Contoh Puisi Cinta 4 Bait Terbaru

Contohcerita.com - Sama indahnya, puisi cinta 4 bait juga menarik. Puisi memang merupakan karya seni yang memang bisa memberikan keindahan tersendiri baik yang panjang maupun yang pendek. Maka dari itu saya pribadi tidak pernah yang namanya bosan untuk membaca karya-karya baru yang masih segar dan belum pernah dibaca sebelumnya.


Seperti misalnya dua puisi singkat yang akan segera kita baca kali ini. Baik dari keindahan makna maupun keindahan syair yang tertata, puisi memang bisa menjadi sebuah media dalam menuangkan ide, gagasan dan pemikiran tentang berbagai hal. Sebelum lebih jauh, baca juga puisi berikut!

1) Puisi persahabatan empat bait
2) Puisi galau 4 bait
3) Puisi sedih
4) Puisi sosial

Bukan hanya tema cinta sebenarnya yang bisa dimuat, puisi bisa menyentuh segala macam tema yang sesuai keinginan penyair nya. Lalu bagaimana dengan dua puisi terbaru berikut ini, apakah karya tersebut merupakan luapan emosi dan perasaan penulisnya atau bagaimana?

Puisi pertama berjudul “kau tak sempurna”, puisi tersebut merupakan puisi tentang cinta. Puisi yang hanya terdiri dari empat bait tersebut menggambarkan dengan jelas bagaimana kekuatan sebuah cinta yang tumbuh dalam hati, yaitu mampu menjadikan kekurangan pasangan sebagai sesuatu yang lumrah dan tidak perlu dipermasalahkan. 

Berikutnya, “galau” juga merupakan puisi cinta yang menggambarkan tentang cinta. Sedikit berbeda dengan yang pertama, puisi ini lebih menunjukkan sisi lain dari sebuah cinta yaitu kegelisahan yang melanda dalam hati. Kenapa gelisah atau galau, tentu saja kita bisa menemukan jawabannya jika membaca karya tersebut. Maka dari itu mari kita baca saja kedua puisi cinta 4 bait tersebut di bawah ini.

Kau Tak Sempurna
Oleh Gunarto

Ku kagumi kelemahanmu 
Kucintai semua kekuranganmu
Itu bagiku indah
Karna kau tak sempurna

Saat senja datang hentikan siang
Saat itulah ku rasa kekuranganku 
Kukagumi kelemahanmu
Kucintai semua kekuranganmu
Karna bagIku indah 

Meski jauh 
Kau tetap yang terindah 
Meski rapuh 
Kau tetap yang terindah
Karna kau tak sempurna

Kukagumi kelemahanmu
Kucintai semua kekuranganmu
Itu bagiku indah
Kau yang tak sempurna

Galau
Oleh Gunarto

Hatiku bimbang memikirkanya
Mataku terpejam sejenak dalam hening.
Berfikir dan berfikir tak tau arah dan tujuan
Egoku melambung bagai kabur .

Tak pasti aku melangkah 
Tak jelas aku mencari
Hanya nada dan rintik hujan yang menemani.

Fikiranku jenuh tanpa arah
Kabur seperti kapas 
Terbang hanya terbang entah kemana
Sendu dalam sunyi

Aku tak tau kemana harus melangkah 
Mataku memandang jauh tak sadar
Setiap hari hanya nada palsu 
Yang tek berarah

Untuk sementara ini kita hanya akan membaca terlebih dahulu kedua contoh puisi cinta 4 bait di atas. Lain waktu kita akan membahas lagi kedua puisi di atas dengan lebih detail. Lain waktu kita akan mencoba melakukan analisis bagaimana unsur intrinsik, ekstrinsik, gaya bahasa dan berbagai aspek atau unsur puisi lainnya. Dengan begitu puisi di atas bukan hanya akan berguna untuk hiburan saja tetapi bisa bermanfaat untuk kegiatan belajar.

Sekarang, setelah selesai dengan kedua judul di atas bagi yang ingin membaca puisi lainnya bisa melihat beberapa judul yang sudah disiapkan dibagian bawah. Ada beberapa karya lain yang sudah dipilih dan disiapkan untuk rekan pengunjung semua yang juga tidak jauh berbeda dengan tema yang di atas. Jika kurang berkenan silahkan cari melalui kotak pencarian situs untuk mendapatkan berbagai karya lain yang diinginkan. Itu saja, selamat menikmati!

Tag : Cinta, Puisi
Back To Top