Contoh Cerpen Pendidikan tentang Pelajar

Rekan pelajar biasanya paling suka membaca cerpen pendidikan tentang pelajar karena ceritanya banyak yang pas dengan apa yang dialami ketika belajar di sekolah. Kisah atau cerita seperti itu biasanya bisa menyentuh hati karena sesuai dengan pengalaman yang kita lalui.


Pada akhirnya kebanyakan bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi agar lebih semangat, rajin dan giat dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Ceritanya menarik dan bahasa yang digunakan pun sangat mudah dipahami jadi cerpen pendidikan tersebut sangat cocok untuk dijadikan bahan bacaan bagi para siswa.

Untuk alur atau jalan cerita dari cerpen singkat berikut tidak akan diceritakan secara detail agar kita bisa membacanya sendiri. Tapi sebelum itu mari kita lihat beberapa koleksi cerpen lain di bawah ini yang juga memiliki tema yang sama dan tidak jauh berbeda. Berikut beberapa tema lain yang bisa kita baca juga!

6) Cerpen lucu
7) Cerpen smp
8) Cerpen karakter
9) Cerpen moral

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk bekal kehidupan masa depan, karena itu pendidikan menjadi subjek yang sebaiknya benar-benar diperhatikan. Pentingnya pendidikan juga menjadi perhatian penulis khususnya untuk penulis cerita pendek sederhana.

Seperti pada cerpen yang berjudul “pahit manis masa sekolah” yang segera akan kita baca bersama. Cerpen ini mengisahkan perjalanan dan suka duka menjadi seorang pelajar. Sekarang mari kita baca langsung bagaimana kisah cerpen tersebut!

Pahit Manis Masa Sekolah
Cerpen Oleh Gunarto

Saat saat aku sekolah adalah saat saat di mana aku sangat senang. Memang kata orang masa putih abu abu memang masa - masa yang tidak bisa di lupakan. Bagaimana tidak, masa - masa SMA adalah masa di mana banyak kehidupan yang terjadi di kalangan generasi muda yang menurut mereka masa SMA adalah masa yang paling indah. 

Di masa inilah banyak kaum remaja memiliki pengalaman yang berkesan bahkan menyedihkan di dalam hidupnya. Misal dari urusan percintaan sampai urusan pekerjaan hadir atau ada pada masa masa ini. Contohnya seseorang mengalami indahnya jatuh cinta pasti pada saat masa ini. Karena masa ini bagi sebagian orang merupakan masa masa yang paling indah. 

Dari jatuh cinta misalnya seseorang mulai mengenal lawan jenis, mulai jatuh cinta pada pandangan pertama dan lain lain. Begitu indah rasanya pada saat itu. Dari pelajaran di sekolah pun masa ini merupakan masa yang cukup menjengkelkan.

Bagaimana tidak seseorang di tuntut untuk mempelajari materi materi yang tidak mereka sukai dan mereka terpaksa melakukannya karena memang sudah tanggung jawabnya sebagai siswa.

Begitu juga dengan yang ku alami saat itu saat aku SMA aku mengalami semuanya. Dari cintaku yang bertepuk sebelah tangan sampai pada kebencian kepada guru karena selalu mengganggu keinginan ku. Aku pernah jatuh cinta kepada seseorang tetapi sampai saat ini aku belum mengungkapkan rasa sayang itu kepada orang tersebut.

Karena aku pada waktu SMA adalah anak yang pemalu jadi aku takut sekali mengungkapkan rasa sayang itu karena aku takut sekali jikalau pada saat aku mengungkapkan rasa cinta itu aku di tolak mentah mentah. 

Soalnya aku sudah pernah mengungkapkan perasaan cintaku itu kepada orang lain tetapi hasilnya gagal jadi aku rasa aku masih trauma jika harus mengungkapkan perasaan itu lagi dan di tolak lagi. Tak karuan rasanya dan selalu teringat masa itu karena sebenarnya aku juga sangat sayang sama dia. Tetapi mungkin dia masih ingin fokus belajar jadi belum, terlalu memperhatikan laki laki pada umumnya yang suka sama dia.

Sejujurnya aku merasa kecewa dengtannya karna aku di tolak tapi bagiku aku tidak mengapa karna laki laki itu harusnya pantang menyerah karna menyerah itu bagiku bukan hal yang baik dari laki laki.

Hari hari telah berlalu aku mencoba bangkit dari keterpurukanku karna di tolak sama dia orang yang pernah benar benar aku sayangi dan cintai. Ku lewati waktu demi waktu terus berputar dan aku yakin aku bisa melewati semua ini pada waktu itu.

Tetapi pada saat ini aku juga masih mengharapkan kita untuk bertemu lagi tetapi hal itu tidak mungkin karna dia juga saat ini sudah di miliki oleh orang lain. Tidak mengapa lah bagiku karna di dunia ini masih banyak yang lain yang lebih baik darinya dari pada aku harus menginginkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi karna terlalu mengharapkan yang semu.

Aku faham dengan keadaan ku sendiri dan aku merasa yakin akan diri ku sendiri dan menganggap diiri ini harus mampu menjadikan diri ini merasa bangga akan diri sendiri.terkadang aku juga merasa heran kenapa diriku lama untuk bangkit dari keterpurukan ku sendiri.

Tapi ya sudahlah yang lalu biarlah berlalu. Sekarang ini hatiku bukan miliknya lagi. Buat apa memberikan hati tetapi orang itu sama sekali tidak menghargai hati dan perasaan kita sendiri. jenuh lah menurutku. Hati ini sudah milik dia dan semoga dia mengerti apa yang aku rasakan saat ini karena aku benar benar sayang sama dia tetapi dia belum mengerti apa yang aku rasakan.

Aku sendiri saat ini sudah menempuh jenjang pendidikan sarjana sebenarnya itu hanya sekelumit kecil dari beberapa cerita ku saat aku masih duduk di bangku SMA. Masa dimana aku dapat berkumpul dengan teman teman sebaya tanpa hambatan dan rintangan. Saat ini fokusku adalah masa depan bukan percintaan.

Jika kita saat ini masih berfokus utama pada pencapaian percintaan berarti kita telah lima langkah ketinggalan dari orang orang yang ada di samping kita.

Yang lalu biarlah berlalu saatnya kita menempuh masa depan kita dan keluarga kita dimasa yang akan datang.

Sekian cerita singkat dariku semoga bermanfaat buat teman teman semua. Jangan pernah meratapi yang telah berlalu jika hari ini dan hari esok itu lebih penting dari masa lalu kita untuk masa depan kita. Sampai jumpa.

… Sekian …

Begitulah tadi cerita dalam cerpen pendidikan tentang pelajar di atas. Mudah-mudahan ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari apa yang ada dalam cerpen pelajar tersebut. Jangan lupa, selain kisah di atas silahkan baca juga beberapa kisah menarik lain yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini. Kalau tidak ada yang berkenan silahkan cek cerita pendek lain di bagian kategori cerpen.

Back To Top