Naskah Drama Sahabat Selamanya

Naskah Drama Sahabat Selamanya - Yang akan kita berikan kali ini adalah sebuah contoh naskah drama singkat yaitu untuk naskah drama tentang sahabat. Judul dari drama ini adalah "Sahabat Selamanya". 



Seperti terlihat dari judulnya, drama ini tentu akan mengisahkan tentang sebuah persahabatan dimana tentu dalam persahabatan ada godaan yang harus kita hadapi. Ceritanya menarik, menghibur dan tentunya bisa kita gunakan untuk berlatih drama. 

Sebelum membaca Naskah Drama Sahabat Selamanya yang ada di situs contohcerita.com tersebut kita akan mulai dari mengenali berbagai tokoh atau pemain yang ada dalam cerita drama kali ini. Tokoh dan penokohan untuk drama tersebut yaitu sebagai berikut:

Jana: Cowok culun berhati lembut dan penyayang
Jono: Setia kawan, baik hati dan penakut
Terra: Cewek sombong, pemarah dan bijaksana
Cha: Cewek centil, cerewet, sombong, suka memfitnah
Stevani: Cewek centil, suka menghasut dan sombong
Jasen: Lugu, baik hati, suka membela yang tertindas
Jacky: Cowok netral tidak banyak omong
Aminah: Bijaksana, pemaaf dan lembut
Samsul: Bijaksana, suka membela kebenaran
Suchy: Suka pamer, pemarah, sulit memaafkan kesalahan orang
Jamal: Suka memberi nasehat
Jejen: Baik hati, mudah dihasut, dan pemarah
Ibu Dora: Galak dan ditakuti murid
Ibu Emon: Keras hati dan kejam
Fany: Lugu, baik hati
Muhtar: Suka memalak, pemaksa dan jahat
Ricky: Terkadang tidak tega, penakut, jahat
Satpam: Galak dan tegas


Sekarang, setelah melihat berbagai pemain pada drama ini kita bisa langsung mempelajari teks drama nya. Khusus yang satu ini, drama tentang sahabat ini lebih panjang dari yang lain jadi dapat di katakan bukan merupakan naskah drama singkat. 

Tapi yang jelas naskah ini merupakan naskah drama terbaru, jadi sangat menarik untuk kita coba di mainkan Bagaimana, penasaran dengan cerita di dalamnya?

Naskah Drama Sahabat Selamanya
Naskah Drama 18 Orang Pemain


ADEGAN 1
Memasuki hari pertama sekolah setelah libur panjang bertemu di gerbang dan saling menyapa dan berbagi cerita

Sam : woi jam , apa kabar bro!
Jam : baik sob………wah lama enggak ketemu
Sam : Bagaimana liburan nya asik enggak

( baru akan menjawab ) di tengah jejen mengejutkan dari belakang.

Jejen : woi…….! Tumben pagi-pagi dah pada berangkat. Semangat benar ……….
Sam : eh jejen, ya iya lah hari pertama begitu kita harus semangat dong.
Jam : ya sudah yuk kita masuk

Datanglah 3 cewek elit yaitu Cha, Stevani dan Terra, mereka selalu datang terlambat, tapi entah kenapa mereka selalu lolos dari jeratan satpam yang terkenal super galak…

Cha : eh pak….pak….pak jangan ditutup dulu dong
Stevani : Pak satpam yang ganteng sudah dech buruan. buka gerbangnya, kita mau masuk
Satpam : maaf neng, tapi kalian itu………..

Terra : tapi apa ?? Buka sekarang juga atau pak satpam mau dipecat sekarang juga tau kan siapa ibu aku………….
Satpam : enggak tau !

Terra : eh lo satpam baru nya ibu aku itu pemilik saham Terbesar di sekolah ini tau
Satpam : (Terkejut) maaf neng, Silahkan masuk
All : Terimakasih pak satpam…….duh bapak jadi tambah Ganteng

Ketiga anak cewek ini masuk ke kelas dengan gaya songong mereka Terra sebagai leader genk, memimpin yel….yel mereka

Terra : kami !! cewek paling spesial dan fenomenal di sekolah
Stevani : paling unyu,ter update and gaul getoh…
Cha : tak ada satu pun yang bisa menyaingi kita
All : one, two, tree, 3c3c3c hahaha……!!!

