Teman yang Tak Kunjung Datang, Cerpen Persahabatan

Cerita kali ini merupakan sebuah contoh cerpen persahabatan singkat yang menggambarkan betapa kuat ikan sebuah persahabatan. Di cerpen ini ditunjukkan bagaimana kepedulian seorang sahabat yang begitu besar.

Ada lucu-nya dan ada juga momen yang cukup menyentuh, yang jelas dari apa yang diceritakan dalam kisah atau cerita tersebut kita bisa belajar sesuatu yang berharga.

Apa judul cerita tersebut? Cerita yang satu ini berjudul "teman yang tak kunjung datang". Kalau dilihat dari judulnya pertama kita bisa salah arti namun sebenarnya maksud judulnya adalah seorang teman yang memiliki kebiasaan datang terlambat.

Pokoknya, dalam cerita teman yang tak kunjung datang tersebut cukup menarik alurnya dan tidak begitu rumit. Penasaran kan bagaimana isi cerita dalam cerpen persahabatan tersebut? Di dalam "teman yang tak kunjung datang", diceritakan ada dua orang sahabat yang benar-benar erat satu sama lain.

Salah satu sahabat tersebut memiliki kebiasaan buruk yaitu sering datang terlambat ke sekolah. Yang menjadi persoalan bukan terlambat-nya namun karena sahabat tersebut seperti tidak mengerti pentingnya tepat waktu.

Pada akhirnya sahabat yang satunya melakukan sesuatu untuk merubah kebiasaan buruk yang dimiliki sang teman tersebut. Bagaimanakah ia merubah kebiasaan buruk sahabatnya tersebut, apakah yang akan ia lakukan? Simak cerita selengkapnya dalam cerpen singkat berikut ini.

Teman yang Tak Kunjung Datang
Cerita Sedih Oleh Irmajajil

Memiliki kesatuan ide, pandangan, emosi dan hobi antara aku dan sahabatku memang menjadi sebuah anugerah. Diantara kami berdua selalu ada kekompakan, bahu membahu, saling menjaga dan saling menghormati.

Tapi ada satu masalah yang sering kali membuat aku hampir hilang kesabaran. Sahabat sejati ku itu lelet dan sering terlambat, sering sekali terlambat. 

Ya memang sih, selalu ada saja alasan yang logis yang akhirnya bisa membuatku menerima kesalahannya tersebut. Mulai dari alasan yang paling polos, kesiangan karena habis nonton konser dangdut sampai karena alasan macet dan pecah ban.

Tapi ya memang semuanya benar-benar terjadi dan bukan alasan yang dibuat-buat. Dia jujur dan tidak pernah berbohong meski keterlambatan nya semakin hari sudah semakin parah. 

Karena seorang sahabat maka aku sudah pasti peduli dengannya. Aku tidak ingin ia mendapatkan masalah dengan kebiasaan buruknya tersebut. Beberapa hari lalu saja dia sudah tidak boleh masuk sekolah karena sudah terlambat terlalu sering dan sebagai sahabat aku harus berbuat sesuatu. 

Tapi apa yang harus aku lakukan? Tapi aku benar-benar harus berbuat sesuatu, aku tidak mau menunggu teman yang tak kunjung datang, aku juga tak mau sahabat karib ku itu kenamasalah nantinya. 

Dengan berbekal internet akhirnya aku mencari ide agar aku bisa membantu menghilangkan kebiasaan buruknya yang sering telat tersebut. Akhirnya setelah beberapa hari hunting aku memutuskan untuk membuat sandiwara.

Dengan bantuan beberapa sahabat lain aku akan mengerjai dia agar dia jera dan kapok dan tidak akan terlambat lagi.

Dalam sandiwara itu aku akan berpura-pura terkena penyakit berat dan harus selalu minum obat. Suatu hari aku pura-pura lupa meningalkan obat di rumahnya. Setelah itu aku akan berkirim pesan singkat untuk meminta dia segera menghantarkan obat ku yang tertinggal. Karena pasti dia akan terlambat maka aku selanjutnya akan pura-pura mati.

Hari yang sudah ditentukan tiba, aku dan beberapa rekan mulai menjalankan aksi dan sandiwara ku. “Tolong antarkan obat ku yang tertingal di kamarmu… cepat, aku harus meminumnya sekarang juga”, setelah mengirim pesan tersebut lalu aku misscall dia sekali dan bersiap dengan adegan saat dia datang. 

Benar saja, dua jam berikutnya dia baru sampai, dan saat dia mengetuk pintu aku sudah terbaring berlumuran darah. Dia menjerit dan menangis. Aku pura-pura sadar untuk sebentar lalu berkata “jika kamu tidak terlambat mungkin aku tidak seperti ini, janji jangan pernah terlambat lagi ya…”.

Setelah berkata demikian aku pura-pura pingsan, beberapa temanku yang rumahnya tak jauh langsung berhamburan datang dan membawa ku dengan motor. Sahabat ku di tinggal, Setelah satu jam aku diantar pulang lagi namun dengan cara digendong karena aku tak bisa jalan. 

Sahabatku sudah menunggu di rumah, dia bingung karena dia mencari aku tidak ketemu di rumah sakit…. Setelah itu beberapa rekan lain meminta sahabatku untuk pulang. Untuk menyempurnakan sandiwara tersebut aku terpaksa tidak masuk sekolah dua hari.

Dan…. Atas jerih payah itu akhirnya aku sukses merubah pendiriannya. Dengan kejadian itu sekarang ia tidak pernah telat lagi, selalu tepat waktu. Begitulah, sampai akhirnya kami lulus sekolah, dia tidak tahu bahwa aku merancang semua kejadian itu agar dia berubah. 

---Tamat ---

Back To Top