deh mas siap aku, tapi mas Gun wakil ketua ya 

Gun;
Oke deh

Mas dwi:
Mas arif perlengkapan ya

Arif:
Oke bro (berteriak karena dibelakang bikin kopi)

Mas dwi:
Mas kuple sekretaris ya.

Kuple:
Ya sudah iya deh.

Akhirnya terbentuklah panitia seminar yang akan diadakan minggu depan.

---Tamat---

Meski singkat, naskah drama 5 orang ini tentu saja terdiri lebih dari satu lembar kertas karena jumlah pemainnya saja sudah lima orang. Nah, bagi pembaca yang kurang berkenan dengan cerita drama di atas tidak perlu khawatir karena kami juga sudah menyiapkan beberapa judul lain yang bisa dipelajari.

Ada beberapa judul lain yang sudah disiapkan di bagian bawah, jika berkenan tinggal di pilih saja mana yang kira-kira sesuai. Jangan lupa, agar tidak ketinggalan berbagai cerita lain maka sebaiknya catat alamat situs ini.

Sering-sering saja berkunjung ke situs ini untuk mendapatkan berbagai cerita terbaru lainnya. Di situs ini ada banyak cerita yang terus dibagikan baik cerpen, drama, puisi dan berbagai cerita lain yang bermanfaat. Itu saja kali ini semoga bermanfaat.

Back To Top