Contoh Cerpen Motivasi Belajar yang Singkat

Sebagai seorang yang hobi menulis saya sangat ingin membuat tulisan-tulisan yang bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Maka dari itu saya sering membuat cerita-cerita yang banyak mengandung pesan moral.


Sebut saja misalnya cerpen motivasi belajar yang akan saya bagikan kali ini. Cerpen ini intinya adalah memberikan inspirasi bagi pembaca untuk terus semangat dalam menjalankan pendidikan guna mencapai impian yang diinginkan.

Namun begitu, karya yang saya sebut sebagai cerpen ini sangat singkat dan mungkin hanya terdiri dari sekitar tiga ratus kata saja, entah bisa dikatakan sebagai karya cerpen atau tidak. Tetapi yang jelas cerita yang ada dalam karya saya tersebut memang menggambarkan tema perjuangan belajar seseorang dalam menggapai impian.

Misi saya dengan contoh cerita motivasi belajar ini satu, yaitu untuk mengajak semua pembaca agar tidak melupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Khususnya untuk rekan pelajar yang biasanya sering terlena dan lupa akan tujuan mulia ketika ia belajar di sekolah.

Selain itu tentu saja harapan saya contoh cerpen ini bisa menjadi bahan bacaan hiburan di kala senggang. Baiklah, dari pada berlama-lama mari kita baca saja cerpen tersebut.

Demi Sebuah Impian
Cerpen Pelajar Oleh Irmajajil

Seiring usia bertambah biasanya cita-cita seseorang akan selalu berubah, benar saja, aku pun mengalami hal itu. Waktu kecil sekali, aku ingat kala itu aku begitu ingin menjadi polisi wanita, soalnya kala itu aku sering melihat polwan yang begitu anggun dan banyak di hormat dan terkenal juga.

Menginjak sekolah cita-cita ku berubah lagi, aku ingin menjadi dokter, karena aku ingat waktu itu nenek sakit dan sangat sulit mencari obat yang bisa menyembuhkannya, kalau aku jadi dokter kan aku bisa mengobati nenek atau keluargaku yang sakit. 

Dari sekian banyak cita-cita yang pernah aku miliki ada satu cita-cita yang dari dulu sampai sekarang tidak berubah. Cita-cita ku itu adalah menjadi seorang motivator yang didengarkan banyak orang.

Entah kenapa, dari dulu aku begitu menikmati berbagai tontonan yang berkaitan dengan motivasi, pembicara-pembicara handal yang tak pernah minder dan gerogi dengan berbagai pesan dan nasehat yang bisa membuat banyak orang berubah. 

Itulah yang akhirnya tertanam dalam hatiku. Sampai suatu saat aku secara sadar tertekad untuk menjadi motivator terkenal di dunia. Dengan suara lantang dan penuh percaya diri aku mulai memberitahu banyak orang bahwa aku ingin menjadi seperti itu. 

“Rani, apa cita-citamu?” Tanya guruku suatu hari
“Aku ingin menjadi motivator pak…” jawabku tegas

“Oh… kalau begitu kamu harus belajar banyak hal…, bagus itu” lanjut guru bahasa Indonesia tersebut

Atas nasehat guru di sekolah dan bimbingan dari orang tua maka niat dan cita-cita itu semakin tumbuh kuat.

Dan sebagai konsekuensi dari niat tersebut maka aku harus belajar lebih giat lagi. sekarang aku selalu mencari motivasi belajar dari siapapun dan dari mana pun. Hal itu agar aku tidak ketinggalan kereta dan bisa menggapai cita-cita tersebut.

“Seorang motivator adalah seseorang yang pandai dan bijak sana…” ucap kawanku
“Kata siapa…?” Tanyaku

“Sudah jelas dong Ran, motivator kan bisa bicara tentang apa aja dan selalu bisa menumbuhkan semangat….”

Semakin hari aku semakin semangat belajar, cita-cita menjadi sebuah motivasi terbesar ku dalam mengikuti semua pelajaran di sekolah.

Tidak hanya itu saja, di rumah aku rajin mengulang pelajaran yang sudah dipelajari. Bahkan sesekali ayah dan ibu selalu mengajak aku ke toko buku untuk mencari buku – buku bagus yang sebaiknya aku baca. 

---Tamat ---

Back To Top