Contoh Puisi Terbaru dan Analisisnya

Hari ini kita akan membagikan sebuah contoh analisis puisi yang didalamnya akan dibagikan puisi dan analisisnya. Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah sebuah puisi cinta terbaru yang cukup menarik dan bagus untuk dibaca.


Sedangkan analisis yang akan diberikan untuk puisi tersebut adalah analisis unsur-unsur yang ada dalam puisi tersebut. Sebelumnya kita memang sudah banyak membagikan puisi-puisi terbaru namun untuk yang disertai analisis mungkin memang masih sedikit jadi kita usahakan untuk ditambah lagi. 

Puisi terbaru yang akan kita bahas kali ini adalah puisi cinta yang terdiri dari 4 bait singkat. Puisi ini menggunakan pilihan kata atau diksi yang cukup menarik sehingga pertautan makna keseluruhannya tergambar dengan baik.

Penasaran seperti apa puisi tersebut? Tenang, sebelum sampai ke pembahasan tersebut kita lihat juga beberapa analisa lain di bawah ini!

5) Puisi dan analisis unsur intrinsiknya
6) Contoh analisis puisi
7) Analisis puisi chairil anwar
8) Makalah analisis puisi
9) Analisis puisi cintaku jauh di pulau
10) Analisis puisi senja di pelabuhan kecil
11) Analisis puisi anak

Karena puisi yang akan dibagikan berikut ini disertai dengan analisis maka tidak akan diceritakan terlalu banyak mengenai puisi tersebut. Nanti setelah membaca sendiri maka kita bisa berlatih untuk menganalisa bagaimana unsur ekstrinsik atau intrinsik dari karya sastra tersebut. Sekarang lebih baik kita baca dan cermati langsung karya tersebut di bawah ini.

Kesepian Kalbu
Puisi Oleh Gunarto

Kucuran air mata tak dapat kubendung
Deraian panas hati tak dapat ku sesali
Begitu perih, dan sakit
Merana meratapi nasib ini yang tak kunjung usai

Bergetar ingin menangis 
Sadis rasanya hidup ini tanpamu
Seperti ingin naik ke atas bukit
Lalu terbang bersama jatuhnya dedaunan

Sepi, begitu sepi hati ini
Nan sadis sengsara ini menyapa ku
Ingin ku lupakan semua tentangmu
Namun kutak mampu

Terenyuh kalbu ini
Ingin ku luapkan dalam sebuah syair harapan
Tapi hanya emosi yang aku rasa
Saat bayangmu dipelupuk mata mimpi ini

Bisa kita lihat, Contoh Puisi Terbaru dan Analisisnya tersebut cukup singkat bukan? Puisi tersebut merupakan puisi 4 bait singkat dengan tema cinta yang cukup menarik. Masing-masing bait terdiri dari empat larik atau baris yang tersusun dengan begitu apik.

Nah, setelah puas membaca puisinya mari kita lihat beberapa analisis untuk puisi di atas. Analisis di bawah ini merupakan analisis unsur instrinsik namun tidak meliputi analisis mengenai majas dan gaya bahasa yang ada dalam puisi tersebut. 

Analisis Unsur Intrinsik

a) Tema
Puisi di atas berisi tentang percintaan. Hal ini dapat diketahui dari beberapa larik yang disuguhkan penulis, misalnya saja larik “sadis rasanya hidup ini tanpamu”. Larik tersebut menggambarkan dengan jelas keadaan seseorang yang kehilangan seseorang, cinta yang ia miliki.

Larik berikutnya yaitu “saat bayangmu dipelupuk mata mimpi ini” juga menggambarkan ikatan perasaan antara penulis atau tokoh utama dalam puisi tersebut dengan seseorang, yang ternyata tidak lepas dari ingatan sampai terbawa mimpi.

b) Nada dan Suasana
Nada berarti sikap penyair dengan pembaca puisi sedangkan suasana berarti menitik beratkan kepada pembaca setelah membaca puisi tersebut. Dalam puisi berjudul “kesepian kalbu” di atas dapat dilihat jelas bahwa suasana hati sang penyair (penulis) adalah sedih dan marah. Suasana hati yang berkecamuk tersebut dapat dilihat dari beberapa penggal larik misalnya “kucuran air mata tak dapat kubendung”. 
Ada juga perasaan putus asa yang digambarkan dalam larik “Seperti ingin naik keatas bukit” dan “Lalu terbang bersama jatuhnya dedaunan”. Syair-syair di atas mengajak kita sebagai pembaca untuk menyelami suasana hati seorang pecinta yang ditinggal kekasih. Kita akan ikut merasakan sedih, putus asa, frustrasi dan banyak perasaan lain yang berkecamuk. 

c) Perasaan
Perasaan penyair yang dapat ditangkap dalam puisi di atas adalah perasaan sedih, marah dan putus asa. Kata-kata “perih”, “sakit”, dan kata “emosi” begitu jelas menggambarkan bagaimana perasaan yang ada pada diri penyair. 

d) Amanat
Dari keseluruhan puisi di atas maka dapat dilihat amanat puisi tersebut adalah bahwa putus cinta atau ditinggal kekasih adalah sebuah hal yang memang sudah menjadi bagian dari perjalanan cinta. Cinta sendiri adalah sebuah perjuangan dan pengorbanan maka jika terjadi sesuatu yang menyedihkan hendaknya kita tetap harus memandang segala sesuatunya dengan positif. 

Meratapi cinta yang hilang, putus asa dan mengakhiri hidup, atau berlarut-larut dalam kesedihan adalah bukan sesuatu yang bijak dan bukan merupakan watak seorang pecinta. Maka teruslah bangkait, move on!

Lumayan, mudah-mudahan Contoh Puisi Terbaru dan Analisis di atas bisa menjadi bahan tambahan untuk kebutuhan belajar kita. Dan semoga karya di atas juga bisa menjadi bahan hiburan dan bahan bacaan yang bermanfaat. Jangan lupa, lihat juga beberapa contoh lain yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan ini. Itu saja, silahkan dilanjutkan.

Tag : Analisis, Cinta, Puisi
Back To Top