Naskah Drama Terbaru, Pasien Rumah Sakit Jiwa

Contoh Naskah Drama Terbaru, Pasien Rumah Sakit Jiwa - Ada sebuah naskah drama terbaru yang ceritanya cukup menarik. Naskah drama tersebut berjudul "Pasien RSJ". Dalam ceritanya ada nasehat dan petuah dan pesan yang bagus. 



Teks drama ini bisa digunakan sebagai bahan latihan drama yang ada atau bisa juga untuk latihan membuat naskah yang sesuai dengan cerita yang kita inginkan. Untuk naskah yang satu ini sedikit lebih panjang dari naskah atau teks yang sudah pernah dibagikan tapi tenang tentunya naskah ini kan masih dapat di sesuaikan kembali.

Idealnya, teks naskah drama terbaru ini akan lebih bagus dimainkan untuk drama 13 orang pemain. Kalau dimainkan dengan 13 orang maka sudah tidak ada yang perlu di rubah atau di rombak karena sudah pas sesuai yang ada pada naskah drama tersebut. 

Pokoknya lebih baik kita baca terlebih dahulu bagaimana kisah dalam drama ini sehingga kita dapat menentukan cocok atau tidaknya. Selengkapnya untuk naskah drama singkat tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Pasien Rumah Sakit Jiwa
Naskah Drama untuk 13 Orang Pemain

Inilah sebuah alkisah yang turun dari langit. Di suatu pagi ada seorang laki-laki yang gagah  perkasa, tampan, ceria, selalu tertawa tapi bukan berarti gila, berperawakan robinhood, dia sedang berjalan di sebuah pedesaan dan sedang bingung mencari sebuah rumah kontrakan. Di tengah perjalanan ia bertemu dua gadis cantik,,,

Ta’yo               : neng, numpang tanya boleh enggak?
sambi               : wani piro?
Ta’yo               : halah si ‘neng, cantik-cantik kok pelit amat, begitu saja minta bayar.
Sambi  : ya iyalah kang, hari gini gax ada yang gratis, apa lagi kan 2016 mau kiamat, jadi banyak-banyaklah beramal kang?
Sumi                : betul itu kang!
Ta’yo               : kalian berdua ini ada-ada aja,..
Sambi              : emang akang mau Tanya apa low,,,?
Ta’yo   : gini low neng, sewu kuto wes tak lewati, sewu ati wes tak takoni, tapi podo rak reti enek kontrakan ki neng ngendi.

Sumi    : aduh akang ini ngomong apa sih,,, kalo masalah kontrakan ada kang itu disamping rumah saya,,.
Sambi  : ihh disitu kontrakannya jelek kang, kaya mukanya.,, mendingan dideket rumah saya aja bagus bersih  kayak orangnya kang,.
sumi                 : ahh samba ,.ngomong”, akang gax pgen kenalan ma kita pa??,.
ta’yo    : sebenernya aq gx pngen sii,.tapi karena kalian maksa,.yaa udah dehh
                         nama kalian siapa??
Sambi : namaku sambi kang…,,
Ta’yo               : lha kamu cpa?
Sumi                : aku sumi kang. Q paling cantik low di desa ini..
Ta’yo   : ouh gtu,, masa sih,, cantikan mana sama dewi persik?
sambi   : cantikan dewi persik lah kang,, dia mah jelek (menunjuk sumi) msh cantikan aq,,hehe
Ta’yo   : ah masa’,,kalo q lihat” sih kalian sama aja dehh,gax ada yang cantik,,haha,,,ya udah saya mau cari kontrakan dlu ya,,?

Sumi    : yya itu kang di samping rumah saya aja low byar aq bsa liyat akang tyap hari.. :)
Sambi  : jangan kang di situ tuh kontrakan nya jelek tau kang kya mukanya. Mendingan di deket rumah saya aja yang lebih bagus,enak dan nyaman..
Ta’yo   : udah udah!! dari pada kalian ribut mending saya cari sendiri adja…dada..

si ta’yo Pergi meninggalkan keduanya..dan ta’yopun telah mnemukan sbuah rumah kontrakan.
Suatu hari, si sambi bertemu dengan Ta’yo didepan kontrakan ta’yo...