Tiba-tiba datanglah duo kembar yaitu jono dan jana menghampiri Terra, Stevani dan Cha jana sangat mengagumi Leader dari ketiga cewek itu yaitu Terra…

Jana : Hai Terra apa kabar dirimu ??
Terra : yah lo bias liat kan, aku sangat-sangat baik hari ini, Ngapain lo tanya-tanya ??
Jana : Alhamdulillah ……… ya kalau begitu aku turut bahagia mendengar kau baik-baik saja hari ini
Stevani : ya ampun,nih orang benar-benar bikin aku eneg
Cha : iya Terra aku juga, liat deh penampilannya
Jono : jangan hina saudara ku, jelek begini dia itu tidak ganteng jadi jangan dihina ya………
Jana : ah kamu, kata-katamu barusan lebih menyakitkan dibanding mereka tau ! (marah pada jono)
Terra : duuh,sudah deh kalian berdua itu sudah ganggu pagi aku yang cerah ini Stevani, Cha ayok
Jana : Tunggu ! ku mohon terimalah bunga mawar ini Terra, semoga ini bisa mencerahkan hari mu kembali (memberi bunga)

Terra : (menerima bunga) oh terima kasih ya………. (Lalu menjatuhkannya sambil pergi)
Jana : (mengambil kembali bunga itu) oh bunga ku…………
Jono : sabarlah kawan,cinta itu memang butuh Pengorbanan (menepuk pundak jana)

ADEGAN 2
Bel pun berbunyi, seluruh siswa memasuki kelas baru mereka termasuk angkatan kelas XII, mereka masuk kelas baru di XII IPS 1 mereka saling menyapa dan berbagi cerita mereka masing-masing selama liburan …

Suci : eh lo selama liburan kemana aja ?
Aminah : emm... aku dirumah aja,aku bosen benar dirumah Kalo lo kemana ?
Suci : kalo aku, jadwal aku selama liburan tuh padet benar Secara aku shooping tiap hari buat keramas aja aku pergi kesalon, nonton dibioskop, ketaman hiburan
Aminah : enak benar ya kamu ……

Cerita dari cowo

Jasen : duh jan liburan malah kesel tok giye lah …..
Jacky : la ngapa sih ?
Jasen : kerjanane ngarit bae,tapi ya kepiwe maning, ora Diempani ya sapine pada mati
Jacky : ya bener kui
Jasen : ya aku seneng benar siki wis mangkat sekolah maning, kangen karo guru-gurune

Ketika siswa-siswa sedang ngobrol tiba-tiba mereka terdiam saat ketiga cewek elite itu masuk kedalam kelas, mereka berjalan layaknya model di catwalk membuat kagum setiap pasang mata yang melihatnya

Cha : Hai semuanya, pasti kalian sudah nungguin kehadiran kita bertiga ya…..?
Stevani : iya tenang aja kita enggak bakalan ngecewain para 3c Lovers kok
Terra : (melihat ada salah satu cewek dikelas yang membawa cermin dan alat make up) Eh lo..
Suci : Ada apa……..?
Terra : (mendekati Suci) mendingan lo kubur dalem-dalem alat make up murahan itu
Suci : Memang kenapa, apa hak mu melarangku membawanya….?
Terra : Ooh... Jadi lo mau nyaingin aku percuma aja, enggak bakalan berhasil, sini-sini biar aku buang
Suci : Jangan-jangan Ter... (mempertahankan alat make upnya)
Terra : (menarik berebut dengan cewe itu) sini !

Tiba-tiba Jejen datang...

Jejen : (memegang tangan terra) cukup terra ini hari pertama kita masuk tapi kamu sudah buat masalah aja !
Terra : Sapa lo nglarang-nglarang aku, suka-suka aku kali ! Apa hak lo……?
Jejen : Sudah ya… enggak penting juga aku debat sama kamu Sudah jangan diurusin anak kayak gini

Ketika mereka sedang berdebat, tiba-tiba guru yang terkenal paling rajin dan terkiller disekolah dia itu adalah “IBU DORA”

Bu Dora : (berkacak pinggang dan mata yang melotot) Tiba-tiba suasana menjadi hening seketika …….
Bu Dora : Apa-apaan kalian ini. Kalian apa-apaan, lagi apa kalian, Kenapa ribut-ribut

Jono : STOP! ! ! Panjang amat bu pertanyaannya…
Bu Dora : Berani-beraninya kamu menghentikan kata-kata ibu
Jono : Ampun.... Ampun bosss….. jangan diambil hati dong Bu, Peace……!!
Jana : (sok bijak) ya ssudah teman-teman mari kita belajar monggo Bu Dora……
Bu dora : Baiklah para anak-anak ku…
Jono : Maaf bu saya stop lagi, kata guru bahasa Indonesia kata para anak-anak itu tidak efektif yang benar Anak-anak ku……..
Bu Dora : (malu) maaf ya ibu bukan guru bahasa Indonesia ya Anak-anak mulai pelajarannya Sebagai free test Ibu akan mengajukan pertanyaan untuk kalian soal Pertama, siapa penemu bunga Raflesia Arnoldi ?

