Contoh Cerpen tentang Bencana Terbaru

Cerita ini bisa dikatakan sebagai Cerpen tentang Bencana, karena didalamnya berkisah mengenai kegiatan relawan dalam berlatih menghadapi bencana yang bisa dan biasa terjadi. Untuk tema cerpen seperti ini mungkin masih sedikit yang bisa kita temukan di situs ini.

Cerpen tentang Bencana

Namun seiring berjalannya waktu kita akan terus menambah berbagai koleksi yang ada. Masih seperti karya lain yang sudah ada, cerpen berjudul “instruktur yang baik” berikut ini juga merupakan cerpen yang cukup singkat. Jadi bisa selesai di baca sekali duduk sebagai teman santai di sore hari. 

Dari segi bahasa, contoh cerpen bencana berikut merupakan cerpen yang sederhana. Bahasa yang digunakan adalah bahasa kehidupan sehari-hari yang mudah dimengerti. Jadi, cerpen ini akan lebih mudah jika dijadikan bahan kajian atau telaah atau penelitian mengenai unsur-unsur cerpen-nya. Sebelum saya ceritakan sedikit mengenai jalan cerita cerpen tersebut mari lihat juga beberapa karya lain di bawah ini.

1) Cerpen tentang bencana banjir
2) Cerpen tentang bencana alam banjir
3) Cerpen tentang bencana alam gempa bumi
4) Cerpen tentang bencana alam tsunami
5) Kumpulan cerpen bencana alam
6) Cerpen bencana alam gunung meletus
7) Cerita pendek tentang bencana alam
8) Cerita pendek tentang bencana alam dalam bahasa inggris

Cerpen bencana alam di bawah ini tidak bersinggungan langsung dengan cerita bencana. Cerpen ini berkisah mengenai persiapan beberapa orang untuk menjadi relawan tanggap bencana.

Ceritanya seputar kegiatan mereka dalam pelatihan untuk menjadi relawan dimana mereka harus belajar banyak hal sebelum bisa menjadi relawan yang bisa terjun langsung di lapangan. Penasaran bagaimana kisah seru tersebut, mari kita baca langsung di bawah ini!

Instruktur Yang Baik
Cerpen Oleh Gunarto

Menjadi relawan, ya mungkin itu salah satu judul ceritaku kali ini. Suatu hari kampus kami ingin mengadakan pelatihan relawan dan calon relawan untuk tanggap bencana banjir tahunan. Hari Rabu kemarin tepatnya kami bersama teman - teman dan rekan - rekan kami mengikuti pelatihan relawan untuk acara masa tanggap bencana dan pelatihan tanggap darurat relokasi penduduk.

Berangkatlah kami berempat untuk mengikuti pelatihan bersama polisi militer dan anggota badan SAR NASIONAL. Yang berlokasi di sebuah kabupaten di provinsi di tanah air.

Kami berempat adalah pemuda yang sejak dulu mengidam idamkan pelatihan tanggap bencana kami dari dulu sering belajar pelatihan militer di gerakan pramuka saka bhayangkara.kami terbiasa dengan pelatihan - pelatihan militer keras karena kami dari SMA juga telah aktif di pramuka baik lokal maupun regional.

Akhirnya berangkatlah kami berempat untuk mengikuti pelatihan itu. Kami tidak mempunyai perlengkapan yang banyak sebenarnya karena semua perlengkapan sudah di sediakan dari panitia.

Berangkatlah kami berlima mengikuti pelatihan itu dan sesampainya di lokasi kami langsung di hadapkan pada persiapan pelaksanaan tanggap darurat bencana itu. Dari panitia hanya mempersiapkan perlengkapan kepanitiaan dan perlengkapan pelatihan itu dari kami hanya di berikan arahan untuk memanfaatkan semua perlengkapan yang sudah ada bagaimana pun caranyayang penting mereka hanya terima beres saja.