Sambi : eh kang ta’yo,, akang dapet rumahnya disini toh.. koq gak ngomng ma sambi sih., L
Ta’yo   : iya ne sam, sambi dri mana?
Sambi : jalan” adja kang..  sambi duduk yah.?..
Ta’yo   : oh silahkan kalo gak malu..
Sambi : koq akang ngmngnya gtu?   
Ta’yo   : rank bisanya gtu.. hehe
sambi   : emm akang ta’yo makin hari makin ganteng deehh,.
ta’yo    : aahh,.bisa adj kamu,.
sambi   :iyya bneran akang..,. akang suka boyband smash ya??
ta’yo    : emm koq kamu taw….?
sambi   : iya , soalnya akang udah mencenat cenutkan hati q….hehe J
ta’yo    : emmm bisa adja kmu,, kamu tau kan bunga mawar itu indah..?
sambi   : tau lah kang,emang kenapa?
ta’yo    : ya gax kenapa”..,, tp indah nya bunga mawar kalah ma kecantikan mu,,, J  kamu tu sexy n kamu pantas jd bintang iklan,,
sambi   : hhaha emang iya kang, akhir” ini juga bnyak yang bilang kya gitu,,,eh tapi ,mnurut akang sambi ini pantes nya jadi bintang iklan apa ya?
ta’yo    : jadi bintang iklan obat panu DAKTARIN,,nah kmu yang jd panu ny,,,daaggh jamur,,,
sambi   : ahh akang ni bisa aja,, kalo aq jamur berarti akang yang jd kulitnya dong, jadinya aq bisa nempel terus sama akang…hehe J
ta’yo    : ihhhh,,bukan geh,,,tapi akang akan jadi DAKTARIN nya yang akan membasmi jamur” ganjen kya kamu,,,hahaha
sambi   : ihh akang,, nyindir nih critanya,,,,
ta’yo    : ha ha kamu ngerasa ya? wkwkw
Sambi  : hemmm kang , sambi pulang dlu ya kang?
Ta’yo   : la koq pulang?
Sambi  : iya kang, soalnya samba disuruh emak ke warung beli mobil ma sepur.
Ta’yo   : aku titip sepur listrik jg ya?
Sambi  : ok kang,,mau yang brtegangan berapa,? kalo aq ce bysa pke yang 220 volt….?
 Ta’yo  : emm ya udah aq ti”p yang 220 kg aja ya??
sambi   : hah? ada” aja nih si akang…ya udah daa akangg…?
Ta’yo   : da…juga,,,dasar cwe’ gila,,,

Keesokan harinya,si sumi melihat ta’yo yang sedang berada di depan kontrakannya….

Sumi    : eh kang ta’yo,, akang dapet rumahnya disini toh.. xo gak ngomng am sumi, he..
Ta’yo   : emang suruh ngomong apa sum?
sumi     : kalo akang ngmong kan sumi bisa nganter sabu” tyap hari,,,
Ta’yo   : aku gax suka ganja atawpun sabu”,,
sumi     : aduh akang pliss dweehh,,sabu” yang sumi maksud  bukan ganja akang.. sabu” itu bubur kang..
Ta’yo   :  owwhh bgtyu…
Sumi    : iyya,,eh kang,koq orang” pada liyatin kita ya? pasti mreka pkir akang jaka tingkir...
Ta’yo   : loh koq bisa sum?
sumi     : ya iya lah kang,,soal nya kan jaka tingkir itu sering dtmenin bidadari cantik, nah skarang kan akang aq tmenin, jadi aq bidadarinya,,,hahahahah
Ta’yo   : hahahah (balik badan, uwekk ) bidadari turun dari bajai ya,,wkwkw MNYEDIHKAN SEKALI,, kamu gax punya kaca ya?
sumi     : ah akang,,rumah ‘neng kan rumah kaca, jadi ya positif ngaca terus,,haha

Di saat mereka sedang asyik berdua ,datanglah seorang ibu dengan wajah sangat marahH!!,,,

