Cerpen Keluarga, Tiada Hari Tanpa Kopi

Contoh Cerpen tentang Tema Keluarga - Ada yang mau membaca cerpen tentang keluarga yang berjudul "Tiada Hari Tanpa Kopi"? Semoga saja ada karena kali ini kita akan membagikan sebuah karya terbaru yang cukup singkat mengenai tema keluarga.

cerpen tentang minum kopi

Cerpen yang satu ini ceritanya unik dan menarik, ceritanya menggambarkan sebuah kebiasaan yang dimiliki oleh sebuah keluarga. Mau tahu bagaimana cerita selengkapnya. Di kisahkan, dalam cerpen singkat tentang kehidupan keluarga tersebut, ada sebuah keluarga yang memiliki kebiasaan unik yaitu minum kopi bersama.

Biasanya mereka dalam satu keluarga selalu menghabiskan waktu santai dengan meminum kopi. Minum kopi seperti sebuah keharusan yang tidak dapat ditinggalkan. Seperti apa kisah sebenarnya, baca saja langsung cerpennya di bawah ini. 

Tiada Hari Tanpa Kopi
Cerpen Oleh Gunarto

Tiada hari tanpa minum kopi. Pagi itu aku duduk santai dengan ayah dan paman. Saling bercanda untuk membicarakan hal hal ringan di pagi hari. Bagi ku minum kopi adalah kebiasaan yang wajib di lakukan di pagi hari karena bagi ku minum kopi adalah hal yang bisa membuat hati dan pikiran senang dalam mengawali hari hari.

Aku sendiri terkadang merasa sadar dengan narasi kehidupan hidup ku ini. Tapi tidak apa apa lah karena memang itu sudah menjadi kebiasaan ku selama ini.

Pernah suatu ketika saat aku duduk bersama paman aku bercanda sambil meminum kopi hangat yang ada di depan ku dan meminum dengan sapaan sapaan tidak jelas. Ya itulah namanya hidup pikir ku. Kita tidak usah menanggapi perkataan orang lain yang menyakiti hati kita.

Bagi ku kopi adalah segalanya. Aku meminum kopi sejak aku berumur 2 tahun. Saat itu kata ayah ku, ayah ku lah yang pertama kali mengenalkan ku pada enaknya kenikmatan kopi jika di minum pada pagi hari sebelum kreatifitas atau sebelum dan sesudah sarapan juga jadi.

Sejak saat itu aku mulai kenal dengan yang namanya kopi. Dan sejak saat itu aku selalu meminum kopi setiap pagi sebelum atau sesudah sarapan. Meminum kopi sebelum sarapan maksudnya adalah kopi itu paling enak jika di minum sebelum sarapan karena perut belum terisi oleh makanan yang lain jadi kenikmatannya ada cita rasa yang lain.

Aku sendiri lebih suka minum kopi sebelum sarapan ketimbang minum kopi sesudah sarapan. Ya itulah diri ku. Dan minum kopi sesudah sarapan pagi memang enak tapi kurang memiliki cita rasa tersendiri dalam setiap teguk demi teguk kopi itu.

Bagi ku kopi memberi warna dan semangat tersendiri dalam setiap aktivitas ku sehari hari karena ya memang kopi dapat memberikan satu sentuhan lidah yang nikmat dari ku sendiri sebagai penikmat kopi. Tapi ku pikir entah lah apa aku saja yang merasakannya.

Aku merasa hidup ku setiap hari tanpa mengawali hari tanpa minum kopi ada yang kurang. Enak, segar dan bugar. Mungkin itu kata kata dalam hati ku setiap hari saat aku pertama minum kopi setiap pagi hari.

Suatu ketika aku pernah bertanya kepada ayah ku apa ayah pernah juga merasakan apa yang aku rasakan. Dan ayah ku menjawab sama dengan apa yang aku rasakan ketika meminum kopi dan menghayati setiap meminumnya. Segar katanya sambil tertawa.

Aku pernah jalan jalan dengan pacar ku di suatu desa yang tidak jauh letaknya dari kota kami. Saat aku berjalan jalan dengan pacar ku aku dan dia lantas berteduh sejenak di rumah makan, dan kalian tau apa yang aku lakukan bersama pacar ku. Pacar ku memesan jus jeruk tapi aku memilih memesan kopi dengan gelas biasa yang biasa aku minum dengan ayah setiap pagi. 

Pacar ku sendiri heran dan langsung bertanya kepada ku mengapa aku memesan kopi dengan gelas yang biasa aku gunakan ketika minum kopi bersama ayah setiap pagi. Aku pun menjawab karena aku sendiri merasakan cita rasa yang berbeda dengan kopi yang ada di rumah. Bagiku apa pun kopi nya yang penting penyajiannya sama seperti yang ada di rumah. 

Pacar ku itu lantas tertawa terbahak bahak mendengar jawaban ku itu. Dan aku memahaminya karena dia belum mengerti dengan kebiasaan ku itu. Aku sendiri heran mengapa aku seperti itu mungkin karena sudah menjadi kebiasaan ku mungkin jadi seperti itu.

Saat kami sekolah pun aku selalu meminum kopi. Saat aku berangkat sekolah tetapi belum minum kopi sebelumnya. Aku selalu meminum kopi saat istirahat. Bagiku kopi bisa menurunkan konsentrasi ku jika pagi aku belum meminum kopi.

Ya itu lah kebiasaan ku yang tiada bisa aku hentikan sepenuhnya sampai saat ini. Tapi aku terkadang dalam hati merasa ingin menghentikan kebiasaan ku seperti itu tapi pada kenyataannya belum sepenuhnya bisa. Ku pikir aku harus perlahan menghentikannya. Itulah sedikit cerita ku kali ini.

--- Sekian ---

Hei, jangan beranjak dulu, selain Cerpen Keluarga, Tiada Hari Tanpa Kopi di atas masih ada banyak lagi cerpen tentang keluarga lainnya. Tinggal dicari langsung melalui kategori cerpen tersebut atau bisa juga dengan mencari cerpen sesuai judul dengan kotak pencarian.

Koleksi cerpen yang ada cukup banyak kok jadi kita bisa leluasa mencari mana yang sesuai keinginan. Tapi jangan lupa ya, bagikan juga kisah-kisah cerita menarik yang ada di sini ke media sosial.

Back To Top