Bingunglah kami pada saat akan menggunakan perlengkapan itu pada hal kami belum bisa menggunakan perlengkapan itu karena kami memang belum pernah menggunakannya.

Kebingungan itu terjawab saat kami akhirnya memutuskan untuk belajar dahulu pada instruktur kami yang ada di depan perkemahan kami. Kami mulai di ajari bagaimana mempersiapkan, mengkoordinir tim dan mengunakan semua perlengkapan yang sudah diberikan oleh panitia.

Dimulai dari bagaimana menggunakan perlengkapan kami mulai belajar satu persatu, dari mulai cara menggunakan kapal pada saat banjir sampai pada menggunakan untuk keperluan konsumsi dan lain lain.

Selanjutnya kami diajarkan cara mengkordinir tim agar tim dapat melaksanakan kerja sama yang baik untuk tanggap bencana.

Dari beberapa pelajaran yang sudah di ajarkan oleh instruktur kami dapat sedikit mengerti apa apa saja cara dan fungsi menggunakan perlengkapan yang akan kami gunakan untuk pelatihan tanggap darurat bencana.

Akhirnya kami kembali ke perkemahan kami yang ada di beskem instruktur pelatihan kami dan kami pun mulai mengerti tata cara menggunakan perlengkapan yang sudah panitia persiapkan.

Setelah kami kembali dari tempat instruktur kami, kami lantas bergegas kembali ke perkemahan dan mulai melanjutkan tugas kami selama di perkemahan pelatihan itu.

Lega rasanya karena kami dapat menjalankan tugas tugas kami yang ada di perkemahan dan mulai melanjutkan tugas tugas kami.

Aku sendiri tidak mengerti awalnya cara menggunakan perlengkapan itu karena di pramuka perlengkapannya hanya perlengkapan yang sederhana. Tapi akhirnya kami bersyukur karena kami dapt menjalankan dan melaksanakan tugas kami di pelatihan itu.

Hari demi hari kami lalui di pelatihan itu karena pelatihan itu kami lakukan selama satu minggu dan kami sangat bersyukur karena kami mendapatkan pengalaman yangt sangat berkesan dan menarik.

Sampailah kami di akhir acara pelatihan itu kami merasa sangat senang. Dari beberapa kelompok yang kami semua berkumpul kami adalah salah satu tim yang mendapatkan nilai yang terbaik.

Kami tidak menyangka tim kami mendapatkan nilai yang bagus dalam pelatihan itu dan kami merasa bangga dengan semua pelatihan yang telah kami lakukan. Kami merasa senang karena selain kami mendapatkan nilai yang baik kami juga mendapatkan pelajaran militer yang dapat kami aplikasikan sehari hari.

Tibalah saatnya kami pada acara penutupan pelatihan itu. Tak disangka pada acara penutupan itu panitia membacakan pencapaian nilai tertinggi pada acara pelatihan itu dan kami mendapat nilai terbaik dua dari 50 kelompok pelatihan.

Betapa bersyukurlah kami, kami mendapat nilai yang sangat memuaskan hati dan pikiran kami. kami sadar tanpa bantuan instruktur kami tidak berarti apa apa karena instruktur itu telah mengajarkan apa yang tidak kami ketahui sebelumnya.

Kami sekali lagi merasa senang dengan hasil pencapaian kami pada pelatihan ini.

… Sekian …

Seandainya Contoh Cerpen tentang Bencana Terbaru di atas kurang berkenan di hati rekan pengunjung semua silahkan cek juga beberapa cerita lain yang sudah disiapkan di bagian bawah. Di bagian akhir tulisan ini juga telah disiapkan beberapa pilihan cerpen yang sesuai dengan tema yang sedang kita baca kali ini.

Mudah-mudahan dari sekian banyak yang disiapkan ada salah satu yang benar-benar cocok dengan yang sedang dicari. Itu saja, silahkan dilanjutkan!

Back To Top