Ibu”     :heii sum!!!!! dasar wanita gak punya muka ,bisa”nya kamu goda suami saya???
Sumi    :apa maksut ibu???
Ibu       :gak usah pura” gak tau, kamu kan yang suka tebar pesona di depan suami saya,sampai” dia membandingkan aku dengan mu…
Sumi    :maaf ya bu,makanya kalau punya suami itu dijaga biar matanya gak jelalatan,bukan salah saya donk kalau saya cantik,imiuet,menarik,menawan dan mempesona….. jadi gag heran kalau banyak laki” yang tergoda sama saya,,hahga
ibu       : kamu ini kurang ajar banget ya! awas ya kalau kamu berani goda-goda suamiku lagi..!!!. liat aja apa yang akan aku lakukan (ibu meninggalkan dengan wajah sinis)
sumi     : yeeahh.. gak jelas banget sih tuh ibu-ibu! ya udah lah kang, sumi pulang. udah panas nih ati
ta’yo    : ya udah sum, buruan masuk kulkas.. keburu gosong nti…
sumi     : ah, akan ini bisa aja becandanya.. daa akang..
Ta’yo   : daa juga,,dasar cwe sarapp… huhf ada ya cwe kya gitu jaman skarang,,eh tp cwe kmaren yang namanya samba itu agak mendingan disbanding cwe ganjen barusan,,wahh lumayan buat koleksi,,hasseekkk deketin ahh.. J

Hari telah berganti, siang hari ta’yo sedang berjalan jalan di sekitar desa dan di tengah jalan bertemu dengan sambi,,

sambi   : eh akang ta’yo,,mau kmana kang,,,?
Ta’yo   : mau ke hatimu,,hehe J
sambi   : ah kang ta’yo bisa aja,,aq tnya serius kang..
Ta’yo   : hehe mau jalan” nih,bozen d rumah truzz,, la kamu sendiri mau kmana??
sambi   : sama nih kang,samba mau jalan” juga ,tapi gax ada tmennya nih kang… L
Ta’yo   : ya udah kita jalan” bareng yukk?
sambi   : serius kang? ayyokk klo gtu……

Ta’yo   : eh kita du2k dsitu yukz,,kita ngbrol”?
sambi   : ayukz kang.. 

setelah pertemuan itu, samba dan ta’yo mnjadi semakin dekat..Hari berganti hari,tanpa sepengetahuan sumi mereka berdua telah menjalin hubungan,, …Tp ya yg nama nya hubungan pasti gx selalu berjalan dengan baik seperti yang di alami Ta’yo dan samba berikut ini,.

Sambi  : kang, akang !!!!! tungguuuu sihh……,ngapa sih koq kamu gitu sih..?
Ta’yo   : gitu knapa sihh…?
Sambi  : akhir” ini akang selalu menghindar dari aq,,apa salah q kang…?
Ta’yo   : aq benci sama kamu,, apa sih susah nya ngomong..? nelpon gax pernah ,sms gax pernah…
Sambi  : aq gax punya pulsaa,,,,
Ta’yo   : apa susah nya beli pulsa,? Sekarang kan banyak gratisan, gratis telpon, gratis ngomong, gratis bicara, gratis fban, gratis tweeteran, masa sih kamu gak bisa sisain satu sms buat aq...
Sambi  : kan punyaku gax ada gratis sms nya kang,,
Ta’yo   : ternyata kamu nyebelin ya,gx bisa serius, aku muak sama kamu..

Tiba’’ si sumi datang dan menghampiri mereka

sumi                 : sambi??? ta’yo??
sambi+ta’yo    : sumii…???
Sumi                : kalian teh ngapain bedua-duaan disini..?
Sambi              : emang apa urusan nya sama kamu..? gx tau orang lg sebel apa//?
Sumi                : trus kenapa kalian bisa berdua disini..?
Sambi              : aq pacaran sama kang Ta’yo, aq sayang sama kang Ta’yo,…
Sumi    : idihh…. emang aku nanya gitu? mau pacaran kek, mau enggak, emang sumi pikirin? taapi…. kalian pacaran??? haaaa???? pacaran??? gak bis piker qu sam kamu sam,ternyata kamu pagar makan tanaman… kamu tau kan kalau aqu teh suka pisan sama kang ta’yo …. qita sahabatan sudah lama buanget, tapi tanpa sepengetehuan qu kenapa malah kamu jadian ama kang ta’yo… sakit hati qu sam denger kamu ngomong kaya gtu…. okee sekarang aqu pake cara kamu!!!!!!
Ta’yo   :udahlah kalian ini ributin apa sih..? gag penting bangett!!!! udah lah aqu pergi aja , pusing qu mikirin kalian berdua….!!!

