Cerpen Terbaru tentang Politik

Sesuai dengan tema, cerpen tentang politik tentu saja membahas mengenai politik. Ceritanya tentu saja tak jauh dari permasalahan mengenai politik baik yang bersifat positif maupun negatif. Dunia politik memang merupakan salah satu subjek yang cukup menarik untuk dibahas, begitu pun dalam pandangan penulis cerpen.

Cerpen Terbaru tentang Politik
Foto: Ilustrasi
Tema politik menjadi salah satu tema yang tak luput dari perhatian mereka. Cerpen terbaru kali ini berjudul “gila politik”. Cerpen tersebut menceritakan hobi seseorang yang begitu gila dan menyukai dunia politik.

Dalam cerpen tersebut digambarkan bagaimana seseorang – tokoh aku – dalam perjalanan hidupnya selalu dekat dengan hal yang berkaitan dengan politik. Mungkin, dari situlah kedekatan terbangun sehingga pada akhirnya sang “aku” menjadi sangat menyukai dunia tersebut.

Gila Politik
Oleh Gunarto

Gila politik. Ya mungkin itu adalah salah satu sebutan ku di universitas. memang orang yang belum mengenal ku mereka menganggap aku adalah orang yang selalu berfanatik dengan aliran politik atau sejenisnya. Ya memang begitulah aku. Aku selalu aktif pada semua organisasi yang berbau politik seperti himpunan mahasiswa dan yang sejenisnya.

Aku selalu tertarik dengan setiap detik demi detik tentang politik. Oleh karena itu aku di anggap orang yang berjiwa politik. Tapi ya biarlah orang anggap apa memang pada kenyataannya memang aku begitu.

Aku selalu menyangkut pautkan organisasi dengan politik karena aku memang menyukai politik praktis. Bagi ku politik adalah hal yang sangat menarik untuk selalu ku ikuti karena memang politik sangat berpengaruh untuk kehidupan kita sehari-hari sebagai rakyat biasa. 

Politik bagi ku akan membawa ku pada sebuah hal yang ku anggap kritis. Karena politik itu kejam jadi aku sangat memperhatikannya. Setiap kegiatan yang ku ikuti di dalam kampus juga sarat dengan bau politik, seperti demo mahasiswa, orasi dan lain lain.

Aku memang orang yang sangat tertarik dengan dunia politik karena dari dulu politik adalah dunia ku. Aku tidak pernah mendapatkan nilai tinggi ketika pelajaran ilmu sosial kecuali mata kuliah ilmu politik dan hukum.

Bagi ku politik membawa ruang dimensi tersendiri dalam dunia pemikiran ku karena politik adalah seni kepemimpinan. Pernah suatu ketika aku mengikuti organisasi mahasiswa yang bernama himpunan mahasiswa islam.

Dimana kegiatan utamanya adalah pada kontrol sosial politik seperti demo dan orasi. Kala itu aku menganggap demo adalah hal utama dari mahasiswa karena mahasiswa adalah agen perubahan. Bagi ku mahasiswa kalau belum ikut demo sama aja bukan mahasiswa.

Mahasiswa yang tidak ikut demo hanya diam di kelas mendengarkan dosen berbicara pulang dan makan. Bagiku itu adalah hal yang kurang wajar bagi kalangan intelektual.

Kala itu aku mengikuti demo karena ajakan ketua organisasi. Karena organisasi itu sesuai dengan jalan pikiran ku jadi aku mengikuti saja tanpa aku melihat sisi pandang lain dari demo itu.

Ya demo, bagi ku demo adalah hal utama dari organisasi mahasiswa sekelas HMI. Tanpa demo mahasiswa tidak dapat melakukan control sosial kemasyarakatan.

Kala itu aku di tunjuk sebagai koordinator lapangan yang tugasnya mengarahkan mahasiswa lain untuk berdemo. Aku sangat semangat dalam melaksanakan tugas itu. Aku mengarahkan mahasiswa untuk tidak rusuh dan anarkis dalam berdemo. Tetapi menggunakan cara cara persuasif dalam menyelesaikan setiap masalah yang terjadi di tingkat pemerintahan dan daerah.

Bagi kami anarkis adalah hal yang buruk tidak mencerminkan kami sebagai kaum intelektual. Ya mungkin itu adalah sebab mengapa aku di anggap sebagai mahasiswa yang gila politik karena memang aku selalu aktif di dalam kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan politik.

….. Sekian …

Cerpen di atas benar-benar menggambarkan secara jelas bagaimana pengalaman seseorang dalam bidang politik. Menarik dan sangat menghibur menurut saya. bagaimana dengan anda, apakah Cerpen Terbaru tentang Politik tersebut berkenan di hati anda?

Ya, mohon maaf jika ternyata kisah dalam cerpen tersebut kurang berkenan di hati pembaca semua. Sebagai gantinya, jika memang satu cerpen di atas kurang begitu pas pembaca semua bisa melihat-lihat karya tema politik lainnya yang sudah dipilihkan dan disiapkan dibagian akhir tulisan ini.

Sebagai bentuk komitmen kami dengan tujuan situs ini maka kami akan terus berusaha sekuat tenaga untuk menyediakan berbagai cerpen lain dengan tema-tema yang dibutuhkan. Setiap hari akan kami usahakan untuk setidaknya menambah satu judul cerpen untuk koleksi yang sudah ada. Dengan begitu pembaca semua akan lebih leluasa dalam mencari berbagai karya yang dibutuhkan. Itu saja untuk kali ini, sampai bertemu pada cerpen terbaru selanjutnya.

Back To Top