Cerpen Perjalanan yang Melelahkan

Untuk cerita kali ini adalah cerpen terbaru tentang sebuah perjalanan. Cerpen ini diharapkan dapat menambah koleksi cerita yang sudah ada. Pastinya rekan semua belum pernah membaca cerpen ini karena ini memang baru sekali diterbitkan di sini.

Bagi yang hobi dan suka membaca cerpen tentu saja berbagai koleksi cerpen yang paling baru tentu akan sangat menarik dan membuat penasaran. Demikian juga dengan cerpen yang berjudul “perjalanan yang melelahkan” berikut ini.

Cerpen ini kalau kita kategori-kan bisa masuk dalam cerpen petualangan, bisa juga masuk dalam cerpen pengalaman singkat dan lain sebagainya. Seperti apa isi cerita dalam cerpen terbaru tersebut?

Cerpen ini mengisahkan sebuah perjalanan panjang sang tokoh “aku” untuk sampai ke rumah sang kakak. Perjalanan liburan ke rumah sang kakak tersebut menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi sang tokoh “aku” tersebut.

Menariknya cerita tersebut adalah berbagai hal yang ia lewati di perjalanan ketika ia jalan-jalan ke rumah sang kakak yang cukup jauh. Seperti apakah sebenarnya kisah yang ia alami selama dalam perjalanan tersebut? Dari pada panjang lebar diceritakan disini lebih baik kita baca langsung cerpen tersebut di bawah ini. Dengan begitu kita akan lebih puas menikmati kisah menariknya. 

Perjalanan yang Melelahkan
Oleh Gunarto

Perjalanan yang melelahkan .Ya mungkin itu adalah sedikit penggalan cerita ku kali ini. Karena pada saat itu aku ingin sekali, pergi dan jalan jalan karena aku baru saja lulus SMA dan ingin pergi jauh.

5 November tepatnya tahun lalu aku di ajak oleh kakak ku pergi ke sebuah gunung dimana iya saat ini bekerja dan mencari nafkah dan mencari rizeki. Kebetulan saat itu aku baru saja menyelesaikan pendidikan ku di salah satu SMA yang ada di lampung. Aku saat itu sebenarnya belum berkeinginan untuk jauh apa lagi merantau karena aku masih ingin melanjutkan sekolahku.

Tapi ku pikir tidak apalah aku mencoba sesuatu yang baru, dan dapat memberikan ku suatu pengalaman yang baik untuk hidup ku depan. Akhirnya aku memutuskan untuk ikut bersama kakak ku di sebuah gunung tepatnya di kabupaten ogan komering ulu selatan di propinsi Sumatra selatan.

Berangkatlah kami berdua pada dua hari sebelumnya. Kami berangkat kesana dengan mengendarai sepeda motor buntut - yang sangat jelek - tetapi memiliki tenaga yang tidak kalah dengan sepeda motor yang lain yang biasa di pakai oleh orang orang di gunung. Kami berangkat hanya menggunakan sepeda motor dan perlengkapan yang seadanya karena pada saat itu kami lagi tidak memiliki uang yang cukup.

Ya sudahlah pikir ku tidak apa apa, dan aku pikir memang saatnya aku harus jauh dari orang tua karena aku belum memiliki pengalaman yang berarti.



Jam demi jam kami lewati jalan-jalan di beberapa kabupaten di lampung, mulai dari kabupaten Pringsewu sampai kabupaten Tanggamus. Karena rumah kami berada di kabupaten lampung tengah jadi kami berdua memutuskan untuk mengambil jalur lintas barat Sumatra karena jalan di lintas barat Sumatra jalannya bagus dan mulus.

Cerpen Perjalanan yang Melelahkan


Setengah hari saat itu kami sudah berjalan dan kami memutuskan untuk berhenti sejenak mengistirahatkan tubuh ini, yang sudah lelah karena 300 kilometer jarak yang sudah kami tempuh. Begitu lelah ku rasa tubuh ini tapi juga begitu mengesankan perjalanan ini karena aku sendiri belum pernah merasakan perjalanan sejauh ini dan aku merasa senang karena mendapatkan pengalaman perjalanan jauh yang tidak aku lupakan sesudah ini.

Sambil kami beristirahat kami mencoba membuka bekal kami yang telah kami bawa dari rumah sebelumnya. Ya nasi dan sayur tempe adalah bekal kami selama perjalanan ini. Tapi tidak apa apa yang penting perut kami berdua kenyang dan dapat melanjutkan perjalanan kami selanjutnya agar kami cepat sampai di oku selatan. 

Rasa lelah sudah menghampiri kami sebenarnya saat kami berhenti dan beristirahat di sebuah pondok kecil di kabupaten lampung barat. Perlu kawan kawan tau bahwa kabupaten lampung barat adalah kabupaten yang indah dan menarik.

Kabupaten lampung barat adalah kabupaten dengan topografi dan kondisi geologis perbukitan dan pertanian dan perkebunan adalah sumber utama penghasilan masyarakatnya yang sebagian besar adalah ber-etnis atau bersuku asli lampung. Disana juga ada sebuah danau yang sangat indah dan menawan. Dan menjadi destinasi wisata andalan yang sangat di hargai oleh banyak turis local dan turis mancanegara.

“hehehe... maaf sebelumnya cerita ku jadi kemana mana. Setelah kami makan dan beristirahat sejenak kami memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan kami ke kabupaten oku selatan tempat dan tujuan kami yang akhir.

Berjalanlah kami berdua, dan sampailah kami di sebuah jalan di tepi Danau Ranau. Jika seseorang telah sampai di danau ranau maka kabupaten Oku selatan tidak jauh dari danau ranau. Sebenarnya masih jauh si sekitar 20 km perjalanan darat.

Setelah sampai di danau ranau kami lantas menggenjot sepeda motor kami untuk melaju cepat agar cepat sampai di tempat dan tujuan kami.

Ya buru buru itu kata yang mungkin agak tepat karena saat itu hari akan hujan dan cuaca sangat mendung kami takut kehujanan di jalanan. Karena di jalanan jika kehujanan sangat dingin karena pada saat itu kami telah sampai di daerah perbukitan.

Setelah kami menggenjot motor kami untuk berlari kencang . akhirnya sampailah kami di tujuan kami di daerah mekakau ilir di kabupaten oku selatan. Lega rasanya hati ku saat itu karena kami telah sampai dengan keadaan selamat. 

Setelah kami sampai kami lantas mempersiapkan dan beristirahat di gubuk milik kakak ku. Gubuk yang sangat kotor karena telah di tinggal selama 3 bulan. Lelah badan ini dan akhirnya ku rebah kan badan ini di sebuah lantai yang terbuat dari bambu. Akhirnya aku sampai terlelap tidur bahkan sampai sehari penuh dan kakak ku tidak membangunkan ku karena dia tau aku sedang kelelahan. 

… Sekian …

Andai saja Cerpen Terbaru, Perjalanan yang Melelahkan di atas kurang berkenan silahkan baca juga beberapa kisah lain yang sudah disiapkan dibagian akhir tulisan ini. Masih ada beberapa cerpen menarik lain yang juga bisa kita nikmati. Selain itu ada juga cerita drama dan juga puisi romantis yang bisa melengkapi cerita – cerita tersebut. Itu saja, selamat membaca!

Back To Top