Keesokan hari nya,,, sebuah stasiun televise telah menyiarkan sebuah berita yang membuat hidung terasa tersumbat, kepala nyut”n, dan tenggorokan tersa kering, bahkan membuat bibir anda pecah”..dan ternyata berita itu tentang kematian sumi yang terbunuh dan termutilasi….selamat menikmati…

Reporter          : selamat pagi pemirsa setia kami  kapanpun dan dimanapun kalian berada baik didalam dan diluar bumi, bersama saya “betty songonk” dalam sekilas peristiwa.. pemirsa lagi dan lagi kasus mutilasi kini merajalela melebihi virus cinta. Kali ini telah menewaskan seorang remaja putri berparass pas-pasan dan tubuh mung-mungan. Ia ditemukan dengan kondisi tubuh yang terpotong potong kaya lontong.. baiklah pemirsa sekarang kita telah terhubung dengan rekan saya “betha ramah” yang sudah berada di tempat kejadian, silahkan “betha ramah” dengan laporan anda….
Reporter 2       : iya. terima kasih betty songonk !!!! …pemirsa, seperti yang anda saksikan sekarang, saya betha ramah telah berada dilokasi kejadian.Menurut ahli klimatologi, diperkirakan korban meninggal pada pukul 00.01 dini hari.. Banyak sekali warga yang berkerumun disini termasuk keluarga korban..  mari kita tanyakan kepada salah satu warga desa setempat..
Repoter 2        : bagaimana peristiwa ini bisa terjadi bu?
Warga              : saya tidak tau mb, yang jelas bukan saya pembunuhnya.. saya malu mb masuk tivi..
Reporter 2       : yasudahlah kalau begitu..  dsar ndeso...
                        Pemirsa mari kita tanyakan saja langsung kepada keluarga korban..
            emm Ibu, bagaimana perasaan ibu setelah mengetahui anak yang ibu cintai ne meninggal dalam kondisi yang tidak wajar?
Ibu       : tentunya sedih mb.. tidak bisa diungkapkan dengan kata” mb.. udah mba saya tidak bisa berkomentar ….
Reporter 2       : terima kasih ibu atas penjelasannya yang sangat tidak berpengaruh buat saya..
Nampaknya warga sini tidak ada yang lulus pendidikan dasar pemirsa, kita kembalikan ke studio bersama betty songonk.
Reporter          : terima kasih betha ramah atas laporannya.. Demikkianlah sekilas peristiwa yang dapat kita sampaikan untuk masa ini, kita akan bertemu lagi di akherat kelak.. satu pesan saya “kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat pelakunya tapi juga karena adanya kesempatan.. WASPADALAH-WASPADALAH. dan satu lagi pesan saya “jangan lupa shalat lima waktu , karena shalat adalah tiang agama.  MERDEKA!!!! (balik badan) terima kasih… daaaah muah…

Sementara itu di rumah korban yang sedang di selimuti dengan duka

Ta’yo   : sudahlah bu. . . .ikhlaskan saja si sambi,biarkan samba tenang di alam sana. Saya juga merasa sangat terpukul atas epergian sambi yang sangat mengenaskan.
Ibu       : lepaskan akuh!!!!!! Ikhlas kamu bilang ha !!!? owhh jangan” kamu yang udah bunuh dia, karna setauku kamu yang terakhir jalan dengan sambi.
Ta’yo   : jangan nuduh gitu geh bu.. memang saya brtemu dengan sambi, tapi tak lama kemudian aku meninggalkannya bersama si sumi. Jadi sudah jelas bukan aq pembunuhnya , tp dia! (menunjuk sumi)
Sumi    : apa?!! Aku?! Bukannya sebelumnya dia ribut sama kamu?
Ta’yo   : tapi kan setelah itu dia ribut sama kamu..?! dan aq pergi meninggalkan kalian .
Tante   : oww jadi kamu sum yang membunuh sambi..? gax nyangka ya busukmu melebihi bangkai..!!!
Ibu       : diamm kalian semua !!!!! jadi kamu sumi yang telah membunuh anak saya!! Tega kamu ya!!! Bukankah kalian berteman!! Dasar pembunuh!! Tante,, telvon polisi!!
Sumi    :tante… dengarkan saya dulu , bukan aku tante, bukan aku pelakunya percaya lah.. tidak mungkin aku tega membunuh sahabat ku sendiri,
Tante   : halo pak polisi.. tolong datang kerumah kami di jalan gandul nomor 1 ok.?. tenang aja mba saya udah lapor polisi
(polisi datang)
Ibu       : tangkap si pembunuh ini pak!! Dialah yang membunuh anak saya!!
Polisi   : mana, mana mana  si pemutil itu!! 
Ibu                   : dia bukan pemutil pak, tapi pembunuh!!
Polisi               : pemutil to artinya pemutilasi!! Dasar!!! Cantik” tukang mutil.. ayo ikut saya..
Sumi    : bukan saya pak! Lepaskan saya.. bukan saya yang membunuh samba tapi dia!! (menunjuk ta’yo) pak tolong jangan bawa saya, lepassss kan saya pak polisi.
Polisi               : sudah diam,, anda bisa menawarnya di kantor polisi nanti.
Tante               : udah pak, hukum mati sajaa sekalian!!

