Cerpen tentang Organisasi Mahasiswa

Cerpen tentang Kegiatan Organisasi Mahasiswa Kampus - Pernah membaca Cerpen tentang Organisasi Mahasiswa, pasti pernah dong. Kalau cerpen tema seperti ini biasanya ya isinya tentang seputar kegiatan kemahasiswaan atau juga seputar berbagai hal yang berhubungan.


Untuk melengkapi koleksi yang sudah ada kembali kita akan memberikan satu buah contoh untuk cerpen tema tersebut. Cerita dalam cerpen ini bagus kok, rugi deh kalau kita melewatkan ceritanya. Ketika masa sekolah dulu ada kegiatan ekstrakurikuler siswa pecinta alam (SISPELAM) dan ketika kuliah ada kegiatan organisasi mahasiswa yaitu mahasiswa pecinta alam (MAPALA), serupa tapi tak sama.

Ya, kegiatan-kegiatan seperti itu biasanya memang sangat menarik untuk diceritakan kembali. Karena dalam berbagai aktivitas di luar kelas tersebut banyak hal yang bisa kita jumpai, banyak pula pengalaman menarik yang bisa dialami. Lalu bagaimana dengan cerpen yang akan kita baca ini?

Cerpen berjudul “salah memilih ketua” ini ditulis oleh Gunarto. Cerpen tersebut menggunakan teknik penceritaan yang sederhana dengan “aku” sebagai tokoh utamanya. Dilihat dari judulnya, cerpen organisasi mahasiswa ini mengisahkan tentang pemilihan ketua baru yang pada akhirnya kurang sesuai atau kurang cocok dengan apa yang diharapkan sebelumnya.

Bisa jadi ketua yang dipilih tidak memiliki kriteria yang bagus dan bisa juga pemimpin tersebut berubah kepribadiannya. Dari pada salah cerita, dan akhirnya menimbulkan salah persepsi lebih baik kita baca langsung selengkapnya di bawah ini!

Salah Memilih Ketua
Cerita Oleh Gunarto

Salah memilih ketua yang pintar. Ya mungkin itu adalah sedikit penggalan cerita ku kali ini. Saat itu kami bingung dan bimbang dalam memilih ketua organisasi kampus ku. Kampus kami memang kampus yang belum begitu besar karena memang kampus kami baru berdiri sekitar dua tahun yang lalu jadi kami masih harus banyak belajar dari kampus kampus yang lain.

Hari itu adalah hari yang sangat menentukan untuk kami dalam berorganisasi. Karena kelanjutan organisasi akan berlangsung selama dua tahun ke depan. Oleh sebab itu kami harus benar benar bisa memilih calon ketua organisasi yang baik dan dapat membawa organisasi ini menjadi maju.

Kami adalah mahasiswa cukup proaktif di dalam kampus. Hal ini terbukti dengan banyaknya program program yang akan kami kembangkan jika suatu saat kita juga masuk dalam organisasi tersebut. Organisasi ini adalah organisasi mahasiswa pecinta alam atau MAPALA. Organisasi ini kami dirikan juga belum terlalu lama. Baru seumur dengan kampus kami berdiri.

Organisasi ini lebih menitik beratkan kepada kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan alam. Aku sendiri adalah mahasiswa pecinta alam. Aku pernah bekerja di gunung jadi aku menyukai tantangan yang berkenaan dengan alam.

Hari itu adalah hari senin pagi. Saatnya yang di tunggu tunggu dating, yaitu pemilihan ketua mapala yang baru untuk periode dua tahun yang akan datang. Hari itu adalah hari yang menentukan untuk kelanjutan organisasi ini karena organisasi ini adalah penting menurut ku sebagai wadah pengembangan mahasiswa dalam bidang pengembangan lingkungan.

Organisasi kami berfokus pada perbaikan lingkungan dan pemanfaatan lingkungan secara berkelanjutan. Oleh sebab itu organisasi harus visioner ke depannya karena untuk kebaikan bersama.

Tibalah saatnya kami semua berkumpul di markas organisasi kita dan bermusyawarah mengenai mekanisme pemilihan dan penetapan ketua. Di mulai dari cara memilih ketua sampai pada penetapan ketua secara resmi.

Untuk pemilihan ketua kami menggunakan cara pengajuan diri, maksudnya kami salah satu dari kami mengajukan untuk dipilih secara demokrasi. Akhirnya dapatlah kita 5 orang calon ketua organisasi. Dan semuanya memang orang orang kita sendiri. Aku sendiri mengajukan diri dalam pemilihan ketua itu.

Walaupun pada akhirnya aku tidak terpilih sebagai ketua organisasi tersebut karena kalah suara. Aku hanya mendapatkan suara sekitar 50 orang jauh di bawah ketua terpilih yang mendapatkan 87 suara. Ya sudahlah tidak apa apa menurut ku karena itu adalah hal yang wajar dalam organisasi.

Akhirnya terpilihlah ketua organisasi kami. Dia adalah teman ku sendiri, Rendi namanya. Dia cukup rajin si dalam organisasi ini, tapi ya memang dia orangnya kurang proaktif dalam mengarahkan anak buahnya. Tapi itu semua kan sudah suara terbanyak dari teman teman fikirku. Semoga saja dia dapat menjalankan fungsi ketuanya dengan baik.

Hari berlalu dan kami akan langsung mengadakan kegiatan rutin kami di daerah pedalaman yang akan dilaksanakan pada hari ini. Tapi pada kenyataannya ketua kami saat kami berkumpul tetapi ia belum datang. Kami menunggu lama baru akhirnya dia datang dan meminta maaf kepada kami bahwa dia telah terlambat mengikuti apel persiapan kegiatan.

Ya tidak apa apa lah fikir kami untuk pertama kalinya dia terlambat ketika dia baru saja terpilih menjadi ketua organisasi. Dan kami memaafkan ketua kami.

Hari pun berlalu kami mengadakan kegiatan demi kegiatan tetapi ketua kami selalu terlambat datang. Dan kami merasa kami telah salah memilih ketua kami, karena dari sekian kegiatan dia tidak dapat mengurus kegiatan organisasi ini. Dari sanalah kami mengadakan rapat harus bagaimana kita terhadap ketua yang tidak mampu mengurus dan mengarahkan organisasi.

…. Sekian …..

Bagaimana, bagus bukan? Sudah bahasanya sederhana, alur ceritanya menarik, rugi deh kalau sampai melewatkan kisah-kisah menarik di sini. Makanya, sering-sering saja berkunjung ke situs contohcerita.com ini untuk mendapatkan kisah-kisah segar seputar kehidupan yang penuh makna, penuh kesan dan penuh intrik. Beberapa karya lain selain cerpen tentang kegiatan organisasi mahasiswa di atas sudah disiapkan dibagian akhir tulisan ini. Silahkan cek satu-satu siapa tahu ada judul yang berkesan bagi rekan semua.

Back To Top