Jasen : Lah gari kembang sueg bu, angel tenan nang buri umah ku akeh tenan…
Jacky : Yang jelas penemunya bukan saya bu,tapi saya Yakin jawabannya ada dibuku………
All : Huuuuu…………………
Bu Dora : Kalian ini jangan bercanda, ayo siapa yang tau Angkat tangan………
Jono : (angkat tangan) mungkin penemunya Jana kali bu.. soalnya diakan yang paling bau bangke……
Jana : Enak aja, aku kan penemu bunga dihati Terra ya Enggak Ter...
All : Bel istirahat pun berbunyi semua murid keluar dari kelas untuk memenuhi tuntutan perut, mereka pun pergi ke kantin termasuk Terra, Stevani dan Cha yang ssudah standby dibangku khusus mereka
Stevani : Up Date Status Yukk...!!!
Terra n’ Cha : yuk…!!

Jana dan jono sejak tadi memperhatikan gerak-gerik ke-3 cewe itu, mereka juga enggak mau ketinggalan untuk ikutan up date…

Terra : Gaya rambut ala Elvis Presley lagi happening benar loch...(sambil mengetik di hp)
Jana lewat dengan memperlihatkan gaya rambut yang disebutkan
Terra : ich !! Cha tipe cowo idaman lo kayak gimana ?
Cha : Yang penting dia tuh punya kepribadian …
Stevani : Maksud lo….?
Cha : Ya dia punya mobil pribadi, kapal pesiar pribadi, Pesawat pribadi, ya pokoknya pribadi kalo lo Ter ?, tipe cowok idaman lo gimana …..?
Terra : aku suka sama cowok yang pintar main gitar kayak Bang Haji Rhoma Irama gitu….

Jana lewat dengan gaya Bang Haji Rhoma seperti apa yang dikatakan Terra

Terra : iih... lo dari tadi apa-apaan sih …..?
Jana : Aku kan ingin jadi orang yang kamu suka makanya Aku ikutin kata-kata mu
All : Ooh to tweet !!!

(Bell pulang sekolah)
Semua siswa berhamburan dari kelas masing-masing dan ketiga cewek (3c) dihadang oleh 2 cowok reseh disekolah yaitu Muhtar dan Tukijan bagi yang tidak beruntung, mereka akan dipalak bernasip sial oleh 2 cowok ini

Muhtar : (menghadang) neng pajak dulu neng
Cha : Kalian ini kurang kerjaan ya, enggak dikasih uang jajan Apa ?
Muhtar : Enggak usah banyak cingcong, Ayo bayar !!
Stevani : Alah kalian itu alasan aja malak, padahal kalian itu Ngefens kan sama kita ? mau foto bareng atau Minta tanda tangan ? sini-sini gratis kok……..
Ricky : Beneran gratis neng ? wah boleh tuh
Muhtar : Jan, Ricky inget kita tu preman enggak ada kata cewek dalam kamus kita “NO WOMAN,MONEY YES…!!”

Ricky dan Muhtar memaksa 3 cewek itu untuk membayar ke 3 cewek itu berteriak-teriak meminta tolong

Terra : Tolong-tolong, eh tolong sie !!
Muhtar : Halah mau minta tolong sama siapa neng kaenggak ada orang dimari
Terra : Lepasin, lo enggak tau sapa orang tua aku mau aku bilangin ke mereka !!
Muhtar : haha……bodo amat mau lo anak ibu lo bapak lo kaenggak ada hubungannye ama kite
Ricky : (aenggak tidak tega) sudah neng mendingan bayar aja neng dari pada dibogem ama bos aku

Tiba-tiba datang lah 2 cowok jana dan jono bak superhero

Jana : eh bang, jangan berani nya ama cewek dong ….!!
Jono : iya bang kalo laper kerja jangan malakin orang
Muhtar : eh kutu kupret, kadal bintit, monyet bau, kecoa Bunting mau ikutan lo pada sini……!!
Jana : maaf bang kita cinta damai, kaenggak suka ama yang begituan
Muhtar : (member sinyal pada tukijan) ok, lumayan juga Kalian buat pemanasan
Jono : eit,,,,eit,,,,eit maaf bang aku kaenggak ikut-ikutan sebenernya yang punya kepentingan itu sahabat aku, aku nonton aja ……..