Pada hari yang sudah ditentukan, ternyata perkara berlanjut di pengadilan..

Hakim Ketua   : berdasarkan  laporan dari pihak keluarga korban, bahwa telah terjadi kasus mutilasi yang terjadi pada tanggal 20 januari 2012 . Untuk menyelesaikan perkara ini sidang dibuka…(palu 3x)
Jaksa                : disilahkan kepada keluarga korban untuk menjelaskan kejadian nya….
Ibu       : kepada hakim ketua yang terhormat, saya yakin 360o bahwa dialah pemutil anak saya . karena dialah satu-satu nya orang yang bertemu terakhir dengan anak saya. Saya tidak terima dengan semua ini, saya ingin bapak berlaku seadil-adil nya. Saya ingin dia dihukum MATI!!! (menunjuk sumi)
Jaksa    : baik saya terima . tapi apkah ibu punya bukti” yang kuat untuk mengungkap masalah ini..?
Ibu       : saya tidak perlu bukti karena semua ini sudah jelas..
Jaksa    : tapi maaf ibu,ini sudah menjadi prosedur hukum yang berlaku . untuk itu kami persilahkan kepada saudara tergugat untuk melakukan pembelaan..
Sumi    : terima kasih,saya akui , pada hari itu saya memang bertemu dengan korban,tapi tidak  ada permasalahan yang berarti pada waktu itu. Dan setelah itupun saya pergi meninggalkan dia. Saya tidak tahu-menahu kenpa dia bisa terbunuh,,yang jelas bukan saya pembunuhnya…
Ibu       : apa kamu mau membodohiku..? mana ada maling yang mau ngaku?? Aku tahu kamu punya dendam dengan anak saya..iya kan..??//
Hakim Ketua   : (ketuk palu 2x) forum harap tenang.!!
            Karen belum ada bukti  yang kuat, dengan ini kami putuskan sidang di tunda!!!     Sidang akan dilanjutkan kembali setelah ditemukannya bukti” yang kuat.
Tante   : apa!! Sidang ditunda?? Ini tidak adil, masalahnya sudah jelas, tidak perlu bukti lagi. Pokoknya anak itu harus dihukum mati…
            Apa gunanya hukum di negeri ini. Apakah kita harus membeli hukum di Negara ini, agar masalah’’nya bisa di selesaikan dengan damai seperti halnya para koruptor di Indonesia ini….
Ibu       : sebenernya anda butuh uang berapa sie agar cepet” menyelesaikan masalah ini?
Jaksa    : maaf bu , disini bukti sangat diperlukan untuk menentukan kebenaran . dan jika ibu masih bersikap demikian, pihak kami bisa menuntut ibu karena ibu telah mencemarkan hukum Indonesia.
Ta’yo   : maaf bapak hakim ketua, apakah masalah ini tidak bisa langsung diselesaikan  sekarang..?
Jaksa    : oww tidak bisa,, berdasarkan hukum kekekalan massa , hukum kekekalan energy, hukum kekekalan momentum dan menurut teori atom Dalton bahwa orbital masalah berada pada lintasan tertentu dan anda harus mencari bukti yang kuat .
Tante   : sudahlah mbax, sebaiknya kita bicarakan ini dirumah.
Ta’yo   : benar bu,, sebaik nya kita pulang saja.
Hakim : baiklah,Karena belum adanya bukti yang kuat oleh sebab itu  sidang akan dilanjutkan satu bulan yang akan datang.(ketuk palu 2x)

Dirumah korban, ta’yo dan keluarga korban memikirkan apa bukti yang  akan di berikan kepada pengadilan,……

Tante   : bagaimana ini mba? kita harus segera mengumpulkan bukti” dan menyelesaikan         masalah ini.
Ibu       : diam kamu!!!!!
Tante   : (memunculkan ide) oohh..saya tau bagaimana cara mengumpulkan bukti” itu.
Ta’yo   : gimana!!!!???
Tante   : berdasarkan wacana yang saya baca di Koran “ndopok pos”, untuk menyelesaikan masalah seperti ini kita diwajibkan untuk berikhtiar dan berdo’a dan terus berusaha..bagaimana kalau kita mnyewa seorang detektif…????

Ta’yo   : baiklah, kebetulan saya lumayan tau tentang cara” mencari bukti” kejahatan..
Tante   : benarkah??????///
Ta’yo   : iya tante.. kebetulan pekerjaan sampingan saya adalah seorang detektif.
Tante   : apa mbax setuju kalau dia yang menjadi detektif..???? lumayan low mbax,gratizz.. J
Ibu       : lakukan lah apa yang ingin lakukan . lakukan yang terbaik… :D
Tante   : baiklah…..,harapan tante bertumpu padamu ta’yo…good luck :)
Ta’yo   : okokok I will do it…

Ta’yo pun pergi mencari bukti”..,setelah beberapa hari dia menemukan seorang saksi mata yang berada disekitar TKP ….

Saksi    : selamat siang mas?
Ta’yo   : iya bu’, siang juga,,ada apa ya bu???
saksi    : apa benar kamu sedang mencari bukti” tentang pembunuhan si samba???
Ta’yo   : iyya,,saya sudah hamper putus asa belum menemukan bukti”…
saksi    : sebenarnya saya,,,,emmm
Ta’yo   : ibu kenapa??
saksi    : sebenar nya saya melihat sumi lari setelah membunuh samba,,, waktu itu saya mendengar sebuah teriakan ,, setelaqh saya mencari-cari,saya melihat sumi lari darisana…..
Ta’yo   : (kaget) apa benar yang ibu katakana itu?
saksi    : iya benar..
Ta’yo   : emm kalau begitu saya mohon ibu bersedia menjadi saksi di pengadilan nanti..
saksi    : tapi saya…emm
Ta’yo   : saya mohon bantulah saya yang sebentar lagi putus asa ini..?
saksi    : baiklah..
Ta’yo   :  saya tunggu ibu di pengadilan besok,,maksihh ibu??/
saksi    : iya sama”… 

Dengan hati yang riang ta’yo kembali kerumah samba/korban dan membertahukan kpda keluarga bahwa dia telah mnemukan seorang saksi yang akan membantu mnyelesaikan kasus ini..

Ta’yo   : tante, saya sudah mnemukan bukti” yang akan mnyelesikan kasus ini… J
Tante   : benarkah..???? wah hebat kamu yo…mbax dengar kan ,apa kata ta’yo bahwa dia telah mnemukan bukti..??/
Ibu       : iya,,hebat kmu,,,lalu mana bukti” nya ?
Ta’yo   : emmm saya menemukan saksi dari kejadian mutilasi waktu itu,, dan dialah yang akan mengungkap semuanya..
tante    : apakah bukti” cukup kuat ??
ibu       : iyya apa bukti” itu kuat untuk membuktikan kebenaran?
Ta’yo   : tenang aja bu’,tante..semua beres dehh,,kita liat bsok di pengadilan pasti si sumi akan d vonis hukuman mati,,hahaha ukhuk” (batuk)
tante    : baguss,,good job yo?/
Ibu       : terimakasih nak , kamu mau membantu keluarga kami untuk memecahkan kasus ini..
Ta’yo   : iya bu sama-sama..

Setelah beberapa minggu kemudian , waktu yang di tunggu“ tiba. Satu bulan sudah terlewat dan kini saatnya sidang dilanjutkan.