Ricky : ya sudah minggir sana, nanti kena pukul lo
Jana : eh jon, enggak setia kawan lo

Ricky dan Muhtar menyeret tubuh jana yang kecil lalu memukulinya hingga babak belur

Jana : Ampun bang sudahan sakit
Terra : Sudah-sudah berhenti (sambil menarik tangan jana)
Stevani : Nih uangnya gitu aja kok diributin
Muhtar : Yah………haha, preman masak dikasih sepuluh ribu kaenggak maen, kita mah duitnya yang merah-merah

Cha : Yasudah nih aku tambahin
Ricky : Nah begini baru duit

Setelah perkelahian itu mereka semua pulang kerumah masing-masing. Keesokan harinya Jam dan Sam bertemu digerbang sekolah seperti biasa satpam ssudah berada didepan gerbang dan memeriksa isi tas Jam dan Sam

Satpam : Eeeh,,,,eeeh,,, mau pada kemana (sambil menarik tas sam dan jam)
Sam : Mau masuklah pak
Jam : Ia ne pak, sudah mau bel ini
Satpam : Nanti dulu……..bawa sini tas kalian !

Sam dan Jam pun memberikan tas mereka kepada satpam itu untuk diperiksa mereka pun masuk ke kelas
Sam : Tuh kan pak kita itu anak baik, enggak mungkin bawa yang macem-macem

Karena terburu-buru masuk kelas samsul pun menabrak Terra, buku-buku yang dibawa Terra berjatuhan Samsul membantu merapikan buku-buku Terra dan saling berpandangan

Terra : Aduh jatuh semua (memandang kearah Samsul)
Samsul : (merapikan buku Terra) sorry Ter aku enggak sengaja Tiba-tiba datanglah Jejen dia terkejut melihat Terra dan Samsul (wajah cemburu...)

Samsul : Eeh Jejen... sudah berangkat
Jejen : (masuk kelas dan marah)
Samsul : Jam, kenapa sih itu anak judes benar ma aku …..?
Jamal : Jeles mungkin ama lo, kan lo tadi pegang tangan Terra
Samsul : Eemm… ach enggak mungkin
Jamal : Tapi... bisa aja lo Sam karna cinta itu bisa datang Pada siapa pun dan kapan pun sebab menurut orang bijak Cinta itu, datang karna terbiasa
Samsul : Aah... sok tau lo
Jamal : Lho beneran ini kan menurut orang bijak yasudah Ayo kita masuk kelas

Tidak lama kemudian Ibu Emon datang masuk kekelas

Cha : Cie-cie yang tadi pegang-pegangan tangan sama si Sam, alias Samsul
Terra : iih... apaan sih
Stevani : halah, lo tu tadi keliatannya berbunga-bunga benar
Terra : Sudah-sudah buruan masuk kelas hari ini kan ada Ulangan

Mereka yang terlambat, terburu-buru masuk kelas tapi semua murid termasuk Bu Emon yang superkiller sudah berada di kelas

Cha : tok,,,,tok,,,tok (mengetuk pintu)
Bu Emon : Ada apa !!
Stevani : Maaf Bu kami terlambat
Bu Emon : Mau apa kalian ?
Bertiga : Kami mau masuk kelas Bu (dengan wajah sok polos)
Bu Emon : Jam berapa sekarang ?
Cha : Jam setengah 8 Bu
Bu Emon : Sekolah masuk jam berapa ?
Terra : Jam 7:15 Bu…
Bu Emon : Jadi ngapain kalian berdiri disitu sekarang
Stevani : Kami minta ijin ikut ulangan juga bu
Bu Emon : Tidak ada ulangan jam setengah 8, minggu lalu saya Katakan ulangan dimulai jam 7:15
Bertiga : Tapi, Bu………

Bu Emon : Tidak ada tawar-menawar ini bukan pasar kalian dengar semuanya sekali lagi saya katakan INI BUKAN PASAR (melihat murid lain yang mencontek)
Cha : Bu,,,
Bu Emon : Tidak ada ba,bu,ba,bu silahkan kalian tunggu diluar sampai jam pelajaran saya selesai…
Bel berbunyi tanda istirahat
Bu Emon : Waktu habis, kumpulkan kertas dan jawaban

Perintah bu emon memecah keheningan siswa-siswa mulai heboh mencari bantuan karena kertas jawaban mereka masih banyak yang kosong
Bu Emon : Tidak dengar ya, apa yang tadi saya katakan…!!! WAKTU HABIS !

--Bersambung--

Demikian tadi sebuah naskah drama terbaru yang bisa kita pelajari. Semoga dengan adanya tambahan koleksi Naskah Drama Sahabat Selamanya ini kita bisa lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam belajar. Hari ini adalah perjuangan, esok adalah kebahagiaan yang akan selalu kita wujudkan. Jangan lupa lihat juga beberapa teks drama lain di bagian akhir tulisan ini. Trims.

Back To Top