Hakim ketua    : baiklah, selamat siang… sidang lanjutan kasus mutilasi dibuka (ketok palu 3x)
Jaksa    : silahkan untuk saudara penggugat memberikan keterangan dan member bukti” dalam kasus ini.
Ta’yo   : terimakasih ,, dalam beberapa hari ini kami sebagai penggugat telah mencari bukti” dan berhasil mnemukan seorang saksi dalam kasus ini..
Jaksa    : silahkan untuk saudara menghadirkan saksi di dewan sidang,,
Ta’yo   : terimakasih,,ini saksi yang kami bawa,, dia akan menjelaskan semua kronologi kejadian pada waktu itu..
Jaksa    : disilahkan saksi untuk menjelaskan kronologi peristiwa pembunuhan ini..
Saksi    : terima kasih pak jaksa, waktu itu saya sedang memandikan anak saya, saat mau selesei saya mendengar teriakan korban,, saya langsung kaget dan menghampiri sumber suara, ketika saya mau menghampiri  sumber suara, seorang wanita ini ( lari dari tkp) saya penasaran, apa yang wanita ini tinggalkan, ternyata seorang wanita dengan kondisi terpotong-potong. Saya shock sekali pak.
Jaksa    : apakah hanya ibu yang berada di tkp?
Saksi    : tidak, banyak warga yang melihat.
Jaksa    : apakah benar para warga yang dikatakan saksi ini?
Warga : benar ….
Jaksa    : terima kasih atas kesaksiannya.. silahkan hakim untuk memutuskannya.
Sumi    : bukan saya pembunuhnya pak!!!!!
Hakim             : anda tidak memiliki bukti apapun. Maka berdaskan pasal 1 ayat 1, sumiati dinyatakan bersalah dan dihukum mati.. ( saat mau mengetok palu, pria misterius datang)
Pria Mis           : tunggu, dasar warga” mata duitan, berani sekali anda memberi kesaksian yang palsu.. apa kalian tidak ada yang takut dipenjara..
Ta’yo   : siapa kamu! Tidak punya sopan santun..
Pria Mis           : saya adalah Pria Mis pembawa keadilan..
saksi    : heyy!! atas dasar apa anda menuduh saya seperti itu? kesaksian saya itu semua benar..
Pria Mis           : saudari saksi yang terhormat, bukankah anda memiliki dendam terhadap sumi karena retaknya hubungan keluarga anda. anda merasa ini merupakan kesempatan emas untuk menyingkirkan sumi. oleh karna itu anda memberi kesaksian palsu.
            dan dari awal anda sudah berniat untuk melakukan hal ini…
saksi    : apa buktinya kalau saya berniat melakukan ini. saya bisa menuntut anda dengan tuduhan mencemarkan nama baik.
Pria mis           : rasakan kau sumi, aku akan membuat kau menderita jika perlu kau harus mati, aku bersumpah Sumi..!!    ada apa bu, bukankah itu ucapanmu tempo hari..
            (mengeluarkan kaset/rekaman). inilah buktinya,saya tidak sengaja lewat didekat anda dan mendengar ucapan anda…
Jaksa    : baiklah karna kesaksian palsu anda. dengan bukti-bukti yang ada. Saksi dijatuhi hukuman 3 tahun penjara.
Saksi    : tidak, saya tidak mau dipenjara, awas kau sumi, kau tidak akan pernah hidup tenang (sambil di tahan polisi)..
Pria Mis           : itu hukuman yang setimpal untukmu..
            dan yang membunuh samba sebenarnya adalah … anda (menunjuk Ta’yo)….. Ta’yo….
Ta’yo   : apa…!!! seenaknya saja kau menuduhku.
Tante   : itu tidak mungkin, ta’yo sangat menyayangi samba, dia tidak mungkin membunuh Samba.
Pria Mis           : baiklah, saya ingin bertanya. saudara ta’yo,dimana anda pada pukul 00.01.
Ta’yo   : malam-malam seperti itu, saya berada dirumah, beristirahat.
Pria Mis           : apakah ada yang melihat anda tidur dirumah.
Ta’yo   : tentu saja tidak, saya hanya tinggal sendirian.
Pria Mis           : kalu begitu anda tidak memiliki alibi, hal itu menunjukkan bahwa anda adalah pembunuhnya.
Ta’yo   : ( memukul meja)
            apa-apaan kau ini, hanya karna tak ada saksi kau menuduhku membunuh kekasihku.
Jaksa    : tunggu sebentar,  apakah anda memiliki bukti..?
Pria Mis           : ini. ( membawa baju ta’yo yang berlumuran darah. ) apakah ini baju anda ta’yo?
Ta’yo   : bu…bukan itu bukan baju saya..
sumi     :ya,itu bajumu,aku pernah meliht kau memkainya..
Ta’yo   : hahaha memangnya sedunia iniyang memiliki baju seperti itu hanya aku ha…??
Pria Mis           : masih mengelak kau tak’yo. Baju ini telah melalui serangkaian pemeriksaan berupa uji keringat  anda, uji darah korban. Apa belum mengaku juga?
Ibu       : apa benar kau yang membunuh…?
Ta’yo   : bukan.. bukan saya. lagian kenapa Samba bisa keluar tengah malam..
Pria Mis           : Karena ini ( menunjukkan layar hp)
            kau mengirimi sms yang berisi bahwa kau tiba-tiba sakit keras, dan tidak bisa melakukan apapun, kau bilang kau sangat ketakutan.
            kau memintanya datang kerumahmu, dan karena samba takut pada orang tuanya, dia pergi dengan diam-diam dan kau membunuhnya dan memutilasi dya…
Sumi    : SIALAN KAU TA’YO..!!!!!
            sudah membunuh sahabat yang aku sayang lalu kau menuduhku membunuhnya dan membuat aku hampir mati…
            KUBUNUH KAU…. (ditahan oleh beberapa orang)
Ibu, tante.        : apa benar itu semua!!!!! Brani sekali kau membohongiku!!!
Pria Mis           : belum sampai disini.. apakah ini adalah foto anda ta’yo?
Ta’yo   : i…i…itu……… da da dari mana kau mendapatkannya?
Pria Mis           : pintar sekali anda menyamar.. dahulu anda sewaktu dirumah sakit jiwa, anda tidak memiliki jambang sekarang jambang kamu begitu lebat….
Ibu, tante         : apa!!! Dia penghuni rumah sakit jiwa??? Keparat kau. (pingsan)
Jaksa    : sebenarnya anda siapa?
Pria Mis           : saya sebenernya adalah seorang detektif yang diutus pihak rsj. Ternyata setelah sekian aku mencarimu, ketemu juga kau.. terakhir ini aku mendengar ada mutilasi di desa ini.. aku segera kemari karena aku yakin dirimu ada disini.. bukankah dulu waktu kau masuk RSJ itu karena pembunuhan sadis?
            Setelah pembunuhan didesa ini aku segera mencarimu dan mencari tempat tinggalmu,, aku menyelidiki rumahmu dan aku menemukan baju ini..
            Kemudian aku periksa baju ini, keringat dan darah yang ada di baju ini aku visum.. dan hasilnya adalah b ahwa keringat itu adalah keringatmu dan darah itu adalah darah wanita yang kau bunuh..
Ta’yo               : bukan… bukan aku,  bukan salahku, ini semua salahnya……. dia tidak mau menyisakan 1

gratisan smsnya buatku, katanya dia sayang padaku.. tpi kenapa dia tidak mau berkorban untukku….
                        benci , AKU MEMBENCINYA....!!!
Hakim             : berdasarkan bukti yang di berikan orang misterius ini dan pengakuan sendiri dari pelaku, maka tersangka di nyatakan bersalah dan dihukum MATIII….
Ta’yo   : tidak…. aku tidak salah.. aku tidak bersalah, sambalah yang salah…
            sialan kalian semua.. akan kubunuh kalian semua.. ( berlari mengambil pistol)
Pria Mis           : ( menendang tangan ta’yo)
Si ta’yo pun dibawa polisi dan dikembalikan ke rumah sakit jiwa untuk menjalani hukumannya..

Pesan : berfikirlah dahulu matang-matang sebelum melakukan sesuatu.. karena melakukan sesuatu tanpa berfikir bisa berakibat fatal dan buat mu menyesal.. hehe.. .. Ini hanya karangan fiktif belaka!!!

oOo

Kalau contoh naskah drama terbaru di atas tidak sesuai silahkan cari naskah atau teks lain di bagian akhir tulisan ini. Di situs ini masih banyak naskah-naskah lain yang bisa kita gunakan untuk belajar. Jangan lupa juga untuk mencatat alamat situs ini sebagai referensi tambahan dalam mencari drama yang sering di butuhkan.

Back To Top